Cara Menguji Benih Cabe Unggul

Cara Menguji Benih Cabe UnggulCara Menguji Benih Cabe Unggul

Setelah tempat pembenihan disiapkan, benih cabe siap disemaikan. Namun benih ini harus diseleksi terlebih dahulu. Secara umum benih yang berkualitas hasil seleksi, berdasarkan ukuran benih benih pilihan yang dipasarkan perusahaan perusahaan benih adalah sebagai berikut

1. Memiliki daya tumbuh yang tinggi minimal 85% benih tumbuh 6-12 hari setelah semai
2. Memiliki keseragaman yang tinggi berdasarkan kemurnian dari varietas/jenis benih yang ditanam.
3. Memiliki keseragaman yang tinggi dalam bentuk,warna dan ukuran.
4. Memiliki kadar air yang aman untuk disimpan lama, yaitu 7-8% dengan kadar air ini, benih dapat disimpan selama 5 tahun
5. Benih bebas dari OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) atau penyakit
6. Memiliki ciri fisik yang baik, yaitu kulit biji/benih mengkilap, tidak berjamur atau tidak mengkerut (kisur) dan tidak ada bekas dimakan hama.

Cara untuk menguji daya tumbuh benih sebenarnya tidak sulit yaitu sebagai berikut

1. Siapkan piring dan letakkan sepotong kain bersih atau selapis kapas bersih yang sudah dibasahi air (lembap) di atasnya.
2. Ambil 100 biji benih yang akan ditanam lalu ditebar merata di atas kain/kapas.
3. Jaga kelembapan kapas/kain tersebut
4. Biasanya biji sudah mulai tumbuh setelah empat hari, tetapi tunggu sampai 12 hari
5. Setelah 12 hari, hitung berapa presentase jumlah benih yang tumbuh dengan sempurna. Berikut ini standar presentase yang dapat anda gunakan.

–  Bila tumbuh minimal 75% bisa dikatakan benih yang akan ditanam memenuhi syarat untuk ditanam
– Bila yang tumbuh hanya 50% sebetulnya kurang baik tetapi masih ditolerir untuk ditanam. Namun, jumlah benih yang ditanam menjadi dua kali lipat. Biasanya benih seperti ini tidak dapat dikategorikan benih unggul dan resiko dalam melakukan penanaman cabe menggunakan benih ini cukup tinggi.
– Bila yang tumbuh kurang dari 50%, putuskan untuk membatalkan penanamannya. Dengan daya tumbuh yang rendah sudah bisa menjadi petunjuk bahwa benih tersebut akan menghasilkan produksi yang kurang memuaskan.

Jika daya tumbuh benih anda kurang dari 50% padahal anda membeli benih dari merk terkenal atau toko pertanian yang mengklaim benih tersebut unggul. Hampir bisa dipastikan benih yang anda beli merupakan benih palsu atau bisa juga merupakan benih kualitas jelek yang diklaim sebagai benih unggul. Jika sudah seperti itu saya menyarankan anda untuk tidak membeli benih di tempat yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *