Cara Mendapatkan Bakalan Burung Poksay Mandarin

Burung poksay mandarinApabila menginginkan bakalan burung poksay mandari yag baik maka alternatif yang paling baik adalah membeli langsung pada penangkar yang sudah berhasil. Namun, hal ini agak sulit dilakukan mengingat jumlah penangkar burung masih sangat terbatas.

Dengan membeli melalui penangkar maka kualitas burung lebih terjaga. Selain itu, pembeli juga dapat meminta bantuan penangkar untuk membedakan jenis jantan dan betina. Salain dari penangkar, untuk mendapatkan bakalan dapat membelinya di pasar burung. Namun, bagi hobiis atau pemelihara pemula agar hati hati jika membeli burung di pasar burung karena pembeli dapat terkecoh oleh ulah para pedagang. Untuk itu, sebaiknya anda terlebih dahulu mencari informasi yang benar tentang burung yang ingin dipelihara baik melalui buku, internet atau bertanya pada para penggemar burung yang telah berpengalaman.

Tanda Tanda Bakalan Burung Poksay Mandari Yang Baik

Untuk menentukan bakalan burung poksay mandari yang baik diperlukan beberapa kriteria. Berikut ini beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai petunjuk untuk memilih bakalan burung poksay mandarin yang baik.

Jenis Kelamin

Hal pertama yang pasti diperhatikan oleh pembeli saat membeli bakalan burung poksay mandarin adalah jenis kelaminnya. Pemilihan jenis kelamin ini cukup menentukan proses selanjutnya karena dalam dunia aves, burung yang berkelamin jantan lebih menarik dan rajin berkicau. Seandainya dalam pemilihan jenis kelamin ini salah maka proses selanjutnya menjadi tidak berarti lagi karena sampai kapan pun burung tersebut dilatih tetap akan sia sia.

Beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk membedakan bakalan burung poksay mandarin jantan dan betina terletak pada ukuran dan bentuk tubuh. Burung poksay mandarin jantan biasanya berukuran lebih besar, lebih panjang dan ramping. Sementara burung poksay betina ukuran tubuhnya lebih kecil, lebih pendek da bentuknya agak membulat. Selain itu, pada burung jantan supit udang ekornya rapat dan keras. Sebaliknya, pada burung betina supit udang ekornya kecil dan ramping. Pembeda lainnya adalah warna bulu jantan warna bulunya lebih cerah dan mengilap, sedangkan pada burung betina bulunya relatif kusam dan tidak mengkilap.

Berpenampilan Sehat, Menarik dan Tidak Cacat

Kriteria lain yang perlu diperhatikan dalam memilih bakalan adalah berpenampilan sehat dan menarik. Selalu bergerak lincah merupakan ciri yang paling mudah dilihat dari bakalan burung yang sehat. Ciri lainnya adalah sorot matanya tajam dan tidak mengantuk. Selain itu, bakalan yang sehat sayapnya tidak turun ke bawah. Bakalan yang dipilih juga dihindari yang cacat, seperti jari kaki putus, kaki pengkor, paruh bengkok atau sayap patah.

Dengan memilih bakalan burung poksay mandari seperti kriteria di atas akan menunjang keberhasilan pemeliharaan selanjutnya.

Berbulu Indah dan Mengkilap

Burung yang sehat biasanya memiliki warna bulu yang cerah dan mengkilap. Hal itu disebabkan burung yang sehat memiliki nafsu makan yang baik sehingga sistem metabolisme berjalan baik. Akibatnya, pembentukan pigmen dan kelenjar juga berjalan baik sehingga bulu bulu menjadi mengkilap.

Bentuk Paruh

Bakalan yang baik antara lain dicirikan dengan keadaan paruhnya. Burung dengan paruh yang memiliki kedudukan seimbang antara paruh atas dan bawah menunjukkan bahwa burung tersebut rajin berkicau. Selain itu, paruh yang tipis dan panjang menunjukkan bahwa burung tersebut berusia muda.

Usia

Burung yang ingin dipelihara untuk dijadikan burung ocehan hendaknya masih berusia muda. Pada banyak kejadian burung yang berusia muda lebih cepat dan mudah untuk diisi suaranya.

Kaki Tidak Bersisik dan Bersik

Kriteria terakhir adalah kaki yang bersih dan tidak bersisik. Burung dengan kaki yang bersisik menandakan burung poksay mandarin tersebut telah berusia tua.

Related Posts

Add Comment