Cara Mengatasi Hama Wereng Padi

Wereng PadiJika anda merupakan petani padi, cara mengatasi hama wereng ini perlu anda pelajari.  Dalam menyikapi serangan hama wereng pada padi ini sebenarnya para petani tidak perlu memberantas hama ini sampai tuntas, karena kalau sampai musnah maka keseimbangan alam akan terganggu, sebenarnya cukup dengan menekan atau mengendalikan populasi hama wereng ini sampai keambang batas yang tidak merugikan. Untuk itu diperlukan cara untuk menyikapi serangan wereng ini antara lain:

1. Menanam padi dengan varietas unggul tahan wereng (VUTW). Karena sifat fisik dan kimiawi dari tanaman padi VUTW ini kurang disukai wereng, maka tentunya akan menghambat perkembangan populasi wereng. Padi jenis ini biasanya dijual di toko pertanian, tetapi perhati hatilah dalam membeli bibit padi VUTW ini karena ada juga yang merupakan barang palsu.

2. Adanya pergiliran tanaman yaitu dari tanaman padi kemudian non padi dan sebaliknya. Sebaiknya apabila satu musim sudah menanam padi, pada musim berikutnya jangan menanam padi lagi dengan demikian maka diharapkan karena tanaman inang dari hama wereng tidak ada, maka populasi wereng dapat terkurangi.

3. Penanaman padi secara serempak di semua lahan pertanaman. Dengan penanaman yang serempak, diharapkan kalau ada hama wereng hanya pada satu musim itu saja dan pada musim berikutnya tidak ada, karena tidak adanya tanaman padi sebagai inang wereng.

(Baca Juga : Wereng Padi, Penyebab Hama dan Ciri Cirinya )

Cara Mengatasi Hama Wereng lainnya yang mungkin dapat juga diterapkan yaitu dengan membuat jebakan atau perangkap untuk hama wereng. Caranya yaitu

1. Melokalisir serangan dan melakukan penyemprotan. Pada lahan pertanian yang ditanami dengan padi VUTW sebaiknya ada sebagian kecil lahan yang tidak ditanami padi non VUTW. Maksudnya adalah tanaman non VUTW ini sebagai perangkap wereng. Karena sifat wereng yang senang akan padi non VUTW, maka diharapkan wereng akan mendatangi lahan jebakan tersebut. Setelah wereng berkelompok pada lahan tersebut, maka baru dilakukan penyemprotak dengan insektisida yang sesuai.

2. Melokalisisr serangan dan pemasangan lampu pada malam hari. Cara mengatasi hama wereng ini dengan menggunakan dua perangkap yang dipakai yaitu tanaman padi jenis non VUTW dan sinar lampu. Caranya sama seperti diatas, hanya pada cara ini di bagian pinggir lahan dipasangi lampu, bisa menggunakan lampu neon atau lampu petromak dan didekat lampu tersebut diletakkan ember atau tempat berisi air. Diharapkan wereng akan terbang ke lahan tersebut dan mendekat pada lampu kemudian wereng akan masuk ke dalam air dan terperangkap di dalamnya.

Di samping semua tindakan di atas perlu pula di barengi dengan pembersihan lahan dari rumput rumputan liar yang juga menjadi tanaman inang dari hama wereng. Karena apabila hal ini tidak dilakukan maka walaupun tidak ada tanaman padi maka wereng masih akan tetap ada. Dengan cara mengatasi hama wereng tersebut semoga dapat menekan populasi wereng sehingga tidak menimbulkan masalah bagi petani.

 

Related Posts

No Responses

Add Comment