Cara Mengkonsumsi Daun Binahong

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong secara optimal, cara mengkonsumsi daun binahong yang benar, penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan setiap penyakit yang akan diobati oleh tanaman ini membutuhkan cara mengkonsumsi yang tak sama.

Darah Tinggi

Siapkan 7 helai daun binahong segar, kemudian dicuci bersih dan potong kecil kecil. Selanjutnya, seduh daun binahong dengan 1 cangkir air mendidih. Diamkan beberapa saat dan tambahkan 1 sendok madu. Ramuan tersebut diminum setelah dingin 3 kali sehari.

Kencing Manis

Untuk mengobati penyakit kencing manis menggunakan daun binahong, siapkan setengah genggang daun binahong segar. Rebus daun binahong tersebut dengan 4 gelas air hingga 3 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan tersebut sehari 3 kali, masing masing 1 gelas. Selain itu, penderita perlu minum banyak air.

Disentri dan Diare

Cara mengkonsumsi daun binahong untuk mengobati diare adalah dengan menyiapkan sekitar 13 gram daun binahong kering, lalu cuci bersih. Rebus daun binahong tersebut dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Ramuan tersebut diminum setelah dingin 2 kali sehari, masing masing 1 gelas. Dapat pula ditambahkan  sendok madu ke dalam air rebusan daun binahong sebelum diminum.

Flu, Sakit Kepala dan Panas

Siapkan beberaa helai daun binahong, kemudian cuci bersih dan segera dikeringkan. Selanjutnya, tumbuk daun binahong hingga haus. Tambahkan 1 gelas air dalam 1 gram bubuk daun binahong Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari.

Influenza, Radang Paru dan TBC

Mengkonsumsi daun binahong untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti Infuenza, Radang Paru dan TBC  dapat dilakukan dengan mengambil beberapa daun binahong kemudian ditumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan 1 gelas air hangat dalam 3 gram bubuk tanaman binahong yang sudah kita buat. Ramuan tersebut kemudian diminum 3 kali sehari.

Tifus Abdominalis

Siapkan 13 lembar daun segar binahong, lalu cuci hingga bersih. Rebus daun binahong tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan daun binahong kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk aduk hingga rata. Ramuan tersebut diminum 1 kali sehari.

Radang Saluran Nafas dan Radang Paru Paru

Peradangan pada saluran pernafasan dan paru paru dapat diobati dengan cara mengkonsumsi daun binahong. Siapkan daun binahong yang telah dicuci dengan bersih, kemudian jemur atau oven hingga kering. Selanjutnya 13 gram daun binahong yang teah dikeringkan tersebut direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Ramuan tersebut diminum 2 kali sehari dengan ditambahkan 1 sendok madu.

Batuk Rejan (Pertusis)

Siapkan lima helai daun binahong segar, kemudian dicuci bersih dan dipotong potong. Selanjutnya, seduh daun binahong dengan 1 cangkir air mendidih dan diamkan beberapa saat. Setelah dingin, angkat ramuan tersebut dan tambahkan 1 sendok makan mad. Ramuan ini diminum 3 kali sehari.

Infeksi Mulut dan Tonsillitis

Siapkan tanaman binahong, kemudian cuci bersih dan dikeringkan. Selanjutnya, tumbuk tanaman binalong hingga halus. Tambahkan 1 gelas air dalam 4 gram bubuk tanaman binahong. Ramuan tersebut diminum bersama 1 sendok madu.

Paringitis

Siapkan tanaman binahong segar sebanyak 9 gram. Setelah itu, tumbuk halus tanaman binahong dan peras airnya. Tambahkan 1 sendok madu ke dalam air perasan dan minum sebagai ramuan.

Infeksi Telinga

Siapkan 9 – 15 gram daun binahong segar, kemudian dicuci bersih dan rebus dengan air bersih secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan teteskan di lubang telinga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *