Cara Menanam Tomat Organik di Pot

Cara menanam tomat di potCara menanam tomat di pot ini tidaklah sulit dan bisa dilakukan bagi anda yang juga sedang sibuk kerja dikantor. Menanam tomat organik ini selain sebagai hiburan anda melawan rasa jenuh kerja juga bisa anda konsumsi dimana tomat organik jauh lebih baik khasiatnya dibandingkan tomat yang ditanam secara kimia yang biasa ada di pasaran.

Perbedaanya adalah jika menanam secara kimia menggunakan semprotan dan pupuk kimia, menanam tomat secara organik tidak menggunakan bahan kimia, pupuk dan semprotan yang digunakan semua berasal dari bahan organik yang aman bagi anda konsumsi.

Tidak ada masalah signifikan dalam jika anda tidak menggunakan bahan kimia dalam penanaman tomat. Tomat yang bahasa latinnya Solanum lycopersicum merupakan tanaman yang tidak sulit untuk dirawat dan jika di tanam di dalam pot juga jarang terserang hama. Menanam tomat di pot juga mempermudah anda jika ingin memindahkan tanaman anda ke tempat lain.

Cara Menanam Tomat di Pot

Untuk langkah pertama dalam menanam tomat ini, tentukanlah dulu jenis tomat apa yang ingin anda tanam. Tahukah anda bahwa tanaman tomat sebenarnya terdiri dari 4 jenis ? Yang pertama adalah tomat buah,jenis ini yang biasa ada di pasaran berbentuk bulan dengan bagian bawah mendatar. Jenis kedua adalah tomat gondol, ciri tomat ini adalah bentuknya yang lonjong. Tomat gondol ini merupakan tomat yang biasa digunakan sebagai bahan baku saus. Jenis tomat keempat adalah tomat sayur, buahnya keras dan rasanya sedikit asam. Jenis tomat yang terakhir adalah tomat cherry, tomat ini buahnya kecil dan rasanya manis dengan sedikit rasa asam.

Entah jenis apa yang anda pilih sebenarnya cara menanamnya sama saja. Yang membedakan paling adalah ukuran potnya. Untuk menanam tomat buah, dibutuhkan pot yang lebih besar di bandingkan tomat cherry karena memang ukuran tanamannya yang berbeda.

Cara menanam tomat di pot bisa dibagi menjadi 3 tahapan yaitu persiapan, penanaman dan perawatan. Ketiga tahapan tersebut mari kita bahas.

Persiapan

3 hal yang perlu anda persiapkan sebelum menanam tomat di pot adalah mempersiapkan pot, menyiapkan media tanam dan memilih benih. Pot yang di gunakan sesuai jenis tomat yang anda pilih, untuk tomat buah dan tomat gondol gunakan pot yang berdiameter minimal 50 cm, sedangkan untuk tomat cherry cukup pot berdiameter 30 cm saja. Untuk menanam tomat sayur anda bisa menggunakan pot dengan diameter 40 cm.

Setelah mendapatkan pot, persiapkanlah media tanamnya. Media tanam yang digunakan untuk tanaman tomat adalah kombinasi dari tanah subur, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1 . Jika anda menggunakan pupuk kompos yang terbuat dari kotoran hewan pastikan sudah terfermentasi dengan baik. Kotoran hewan yang belum terfermentasi dengan baik justru dapat membunuh tanaman. Setelah anda campur media tanam tersebut endapkan terlebih dahulu media tersebut selama 3 hari sebelum anda tanam dengan benih tomat.

Setelah pot dan media tanam siap cara menanam tomat berikutnya adalah membeli benih, belilah benih yang berkualitas. Benih yang berkualitas biasanya sudah tersertifikasi oleh dinas pertanian. Anda bisa membeli benih ini secara online di bukalapak atau bisa juga ke toko tanaman di dekat rumah anda.

Penanaman

Setelah semua persiapan telah dilakukan, lakukanlah penanaman. Cara menanam tomat di pot ini sangat muda. Pertama masukkanlah media tanam ke dalam pot setelah itu buat lubang sedalam 2 cm, masukkan 2-3 benih tomat kemudian tutup lubang tersebut dengan media tanam. Siram benih yang anda tanam tersebut setiap hari dengan sedikit air, guna air ini adalah untuk merangsang pertumbuhan benih supaya bisa bertunas. Biasanya dalam 7 hari benih sudah tumbuh menjadi tunas, jika dalam satu lubang tumbuh lebih dar 1 tanaman maka cabut tanaman tersebut dan sisakan satu agar tidak ada persaingan untuk mendapatkan nutrisi.

Perawatan

Merawat tanaman tomat di pot tidaklah sulit, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan penyiraman rutin supaya tanaman tomat tidak kekurangan air. Siramlah tanaman tomat selama 2 hari sekali, jangan terlalu banyak dalam menyiramnya karena tanah yang basah justru tidak baik untuk kesehatan tomat. Pemasangan kayu penyangga juga perlu anda lakukan saat usia tomat memasuki 1 bulan, hal ini berguna agar tanaman tomat tumbuh tegak.

Pada umur tanaman tomat 1 bulan ini sebaiknya anda juga memberikan pupuk tambahan, pupuk tambahan ini bisa berupa pupuk organik cair atau pupuk kompos. Saya sendiri lebih menyarankan penggunaan pupuk organik cair sebagai pupuk tambahan. Untuk mengatasi hama serangga dan jamur anda bisa menyemprotkan pestisida organik yang terbuat dari ramuan bawang, daun tembakau dan cabe yang di campur dengan air. Perbandingannya adalah 100 gram bawang, 200 gram daun tembakau dan 50 gram cabe dicampur dengan 20 liter air.

Yang menjadi masalah adalah penyakit tomat, penyakit ini susah diatasi jika dilakukan secara organik. Paling baik adalah dengan melakukan pencegahan supaya penyakit ini tidak menyerang tanaman tomat anda. Walau begitu jarang kasus tomat yang di tanam di pot pekarangan terserang penyakit jika dirawat dengan baik.

 

Related Posts

Add Comment