Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Kutu merupakan salah satu ektoparasit pada kucing yang tidak boleh disepelekan. Jika kutu yang menginfeksi kucing jumlahnya sudah banyak, dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit serta anemia pada kucing. Selain itu, kutu merupakan vektor penyakit yang disebabkan bakteri, virus ataupun jamur. Sehingga bagi anda yang memelihara hewan berbulu ini, perlu mengetahui cara menghilangkan kutu kucing. Untung saja kita dapat melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, salah satunya adalah dengan minyak telon.

Jenis Kutu pada Kucing

Terdapat berbagai jenis kutu yang dapat menginfeksi kucing kesayangan anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ixodes scapularis, kutu ini merupakan vektor dari protozoa yang dapat menyebabkan penyakit Lyme Disease.
  2. Rhipicephalus sanguineus, merupakan jenis kutu yang menjadi vektor penyakit babesiosis.
  3. Dermacentor sp, Amblyomma sp dan Ixodes sp merupakan tiga spesies kutu yang dapat menyebabkan kelumpuhan bagi hewan kesayangan anda diakibatkan mereka mampu merusak sistem saraf menggunakan neurotoksin yang ada di kelenjar ludahnya.

Gejala Kucing Terserang Kutu

Melihat gejala mungkin akan sedikit sulit saat infeksi kutu masih dalam jumlah sedikit. Biasaya kucing yang terserang kutu pada bagian tubuhnya akan ditemukan kutu ataupun bekas gigitan dari kutu itu. Kucing yang terinfeksi kutu juga akan mengalami iritasi akibat gigitan sehingga ia akan merasa tidak nyaman dan suka menggaruk-garuk bagian kupingnya.

Jika infeksi kutu telah berlangsung secara masif, biasanya kucing akan mengalami anemia. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis bakteri seperti Anaplasma platys dan Ehrlichia canis akan masuk melalui luka akibat gigitan tadi. Kedua jenis bakteri tersebut akan merusak sel darah merah, sehingga jika dilakukan pemeriksaan trombosit pada darah maka akan ditemukan kadar hb yang rendah.

Selain anemia, akibat serangan kutu ini juga dapat mengakibatkan nekrosis akibat masuknya bakteri Rickettsia rickettsii. Infeksi kutu kucing ini juga dapaat mengakibatkan kucing mengalami kelumpuhan akibat di dalam kelenjar ludah beberapa spesies kutu mengandung neurotoksin yang akan merusak saraf.

Terapi Menghilangkan Kutu Kucing

Melakukan pencegahan agar kucing anda tidak terinfeksi kutu merupakan suatu hal yang wajib anda lakukan. Sebisa mungkin cegahlah interaksi kucing anda dengan kucing lain yang sudah terinfeksi sehingga penularan dapat dihindari. Selain itu, rutinlah anda untuk mengecek bulu-bulu di seluruh tubuh kucing anda untuk melihat apakah ada kutu yang hinggap disana. Tetapi jika infeksi telah terjadi, secepat mungkin anda harus menghilangkannya. Salah satu cara menghilangkan kutu kucing adalah dengan minyak telon.

Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon tidaklah sulit, anda hanya perlu mengusapkan minyak yang biasa digunakan untuk bayi ini ke daerah yang diperkirakan terdapat kutu didalamnya. Minyak telon dapat membunuh berbagai jenis kutu yang menyerang, dikarenakan minyak akan membuatnya kesulitan bernafas dan bergerak. Selain membunuh stadium larva dari kutu, ia juga mampu membunuh telur-telur yang menempel didalam tubuh kucing.

Belum jelas apa penyebab mengapa minyak telon dapat menghilangkan kutu kucing. Hanya saja untuk infeksi yang tergolong ringan, terapi secara sederhana ini memang sudah terbukti keampuhannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *