Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang

Bunga mawar merahSalah satu teknik dalam menanam bunga mawar adalah dengan menggunakan batang. Cara menanam bunga mawar dari batang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu stek dan cangkok. Saya sendiri lebih menyukai stek karena lebih mudah dan tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi. Walau begitu pada artikel ini saya tetap akan membahas keduanya.

Stek

Bahan stek yang baik adalah batang atau cabang dari tanaman mawar yang telah produktif berbunga, berkayu cukup keras, berdiameter sebesar pensil atau potlot dan tumbuhnya baik (sehat). Bila menggunakan stek batang yang masih muda, sebaiknya dipilih batang yang baru saja berbunga.

Waktu yang paling baik melakukan penyetekan pada kondisi iklim tropis seperti Indonesia adaah pada periode awal musim kemarau, yakni sekitar bulan mei – juni. Pada masa ini biasanya pertumbuhan tanaman mawar sedang bagus bagusnya.

Cara menanam bunga mawar dengan stek batang ini adalah sebagai berikut :

  1. Pilih batang atau cabang yang memenuhi persyaratan. Saat penyetekan yang paling tepat adalah pada waktu helaian mahkota bunga layu dan hampir berguguran.
  2. Potong batang atau cabang terpilih sepanjang 15 – 25 cm untuk tiap stek. Pemotongan bagian atas maupun bawah harus sejajar atau lurus dengan arah tuas pada jarak 0,5 cm dari mata tunas yang ada di sebelahnya. Letak titik potong pada bagian atas diatus + 10 cm di bawah kedudukan bunga atau diatas tangkai daun yang berdaun 5 helai paling atas.
  3. Buang (potong) tangkai daun sebelah bawah pada stek tersebut dan sisakan dua tangkai daun bagian atasnya.
  4. Rendam stek stek batang atau cabang mawar tadi dalam air bersih selama 10 – 20 menit. Usahakan letak atau posisi stek dalam wadah perendaman diatur miring.
  5. Rendam lagi stek stek tadi dalam wadah berisi larutan zat pengatur tumbuh (ZPT), misalnya Ethrel 40 PGR atau Dekamon 1-2 cc/liter atau 1000 – 2000 ppm selama 15 – 30 menit.
  6. Siapkan tempat persemaian stek (bedengan,bak atau wadah lainnya) yang telah diisi media semai berupa campuran pasir dan kompos (pupuk organik) pada perbandingan 1 : 1.
  7. Tanamkan stek stek batang atau cabang mawar dalam wahana persemaian. Bila tempat persemaian menggunakan pot yang memiliki diameter 15 cm, maka dapat memuat 6 buah stek/pot.
  8. Siram media semaian stek hingga cukup basah (lembap).
  9. Kerudungi tempat persemaian dengan lembar plastik (transparan). Usahakan tempat persemaian ini keadaanya tetap terang namun teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  10. Buka kerudung plastik ketika stek berumur 6 – 8 minggu, atau saat perakarannya sudah cukup kuat dan mulai tumbuh tunas baru.
  11. Pindahkan tiap stek ke dalam polybag ataupun pot berdiameter + 7,5 cm yang berisi media campuran pasir, kompos (pupuk organik) dan tanah subur (1 : 1 : 1). Tiap pot tunggal masih harus dikerudungi dengan lembar plastik bening selama + 3 minggu
  12. Pindah tanamkan bibit mawar yang telah bertunas dan tumbuhnya kuat ke kebun atau pot besar yang tetap (permanen)

Itulah cara menanam bunga mawar dari batang menggunakan tehnik stek, Berikutnya kita akan mempelajari dengan cara mencangkok.

Bunga mawar pink indahMencangkok

Walau keduanya sama sama cara menanam bunga mawar dari batang. Mencangkok ini carang digunakan orang, banyak orang berpendapat bahwa cara ini lebih sulit untuk dilakukan walau sebenarnya menurut saya kedua cara ini sama saja. Waktu yang paling tepat untuk mencangkok bunga mawar adalah pada awal musim hujan. Tatacara mengcangkok mawar sebagai berikut :

  1. Pilih batang atau cabang mawar yang tumbuhnya sehat, telah berbunga produktif dan berasal dari pohon induk yang unggul atau sesuai dengan keinginan.
  2. Sayat kulit batang atau cabang mawar terpilih sepanjang 2 – 3 cm dan kelupas kulitnya hingga tampak bagian kayunya. Lendir kambium dibuang (dikerok) sampai bersih dan bekas luka sayatan dibiarkan selama beberapa waktu hingga kering.
  3. Siapkan media semai cangkok berupa campuran tanah dengan pupuk kandang (1 : 1), kemudian media tersebut disiram (diari) hingga cukup basah.
  4. Pasang lembar plastik beiing atau sabut kelapa pada bidang (bagian) bawah cabang atau batang yang telah disayat, kemudian ikat erat erat dengan tali rapia. Isikan media semai cangkok ke daam celah lembar plastik atau sabut kelapa tadi sambil dipadatkan pelan pelan. Ikat pembalut cangkokan dari lembar plastik atau sabut kelapa tadi di bagian atasnya erat erat sambil merapikan hasil cangkok.
  5. Biarkan cangkokan selama 1,5 – 2 bulan hingga keluar akar barunya.
  6. Potong cangkokan tersebut di bagian bawahnya secara hati hati hingga akhirnya diperoleh tanaman (bibit) baru hasil pemisahan dari pohon induknya.
  7. Tanamkan bibit cangkok di kebun atau pot permanen, namun dapat pula dideder dulu pada polybag ataupun pot di tempat yang teduh selama beberapa waktu agar bibit cepat tembuh dan beradaptasi dengan lingkungan setempat.

Itulah 2 Cara menanam bunga mawar dari batang, cara mana yang akan anda pilih ? Semoga informasi ini bermanfaat ya bagi anda. Salam

Related Posts

Add Comment