Cara Menangkap Burung Hantu Tanpa Harus Menyakiti

Sebagai salah satu binatang yang terlihat seram, burung hantu tetap punya fans sendiri. Keberadaan owl ini pun banyak dicari, sebab masih termasuk hewan liar dan sangat jarang ditemui di pasar. Mau tak mau, memburu di alam bebas jadi salah satu pilihan. Lalu, bagaimana ya cara menangkap burung hantu agar berhasil dan tidak menyakiti?

Ada pilihan sederhana dalam memburu burung hantu di hutan maupun di tempat lainnya. Jelas bukan pakai pistol karena itu sama saja menyakiti unggas tersebut. Ada cara lain yang lebih aman dan unggas malam tersebut bisa dipelihara di rumah.

Persiapan

Ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan sebelum menangkap burung hantu, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tempat yang tepat untuk berburu dan pastikan betul bahwa wilayah tersebut ada si owl
  • Persiapkan perlengkapan berburu dan juga kandang sebagai tempat hasil buruan
  • Hati-hati dan teliti dalam memburu owl, sebab burung ini dapat dengan cepat menghilang ketika keberadaannya terganggu.

Cara Menangkap Burung Hantu Dengan Perekat

Salah satu cara menangkap burung hantu adalah dengan bisa menggunakan perekat. Sejenis bahan yang sangat lengket. Saat burung hantu menempel pada perekat ini, si owl ini tak akan bisa bergerak dan terjebak di tempat tersebut. Detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih dan siapkan perekat
  • Cari tempat atau dahan dimana hewan malam ini bertengger, lalu letakkan perekat di titik tersebut
  • Tambahkan pakan untuk memancing kehadiran burung hantu
  • Tunggu dan awasi dari kejauhan agar burung buruan tidak merasa terganggu.

Cara ini cukup umum digunakan dan hasilnya tak kalah mengecewakan. Agar tidak membosankan, Anda bisa memasang jebakan perekat di beberapa dahan. Jadi bisa memantau di lebih dari satu tempat. Ketika satu lokasi tak membuahkan hasil, masih ada tempat lainnya.

Ketika hasil buruan sudah diperoleh, segera ambil dan amankan. Bersihkan perekat yang menempel pada burung hantu dengan hati-hati, agar tidak menyakiti. Kemudian tempatkan di sangkar yang aman supaya tidak terbang lagi.

Cara Menangkap Burung Hantu Dengan Jaring

Langkah lain untuk mendapatkan buruan burung hantun adalah dengan menggunakan jaring. Perangkap ini jauh lebih praktis, ketika si owl tertangkap tinggal ambil saja. Tidak perlu repot-repot membersihkan lem perekat, sebab tak ada.

Penggunaan jaring untuk menangkap unggas terbang berukuran besar, Anda bisa memilih perangkap yang sedikit longgar. Pastikan juga jaring tersebut aman digunakan. Lalu tambahkan pakan untuk menarik perhatian dan membawa mangsa ke jebakan.

Tersebut adalah cara sederhana dalam menangkap burung hantu. Meski terlihat mudah, akan tetapi tak seperti yang dibayangkan. Perlu kesabaran dan kesabaran lagi agar bisa memperoleh owl yang ditargetkan.

Tips Menjinakkan Burung Hantu Yang Liar Dan Galak

Setelah memperoleh burung hantu, biasanya unggas tersebut dijinakkan. Mendukung upaya tersebut, berikut tips menjinakkan burung hantu:

  1. Apabila burung hantu masih batting, bisa ditempatkan di dalam wadah sebagai box karantina. Batting ada perilaku si owl yang menjauhi manusia. Setelah disendirikan, keluarkan burung hantu tersebut.
  2. Letakkan burung hantu di tangkringan.
  3. Mandikan si owl di pagi hari.
  4. Berikan nutrisi yang tepat.
  5. Ajak interaksi, seperti bersiul didekatnya, memberikan nama dan menyebut nama tersebut setiap kali mendekati owl.
  6. Jauhkan owl dengan unggas lain

Tersebut adalah tips mudah yang bisa dilakukan untuk melatih owl agar tidak galak lagi. Bagaimanapun juga, burung hantu akan tampak liar jika tak diberi latihan. Perlu upaya yang sabar dan ekstra, lebih dari sewaktu mencoba berbagai cara menangkap burung hantu.