Cara Menanam Wortel Dalam Pot Secara Organik

Cara Menanam wortel Dalam Pot Secara Organik – Wortel, atau di dalam bahasa ilmiahnya disebut Daucus carota, termasuk tanaman umbi umbian. Tanaman ini berasal dari asia, khususnya wilayah timur tengah lalu kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman wortel dapat di tanam di dalam pot dengan mudah.

Wortel yang dipasaran umumnya wortel nin-organik yang sejak awal penanaman hingga panen menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Wortel organik yang tidak menggunakan bahan bahan kimia tentu lebih sehat untuk dikonsumsi. Namun saat ini wortel organik cukup sulit ditemukan di Indonesia karena petani kita lebih suka menanam wortel dengan pupuk dan pestisida kimia karena mereka merasa lebih efektif dan efisien dari segi waktu. Sayangnya pupuk kimia dan pestisida kimia tetap menempel pada wortel sehingga dapat membahayakan kita yang memakannya.

Kali ini mari kita membahas cara menanam wortel di dalam pot secara organik, bagi anda yang memiliki pekarangan terbatas maka anda dapat menanam wortel organik dalam pot. Keunggulan menanam wortel dalam pot adalah mudah dipindahkan, tidak membutuhkan lahan yang luas dan dapat membuat pekarangan kita lebih segar udaranya. Selain itu dapat pula dijadikan lahan bisnis sampingan karena dari segi harga dan persaingan wortel organik lebih menjanjikan daripada wortel non organik.

Tahapan di dalam menanam wortel organik didalam pot adalah menyiapkan tanam, pemilihan dan penanaman benih, pemeliharaan dan pemanenan. Kesabaran dan ketekunan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya wortel organik dalam pot.

  1. Media Tanam
    Syarat utama pot yang baik diantaranya memiliki cukup lubang di bagian bawah agar air dapat mengalir keluar saat kadar air berlebih sehingga kadar air terjaga.
    Media tanam selanjutnya adalah tanah gempur berpasir dan pupuk organik padat. Komposisinya adalah tanah gembur, pupuk kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Setelah itu tanah dimasukkan ke dalam pot dan didiamkan sealama sehari setelah itu tanah sudah siap ditanami benih wortel.
  2.  Pemilihan dan Penanaman Benih
    Benih wortel dapat diperoleh di toko pertanian. Biasanya benih wortel yang dijual di toko pertanian merupakan benih hasil seleksi sehingga kualitasnya lebih terjamin. Walau gitu berhati hatilah karena terkadang ada pedagang nakal yang menjual benih palsu.
    Benih yang telah anda beli kemudian direndam di air hangat bersuhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu benih di kering anginkan. Benih kemudian di tanam di pot yang telah berisi media yang anda siapkan sebelumnya. Lubangi tanah sedalam 1 cm kemudian masukkan 1 butir benih pada setiap lubang lalu timbun tanah. Siram tanah dengan air secukupnya untuk merangsang pertumbuhan benih.
  3. Pemeliharaan
    Wortel yang anda tanam harus di pelihara untuk bisa tumbuh dengan baik. Benih wortel akan mulai berkecambang setelah 9 hari masa tanam. Pada setiap 2 minggu sebaiknya anda melakukan pemupukan susulan dengan pupuk organik cair. Jangan lupa lakukan penyiraman secukupnya agar tanah tetap lembab. Selain itu hilangkan lah tanaman liar yang tumbuh di sekitar pot supaya tidak mengganggu pertumbuhan wortel anda.
  4. Panen
    Wortel mulai dapat dipanen 4 bulan setelah masa tanam. Pemanenan dapat dilakukan pada pagi atau sore hari dengan mencabut wortel yang tumbuh di dalam tanah.

Begitulah Cara Menanam wortel Dalam Pot Secara Organik, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *