Cara Mengatasi Kutu Daun Cabai Rawit dengan Bahan Dapur

Cara Mengatasi Kutu Daun Cabai Rawit dengan Bahan Dapur – Kutu daun merupakan salah satu hama yang sering menyerang  tanaman cabai rawit. Hama kutu daun berukuran sangat kecil, pada fase dewasa ukuran hama ini besarnya hanya sekitar 2 mm. Ada dua jenis kutu daun yang ada di Indonesia yaitu bersayap dan tanpa sayap. Kutu daun yang tak bersayap bervariasi warnanya, antara lain kuning, merah dan hijau. Kutu yang bersayap hanya memiliki satu warna saja yaitu hitam. Kutu ini cepat berkembang biak karena telurnya dapat menetas tanpa perkainan atau secara partenogenesis.

Hama tganaman ini menyerang tanaman cabai rawit dengan mengisap cairan daun, pucuk tanaman, tangkai bunga dan bagian tanaman lainnya. Kutu daun ini suka berlindung disisi bawah daun sambil mengisap cairannya. Binatang kecil yang bernama latin Myzus persicae ini mengeluarkan cairan manis, semacam madu. Oleh karena itu, hadirnya kutu daun ini biasanya diikuti oleh munculnya semut yang mengitarinya. Jadi hama ini mudah terdeteksi keberadaannya. Celakanya, cairan manis it sering diikuti dengan munculnya cendawan hitam. Akibatnya, proses fotosintesis dapat terhalang. Repotnya, selain menyerang tanaman secara langsung, kutu daun ini juga berperan sebagai penyebar virus penyakit.

Kutu daun menyerang tanaman cabai tanpa mengenal waktu, tetapi ledakannya terjadi pada musim kemarau. Daun yang terserang akan mengerut, keriting dan kerdil. Selanjutnya, pertumbuhan tanaman akan terhambat. Bila menyerang tangkai bunga, bunga akan menguning dan rontok. Jika menyerang tanaman yang tengah berbuah, akan merosost produksi cabainya.

Mengatasi Kutu Daun dengan Bahan Dapur

Untuk mengatasi serangan hama ini sebenarnya tidaklah sulit. Yang pertama kali dilakukan adalah dengan memangkas bagian tanaman yang terserang berat. Berdasarkan pengalaman penulis, kutu daun ini dapat dibasmi dengan bahan dapur yaitu dengan larutan sabun cair yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Encerkan 1 sendok teh sabun cair dengan 1 liter air. Semprotka larutan ini tepat pada bagian tanaman yang berkutu daun. Dengan dosis yang tepat hama kutu daun akan mati. Penyemprotan dilakukan dengan handsprayer.

Selain menggunakan bahan dapur anda juga bisa mengatasi hama kutu daun secara kimiawi dengan menyemprotkan insektisida. Insektisida yang bisa mengatasi kutu daun misalnya Pegasus 500 SC, Decis 2,5 EC, Hostathion 40 EC, Perfection 400 EC atau Orthene 75 SP.

Walau begitu pengecekan tanaman cabai secara rutin dan deteksi dini kehadiran kudu daun menjadi hal yang lebih baik daripada penyemprotan. Karena dengan mendeteksi dini kehadiran kutu daun. Penanggulangannya akan lebih mudah.

 

Related Posts

Add Comment