Cara Menanam Kubis Organik

Cara Menanam Kubis Organik – Sebelum belajar cara menanam kubis organik kita perlu tahu terlebih dahulu bagaimana syarat tumbuh tanaman kubis organik ini.

Tanaman kubis organik bisa ditanam sepanjang tahun karena tidak mengenal musim tanam dan musim panen. Kubis organik di negara beriklim tropis seperti indonesia hanya dapat tumbuh serta berproduksi dengan baik pada ketinggian 800 m diatas permukaan laut ke atas.

Sementara itu, kubis organik juga membutuhkan curah hujan yang cukup serta temperatur hawa 20-15 C. Media tanam yang digunakan untuk menanam kubis organik adalah tanah yang gembur, bertesktur mudah atau sarang dengan pH 6-6,5.

Media Untuk Menanam Kubis Organik

Media untuk menanam kubis organik harus disiapkan beberapa hari sebelum menanam kubis organik. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat media tanam adalah tanah, pupuk kandang dan kompos. Perbandingan dari komposisi bahan adalah 1:1:1.

Apabila semua bahan sudah siap, haluskan dengan cara diayak. Setelah itu, aduk merata. Ketika media sudah jadi, segera dimasukkan ke dalam wadah yang akan kita gunakan untuk menanam kubis organik. Untuk meningkatkan kualitas campuran media tanam, diamkan selama 5 hari. Setelah itu media tanam organik dapat digunakan untuk menanam kubis organik.

Penyemaian Kubis Organik

Selain mempersiapkan media untuk menanam kubis organik, perlu dipersiapkan pula media untuk persemaian kubis organik. Media persemaian terdiri dari campuran tanah serta pupuk kandang yang keduanya sudah dihaluskan. Komposisi kedua bahan sesuai dengan perbandingan 1:1.

Benih yang akan disemaikan direndam dalam air hangat selama 30-60 menit lantas diangin anginkan. Kemudian, sebarkan benih dengan merata serta teratur ;antas ditutup daun pisang sepanjang 3-4 hari.

Penyiraman benih harus dilakukan setiap hari. Gunakan alat penyemprot yang kecil dan halus agar benih dan media tidak kacau balau. Persemaian harus dibuka tiap pagi sampai pukul 10.00 serta sore mulai pukul 15.00.

Lakukan pengamatan bibit kubis organik dengan teratur. Apabila ada yang terserang penyakit harus dipetik serta dibuang daun yang terserang penyakit.

Cara Menanam Kubis Organik

Bibit yang ditanam adalah bibit kubis organik yang sudah berumur 3-4 minggu. Itu artinya, bibit sudah mempunyai 4 sampai 5 daun. Dalam melakukan penanaman perlu diperhatikan beberapa cara yang baik.

Apabila bibit kubis organik disemai pada bumbung daun pisang, segera ditanam bersama dengan bumbungnya. Apabila disemai di polybag, keluarkan bibit dari poly bag lalu ditanam di wadah media tanam organik yang sudah disiapkan. Berikut cara menanam kubis organik di media tanam organik :

  1. Siapkan media tanam di dalam pot, polybag atau wadah lainnya beberapa hari sebelum menanam. Setelah jadi, media tanam didiamkan selama 5 hari
  2. Setelah media tanam siap, dilakukan penanaman. Untuk benih yang disemai pada nampan atau baik diambil dengan sendok sehingga tanah di baki terbawa bersama dengan akar. Untuk benih dalam polybag penyemaian dilakukan dengan merobek polybag lalu masukkan sekaligus dengan media penyemaiannya. Pilihlah bibit yang tumbuh sehat dan subur.
  3. Buatlah lubang pada media tanam organik lalu masukkan bibit tanaman sedalam akar leher sehingga tanaman dapat berdiri kokoh dan tidak runtuh
  4. Tanaman kubis organik tetap diletakkan di tempat yang sama ketika penyemaian selama seminggu tujuannya memberikan kesempatan tanaman kubis untuk beradaptasi dengan media tanam yang baru
  5. Tutup tanah atau media tanam organik dengan daun kering atau plastik, kemudian tempatkan wadah beserta tanaman di tempat yang terbuka
  6. Sesudah bibit kubis organik ditanam, siram bibit dengan air sampai basah

Related Posts

Add Comment