Cara Menanam Mentimun Agar Buahnya Banyak

14 views

menanam mentimunKemampuan mentimun untuk menghasilkan buah sangat bergantung pada interaksi antara pertumbuhan tanaman dan kondisi lingkungan. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya produksi mentimun adalah cara menanam mentimun yang belum tepat. Upaya untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan perbaikan cara mentimun tersebut.

Salah satunya adalah dengan mengenalkan bibit mentimun hibdrida secara lebih luas agar kebutuhan mentimun yang berkualitas dapat terpenuhi. Dengan produktivitasnya yang jauh di atas mentimun lokal, pendapatan dan kesejahteraan petani dapat meningkat.

Pemilihan Bibit

Dalam cara menanam mentimun agar banyak berbuah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan bibit. Ciri ciri bibit mentimun yang siap ditanam adalah :

  1. BibitĀ  yang digunakan telah berdaun empat lembar atau lebih.
  2. Bibit tidak terserang hama dan penyakit.
  3. Seragam, artinya ukurannya sama.
  4. Bibit berasal dari induk tanaman mentimun yang berkualitas unggul, pertumbuhannya cepat, jumlah hasil produksi tinggi dan sesuai dengan lingkungan tempat penanaman. Selanjutnya, bibit tanaman mentimun diseleksi dan dikelompokkan berdasarkan ukuran besar kecil dan kesehatan tanaman.

Menanam Mentimun

Bibit dipindahkan ke areal penanaman yang telah disiapkan apabila telah berdaun 4 lembar. Bibit yang telah berumur 3 minggu dari persemaian dapat segera ditanam. Cara menanam bibit mentimun dilakukan dengan cara membahasahi media bibit kemudian menyobek kantong polibag degan pisau dan dilepas, lalu menanam bibit sebatas leher akar tanaman.

Bibit yang akan ditanam direndam dahulu dalam larutan perangsan tumbuh dan diberi pupuk NPK butiran sebanyak 3 – 6 butir per bumbung. Bibit ditanam dalam lubang ukuran 20 x 20 x 20 cm yang telah diberi pupuk kandang sebanyak 1 kg/lubang. SEtiap dua baris tanaman dibuat drainase.

Jika penanaman dengan cara ditugal. Dalamnya lubang tanam tugalan 5 – 7 cm dan jarak antara lubang 100 x 40 cm. Setiap lubang tuggalan diisi dengan 2-3 biji lalu ditutup dengan tanah, tetapi jangan dipadatkan atau dapat ditutup dengan abu sekam. Penanaman dilaksanakan pada akhir musim hujan. Setelah itu, sediakan turus untuk merambat mentimun.

Secara singkat, cara menanam mentimun adalah :

  1. Pilih bibit yang akan ditanam.
  2. Kantong plastik diambil dengan hati hati supaya akar tidak rusak.
  3. Buat lubang tanam sedalam kurang lebih 20 cm.
  4. Lepas bumbung atau plastik pembungkus dari bibit.
  5. Tempatkan bibit pada lubang tanam, denga jarak tanam yang telah dibuat.
  6. Tutup celah celah lubang dengan tanah yang telah disiapkan.
  7. Siram bibit yang telah ditanamkan.
  8. Padatkan tanah disekeliling tanaman agar tidak rebah.
  9. Tutup lubang tanaman yang tersisa dengan tanah dan siram agar media bibit menyatu dengan tanah disekelilingnya.

Pada 0 – 15 hari setelah tanam (HST), bedengan diairi dahulu. Pengairan dilakukan tiap hari sampai mentimun tumbuh normal. Tetapi anda harus berhati hati, jangan sampai berlebihan airnya karena tanaman mentimun bisa tumbuh memanjang sehingga tidak mampu menyerap unsur unsur hara dan mudah terserang penyakit.

Adapun untuk penanaman bibit dalam media pot yang terbuat dari pelepah pisang, bibit dapat langsung ditanam tanpa dilepas pot pelepah pisangnya. Cara menanam mentimun ini lebih cocok pada musim kemarau karena tanaman mentimun muda tidak mengalami stress. Sebelum penanaman dilakukan, sebaiknya lahan disiapkan dahulu. Lahan yang telah dipilih segera diolah. Guna mencegah netamoda yang merugikan, berikan nemagon sebagai fumigan tanah 2 atau 3 minggu sebelum tanam.

Cara Pemeliharaan Mentimun

Ada dua cara pemeliharaan tanaman mentimun, yaitu pemeliharaan di lahan terbuka dan pemeliharaan di bawah naungan. Pemeliharaan mentimun di lahan terbuka menghadapi banyak masalah. Pada musim hujan, penanaman mentimun tersebut, sebagian atau seluruhnya rusak. Kondisi cuaca selama musim hujan sering tidak cocok untuk penanaman mentimun yang disebabkan oleh adanya peningkatan kelembapan. Kondisi itu menyebabkan perkembangan penyakit tanaman yang berkembang pesat.

Pemeliharaan tanaman di bawah nangan adalah teknik penanaman mentimun untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan penanaman sayuran tersebut di lahan terbuka. Teknik ini merupakan usaha perlindungan fisik pada tanaman dengan tujuan untuk mengendalikan faktor cuaca yang menganggu perkembangan tanaman.

Beberapa keuntungan penggunaan naungan untuk pemeliharaan mentimun adalah hasil tanaman akan lebih tinggi, kualitas produk lebih baik dan masa panen lebih panjang. Keuntungan lainnya adalah efisiensi penggunaan pupuk dan pestisida.

Dengan penggunaan teknik perlindungan tanaman, secara biologi, produksi tanaman lebih terencana sehingga pendistribusian dan pemenuhan permintaan pasar dapat direncanakan. Pada teknik ini, hara disediakan dalam bentuk larutan hara yang mengandung semua unsur hara esensial yang dibutuhkan oleh tanaman mentimun agar tercapai pertumbuhan normal. Nutrisi yang diperlukan tanaman dapat dipenuhi dengan meramu sendiri berbagai garam kimia, tetapi cara ini memerlukan ketrampilan dan pengetahuan khusus dan lebih banyak diterapkan di perusahaan perusahaan besar, sedangkan untuk tingkat petani penggunaan teknik ini masih jarang dilakukan.

Pencarian komposisi hara yang paling baik untuk tanaman mentimun masih terus dilakukan, mengingat tanaman membutuhkan hara dengan komposisi berbeda untuk tanah dan varietas mentimun yang berbeda. Salah satu kesulitan dalam penyiapan larutan hara ini adalah belum diketahuinya dosis unsur hara yang optimal bagi pertumbuhan tanaman mentimun. Apabila dosis yang diberikan terlalu rendah, pengaruh larutan hara tidak nyata sedangkan apabila dosisnya terlalu tinggi, selain boros juga mengakibatkan tanaman mengalami plasmolisis yaitu keluarnya cairan sel karena tertarik oleh larutan hara yang lebih pekat.

Penelitian yang membandingkan formulasi larutan hara dari bahan kimia murni dengan larutan hara siap pakai belum banyak dlakukan. Meskipun penggunaan varietas unggul sering dilaporkan akan meningkatkan produktivitas tanaman mentimun, pengujian kualitas buah mentimun belum banyak diteliti. Kenyataan bahwa kualitas buah mentimun masih rendah mutunya sangat menarik untuk dikaji lebih jauh mengenai bagaimana meningkatkan kualitas buah mentimun dengan pemberian nutrisi yang tepat disamping menggunakan varietas unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *