Cara Menanam Pisang Agar Cepat Berbuah

menanam pohon pisangCara Menanam Pisang – Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali manfaat dan mampu tumbuh subur di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis. Buah yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna kuning apabila masak ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tak heran jikalau banyak ahli yang menganjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari guna menyuplay kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Cara membudidayakan pisang terbilang tidaklah susah, hal ini terbukti dengan adanya banyak pohon pisang yang tumbuh subur dan dibudidayakan oleh banyak petani di Indonesia. Selain tak membutuhkan perawatan khusus, membudidayakan pohon pisang ini juga diangap sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan di beberapa daerah yang sudah memenuhi kriteria pasar luar negeri mampu menjual hasil kebunnya hingga ke mancanegara.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menaman pohon pisang sendiri, berikut adalah beberapa tips menaman pisang yang baik dan benar supaya menghasilkan buah yang lebat dan cepat matang yang wajib Anda simak dengan seksama

Tips Menaman Pisang yang Baik Supaya Menghasilkan Buah Melimpah

  1. Memilih bibit pisang yang unggul

Hak pertama dan krusial dalam cara menanam pisang yang bisa memperoleh hasil maksimal adalah memilih bibit pisang yang unggul serta memiliki kualitas yang tinggi.  Biasanya bibit buah pisang yang berasal dari induk dengan kualitas yang baik dan sehat juga akan menghasilkan produksi yang tinggi, baik serta sehat pula. Upayakan untuk memilih bibit pisang anakan dewasa sebab jenis bibit pisang ini termasuk salah satu bibit yang unggul dengan cikal bakal bunga serta cadangan makanan sendiri yang sudah terdapat di dalam bonggol pisang.

Bibit pisang yang baik dan tumbuh sehat biasanya akan memiliki tinggi sekitar 1 -1,5 meter dengan diameter kurang lebih mencapai 15-20 cm. Nah, setelah mendapatkan bibit unggul sebelum menanamnya rendamlah terlebih dahulu menggunakan pupuk pisang organik selama 2-3 jam. Perendaman ini dimaksudkan supaya segala macam penyakit yang manghambat pertumbuhan pisang dapat dicegah, sehingga pohon pisang mampu tumbuh dengan sehat.

  1. Mempersiapkan lahan

Langkah menaman pisang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan lahan yang digunakan untuk menaman pisang. Pastikan bahwa lahan yang Anda gunakan untuk menanam pisang sudah terbebas dari gulma supaya tumbuh kembang buah pisang tak terhambat. Ciptakanlah lahan yang optimal dengan cara mencangkul atau membajaknya. Hal ini dimaksudkan supaya microorganisme penyubur tanah juga akan tumbuh secara optimal pula.

Buatlah lubang yang berukuran 30x30x40 cm dengan berjarak 3×3 meter. Pastikan bahwa jarak yang dibuat antar lubang sesuai dengan standar supaya nutrisi yang didapatkan oleh setiap pohon pisang bisa ideal dan sempurna. Nah, untuk mempercepat pertumbuhannya jangan lupa untuk menaburkan pupuk kandang dalam setiap lubang dan pastikan pula bahwa setiap lubang memiliki saluran drainase yang baik supaya lahan tak tergenang air saat hujan tiba.

  1. Melakukan pindah tanam pisang

Supaya pohon pisang yang Anda tanam akan tumbuh dengan cepat dan menghasilkan produksi yang tinggi, alangkah lebih baiknya proses memindahkan tanaman kedalam lahan dilakukan pada saat musim hujan tiba. Hal ini dimaksudkan supaya setiap pohon pisang tak akan kekurangan pasokan air dalam melakukan proses tumbuh kembangnya.

  1. Lakukanlah perawatan secara rutin

Kiat menaman pisang bukanlah suatu perkara yang sulit, apabila Anda sudah melaksanakan langkah-langkah tersebut diatas dengan seksama. Tetapi supaya mampu menghasilkan hasil yang optimal dan produksi yang tinggi, alangkah lebih baiknya jikalau Anda memperhatikan hal-hal kecil supaya tumbuh kembang pohon pisang tak terhambat oleh gulma dan penyakit lainnya yang mampu mematikan pertumbuhan pisang.

Pastikan nutrisi yamg didapatkan oleh setiap pohon pisang terpenuhi secara ideal dan maksimal dengan cara memberi jarak tanam pada pohon pisang saat Anda menanamnya. Rajin-rajinlah untuk membersihkan gulma dan segala macam tumbuhan yang menghambat tumbuh kembang pohon pisang.

Nah, supaya pohon pisang dapat tumbuh secara cepat dan sehat upayakan saluran drainase antar pohon berjalan dengan lancar, jangan sampai pohon pisang mengalami kekeringan. Hal tersebut tentunya selain menghambat tumbuh kembang pohon pisang juga membuat pohon pisang lekas mati. Agar nantinya dalam pertumbuhan pohon pisang tak ada hama atau penyakit yang dapat merugikan Anda maka pohon pisang bisa disemprot dengan insektisida supaya terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Nah, demikianlah ulasan menarik mengenai cara menanam pisang yang baik dan benar, supaya menghasilkan buah yang lebat dan cepat masak yang bisa kami jabarkan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini mampu memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada Anda mengenai langkah menaman pohon pisang yang tepat. Yang terpenting dalam menanam pohon jenis apapun ialah perawatannya. Jika perawatan sudah oke maka hasilnya juga tidak akan mengecewakan. Selamat mencoba.

Related Posts

Add Comment