Cara menanam Paprika di Polybag

Cara menanam Paprika di PolybagCara menanam Paprika di Polybag

Penanaman paprika dilakukan dengna memindahkan bibit yang telah berumur 21-30 hari ke tempat tumbuh yang lebih besar sesuai dengan umur tanman. Anda dapat menggunakan polybag ukuran 35 x 40 cm. Polybag ini diisi media tanam yaitu arang sekam, serbuk gergaji, cocopeat. Selanjutnya dilakukan langkah langkah menanam paprika berikut ini

  1. Plastik mulsa dipasang pada permukaan bedengan tempat polybag diletakkan. Hal ini dimaksudkan agar akar paprika tidak tembus ke bawah dan sekaligus tidak terkontaminasi tanah di bawahnya.
  2. Polybag disusun di atas bedengan dalam rumah plastik dengan jarak tanam 50 cm x t50 cm.
  3. Lubang tanam dibuat dengan diameter sesuai dengan polybag tempat tumbuh bibit (15 cm). Lalu ke dalam lubang tanam di masukkan pestisida sebagai perlindungan terhadap kemungkinan serangan cacing, jamur dsb
  4. Setelah itu polybag disiram/dibahasi dengan larutan nutrisi/pupuk sampai benar benar basah (airnya menetes ke luar)
  5. Tahan selanjutnya bibit siap ditanam ke dalam poly bagi. Bibit dikeluarkan dari polybag tempat pembibitan. Caranya polybag dibasahi terlebih dahulu kemudian bibit dikeluarkan secara hati hati supaya akar bibit tidak putus lalu dimasukkan ke lubang tanam yang telah di persiapkan.
  6. Untuk menghindari terjadi kelebihan air siraman dan penumpukkan garam garam di media tanam, satu hari setelah tanam dibuat lubang pada bagian baah polybag.

Untuk tahap menanam tanaman paprika berikut tahapnya.

  1. Bibit diletakkan disisi polybag untuk penyesuaian cuaca
  2. Media tanam disiram sampai basah dengan larutan hara sebanyak 2 liter
  3. Regulating stick dicabung dan dikeluarkan dari media
  4. Bagian tengah media dilubangi daj tambahkan karbofuram 1 g/polybag
  5. Bibit disiram dan dikeluarkan beserta medianya dengan cara membalikkan polybag bibit sambil menyangga bibit dengan tangan.
  6. Bibit dimasukkan ke lubang tanam dan media dirapatkan disekitar batang
  7. Regulating stick di pasang kembali. Regulating stick adalah jenis penetes yang dapat ditancapkan disekitar tanaman.

Itulah sedikit tahapan tahapan dalam menanam paprika untuk masalah  pemeliharaan tanaman paprika. Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan yaitu

  1. Pengajiran

Pengajiran dilakukan untuk menopang batang tanaman paprika supaya tanaman menjadi lebih kuat tumbuh keatas. Pengajiran ini bukan dengan kayu atau bambu seperti tanaman cabe melainkan dengan benang yang didilitkan ke batang tanaman paprika.

  1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan bersamaan dengan penyiraman/irigasi. Hal ini karena pupuk untuk budidaya secara hidroponik sebelumnya dialirkan ke dalam air kemudian ditampung di dalam tangki untuk iriigasi tetes.

  1. Pencegahan hama

Untuk mencegah penyebaran penyakit dan hama, dilakukan tindakan seperti pengamatan dini pada serangan hama dan penyakit. Tindakan tersebut diantaranya membuang dan membakar tanaman yang terkena serangan serta menyemprotnya dengan pestisida.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *