Cara Menanam dan Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

Aglaonema Silver BayCara Menanam dan Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

 

Aglaonema adalah tanaman hias daun yang juga sering disebut sebagai “ratu tanaman” bentuknya angggun dan cantik. Nilai bisnis tanaman hias ini sangat tinggi. Harga tanaman hias aglaonema bisa sangat mahal bila sudah jadi.

Sifat dari tanaman hias aglaonema sangat beragam, ada yan dapat terkena sinar matahari dan ada juga yang harus ternaungi, sebagian aglaonema dapat hidup di tempat yang lembab dan sebagian lagi di tempat yang lebih kering. Tanaman aglaonema tergolong bandel, mudah ditawat dan cocok dijadikan tanaman indoor, apalagi tanaman hias aglaonema terkenal dengan motif daunnya yang indah.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman hias aglaonema yang optimal adalah lokasi,cahaya, kelembapan dan suhu. Lokasi yang ideal untuk merawat aglaonema adalah yang berketinggian 300-400 m di atas permukaan laut.

Sesuai habitatnya, aglaonema menyukai lokasi yang teduh dengan pencahayaan terbatas, intensitas sinar matahari berkisar antara 10-30%. Kelembaban yang cocok untuk merawat aglaonema adalah 50-70% di kisaran itu tanaman tumbuh baik. Lokasi sebaiknya bersuhu 28-30 C pada siang hari dan 20-22 C pada malam hari dan dibantu juga dengan sirkulasi udara yang baik

Aglaonema Sparkling Sarah

Media Tanam Untuk Menanam Aglaonema Agar Tumbuh Subur

Menanam tanaman hias aglaonema agar tumbuh subur dan sehat diantaranya adalah dengan menggunakan media dan komposisi yang pas. Media dengan tingkat keasamaan/pH dan porositas yang ideal sangat baik untuk pertumbuhan Aglaonema.

Media tanaman Aglaonema juga harus steril yaitu bebas dari penyakit, tidak mudah lapuk dan hancur karena air, mudah diperoleh dan harganya terjangkau. Aglaonema dapat tumbuh dengan baik pada media dengan pH 7 atau disebut sebagai pH netral yang kaya akan unsur hara, angka pH dengan selisih 0,5-1 masih baik untuk pertumbuhan Aglaonema.

Porositas atau porous adalah suatu keadaan atau kondisi yang mudah untuk mengeluarkan kelebihan air. TIngkat porositas yang dibutuhkan pada media tanam sangat dipengaruhi faktor lingkungan, yaitu tingkat kelembapan.

Pada dataran rendah yang panas dan bercurah hujan rendah, media tanam sebaiknya harus bisa menahan air sehingga media tidak kekeringan. Sebaliknya, di dataran rindih yang umumnya sering hujan media tanam agar kelebihan air mudah dikeluarkan.

Berikut macam jenis unsur yang digunakan untuk media tanam Aglaonema

a. Pakis, sekam bakar, pasir malang, dan humus dengan perbandingan 1:1:1
b. Pakis, pasir malang, sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 2:1:1:1
c. Pakis, sekam bakar, pasir malang, dan cocopeat dengan perbandingan 2:1:1:1
d. Cocopeat, sekam bakar, dan kompos organik dengan perbandingan 5:3:2
e. Pakis, pasir malang dan kaliandra dengan berbandingan 3:2:1

Media tanam a, b dan c sangat cocok digunakan untuk menanam Aglaonema agar tumbuh subur di dataran tinggi yang curah hujan tinggi, sedangkan media tanam d dan e cocok digunakan menanam Aglaonema di dataran rendah.

Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

  1. Penyiraman
    Aglaonema termasuk tanaman yang butuh air dalam jumlah cukup. Jadi penyiraman hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat Aglaonema. Air jangan sampai mengenangi medianya.
  2. Pemupukan
    Untuk menunjang pertumbuhan Aglaonema kebutuhan unsur hara sangat penting. Banyak pupuk yang dapat anda gunakan. Dalam merawat Aglaonema membutuhkan jumlah pupuk dalam kadar sedikit tetapi sering diberikan.
  3. Mengganti Media Tanam
    Dalam merawat Aglaonema perlu dilakukan penggantian media tanam setiap 6-12 bulan sekali. Penggantian media tanam dibutuhkan oleh tanaman Aglaonema yang sudah terlalu besar sehingga sudah tidak sebanding dengan ukuran pot

Itulah sedikit cara merawat dan menanam Aglaonema semoga artikel ini dapat berguna bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *