Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Mudah

Kutu sangat umum dijumpai pada kucing, terutama yang diliarkan di luar rumah. Cara menghilangkan kutu kucing sebenarnya mudah, dapat dilakukan secara alami maupun dengan obat-obatan. Walau begitu pencegahan agar kucing peliharaan kita tidak terserang kutu sebaiknya lebih diutamakan, mengingat gigitan kutu bisa mengakibatkan infeksi bakteri dan virus.

Penyebab Kutu Kucing Menyerang

Kutu kucing tidak datang dengan sendirinya, ia dapat menyerang kucing kita jika ditularkan oleh kucing lainnya atau hewan pengerat lainnya. Hal inilah mengapa kucing yang diliarkan di luar rumah biasanya terserang kutu karena mereka berinteraksi dengan kucing lainnya. Selain itu, kebersihan kucing yang diliarkan biasanya tidak terjaga dengan baik sehingga memudahkan terjadinya serangan.

Selain di tularkan oleh sesama kucing, kutu juga dapat ditularkan oleh hewan pengerat lain seperti tikus. Tikus yang dimakan oleh kucing anda ternyata memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk menularkan kutu yang ada di dalam tubuhnya. Selain kutu, tikus juga akan menyalurkan berbagai macam penyakit ke kucing yang memakannya. Tak jarang, kucing yang memakan tikus akan mati keracunan atau karena terserang penyakit.

Selain dari tikus, walau jarang terjadi tetapi manusia juga dapat menularkan kutu ke kucing. Manusia yang berinteraksi dengan kucing atau hewan lain yang berkutu bisa saja ada kutu yang menempel di badannya. Begitu sampai rumah ia akan membuat kucing peliharaannya tertular infeksi.

Memilih tempat penitipan dan dokter hewan yang higienis menjadi hal yang perlu anda perhatikan. Kedua tempat tersebut merupakan lokasi paling sering terjadi penularan kutu. Hal ini dikarenakan berbagai kucing datang ke tempat ini, dan kita tidak tahu bagaimana keadaan kucing yang datang kesana.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Garam

Garam merupakan sebuah bumbu dapur yang hampir pasti ada di semua rumah tangga di Indonesia. Jika serangan kutu belum terlalu masif (masih sedikit kutu yang ditemukan), anda bisa menggunakan bumbu dapur ini untuk mengobati kucing anda. Hal ini dikarenakan garam dapat membunuh larva atau telur kucing yang ada. Cara penggunaannya juga tidaklah sulit, anda cukup merendam kucing anda pada larutan 5 sendok garam di dalam 5 liter air hangat.

Tetapi cara ini hanya efektif jika kutu masih belum terlalu banyak dan tidak ada luka di tubuh kucing anda. Hal ini dikarenakan larutan garam akan menyebabkan rasa perih di kucing yang didalamnya sudah terdapat luka. Itulah mengapa, jika infeksi kutu telah banyak sebaiknya anda tidak menggunakan cara ini.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Penggunaan minyak telon untuk menghilangkan kutu kucing merupakan salah satu cara yang paling aman. Minyak telon tidak menyebabkan kucing peliharaan anda merasakan rasa perih, selain itu penggunaannya juga sangat praktis. Anda tinggal mengoleskan minyak telon ke seluruh tubuh kucing, tetapi usahakan agar si kucing tidak menjilati badannya yang kita olesi minyak telon. Untuk itu, anda bisa memasangkan corong ke kepala kucing sebagai pencegahan agar ia tidak dapat mencapai lokasi yang telah diolesi minyak telon.

Mengolesi dengan Obat

Selain dengan dua cara alami diatas, anda dapat menggunakan obat Frontline for Cats yang akan meberi perlindungan sangat efektif melawan kutu. Selan dapat mengobati, obat ini juga memberikan perlindungan selama 6 minggu sejak dioleskan. Penggunaannya juga sangat mudah, karena anda tinggal mengoleskan obat ini dibagian belakang leher kucing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *