Cara Menanam Lobak Secara Organik di Dalam Pot

Lobak merupakan tanaman umbi umbian, biasanya di budidayakan di dataran tinggi di area pekebunan yang luas. Berdasarkan proses penanamannya, lobak di bagi 2 yaitu lobak organik dan  non organik. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Menanam Lobak Secara Organik di Dalam Pot, karena lobak organik sendiri lebih sehat dikonsumsi dan harga jualnya lebih mahal.

Keunggulan menanam lobak secara organik di dalam pot diantaranya tidak memerlukan lahan yang luas karena dapat dilakukan di pekarangan anda, mudah dipindahkan, hasil panen sehat untuk dikonsumsi. Ada 4 tahap yang perlu anda perhatikan dalam menananm lobak secara organik di dalam pot yaitu :

1. Media Tanam Lobak Organik
Salah satu media tanam yang diperlukan untuk menanam lobak organik di dalam pot adalah pot itu sendiri. Pot yang baik adalah yang memiliki lubang ke bagian bawah cukup besar agar air dapat mengalir keluar saat kadar air berlebihan. Anda dapat menggunakan berbagai macam pot seperti pot bambu, pot dari ban bekas, pot tanah liat, pot kaleng bekas ataupun pot plastik. Gunakanlah pot yang berukuran sedang.

Setelah pot siap, siapkanlah tanah gembur berpasir dengan pH sekitar 5-6 dan pupuk organik, anda dapat menggunakan pupuk kandang atau pun pupuk kompos. campurkan tanah dengan pupuk organik dengan takaran 1 : 1.

2. Pemilihan dan Penanaman Benih Lobak
Benih lobak dapat diperoleh di toko pertanian. Yang dijual disana biasanya benih hasil seleksi sehingga kualitasnya terjamin. Anda dapat juga membeli benih secara online.

Setelah benih diperoleh, rendam benih dengan air hangat bersuhu sekitar 45 derajat celcius selama 5 menit. Setelah itu di angin angin kan hingga kering. Setelah itu tanamlah benih di dalam pot. Benih yang baik adalah benih yang tenggelam saat direndam.

3. Pemeliharaan Lobak Organik
Benih lobak yang anda tanam perlu dirawat secara optimal agar benih lobak dapat tumbuh dengan cepat. Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan untuk pemeliharaan lobak organik.
a. Pemupukan susulan
Pemupukan dilakukan 12 hari setelah anda menanam bibit lobak kemudian lakukan lagi pemupukan setelah 2 minggu.
b. Penyiraman
Lakukan penyiraman lobak 2 x sehari saat musim kemarau dan secukupnya saat musim hujan.
c. Penyiangan
Bersihkan pot anda dari tanaman liar supaya lobak organik anda dapat tumbuh subur.

4. Panen
Tanaman lobak dapat dipanen setelah 70 hari, pamanenan dilakukan pada pagi atau sore hari dengan mencabut lobak yang tumbuh di tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *