Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek Batang

bunga kertasSalah satu cara menanam bunga kertas adalah dengan stek batang. Stek batang digunakan untuk memperbanyakan tanaman agar memiliki sifat sama dengan indukannya. Stek tanaman ini relatif mudah dilakukan caranya dengan memotong bagian bagian batang bunga kertas kemudian ditanam di dalam tanah.

Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan dalam menanam bunga kertas dengan stek batang. Yaitu pertama adalah disiapkan batang yang akan digunakan untuk stek, kemudian disiapkan media tanam dan kemudian disiapkan lokasi bibitnya.

Siapkan Batang

Siapkan batang bunga kertas untuk distek batangnya. Batang bunga kertas yang akan distek adalah batang dengan kesan tua berikal, banyak bercak bercak. Potonglah batang atau ranting bunga kertas dengan panjang sekitar 10 cm, batang bunga kertas ini dipilih yang memiliki diameter 1 cm. Kemudian daun daun yang ada di batang tersebut sebaiknya dibuang dan disisakan beberapa helai saja.

Siapkan Media Tanam

Siapkan media tanam berupa campuran pupuk kandang yang sudah membusuk dan menjadi tanah dengan tanah gembur di dalam pot dengan diameter 30 cm. Tancapkan batang bunga kertas sedalam 10 cm dan beri ajiran dengan bilahan bambu agar tidak bergeser. UntukĀ  membuat akar tanaman tumbuh lebih cepat anda bisa memberikan pupuk Rootoone yang bisa merangsang pertumbuhan akar.

Lokasi Bibit

Tempatkan bunga kertas di tempat yang teduh dan kering. Jangan terlalu panas maupun terlalu lembap. Batang bunga kertas sudah mulai bertunas selama kurang lebih 20 hari. Selama menunggu batang bunga kertas bertunas anda sebaiknya melakukan penyiraman setiap 2 hari sekali.

Itulah cara menanam bunga kertas dengan stek batang, selain stek bunga kertas dapat diperbanyak dengan cara cangkok. Untuk melakukan pencangkokan ini juga tidak terlalu sulit. Pertama, kupaslah tangkai tanaman bunga bougenvil melingkar sepanjang 10 cm dan kikis bagian kambiumnya sampai lendir hilang. Kemudian bungkus dengan plastik dan biarkan selama 3 minggu hingga tumbuh akar. Setelah tumbuh akar anda bisa memindahkannya ke pot yang berisi media tanam.

Penampilan bunga kertas dapat dengan mudah dikreasikan dengan teknik okulasi (menempelkan beberapa tunas pada satu tanaman induk). Dengan demikian, dapat dijumpai berbagai warna bunga kertas dalam satu tanaman.

Related Posts

Add Comment