Cara Merawat Aglaonema Merah dan Harganya

Aglaonema merahAglaonema merah adalah salah satu tanaman hias yang sangat indah dan merupakan salah satu jenis paling mahal dari aglaonema. Cara merawat aglaonema merah tidak terlalu susah, yang paling perlu anda perhatikan adalah tingkat pencahayaannya, tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung pada tengah hari.

Ada 5 hal utama yang perlu anda perhatikan dalam merawat aglaonema merah ini yaitu tingkat pencahayaan, kebutuhan air, tingkat kelembapan, pemupukan dan temperatur. Cara merawat aglaonema merah adalah sebagai berikut :

Tingkat pencahayaan

Dalam merawat aglaonema merah berikanlah tanaman ini sinar matahari tidak langsung. Tingkat penyinaran ini juga membantu tanaman anda menghasilkan warna merah dan merah jambu yang indah pada daunnya. Jangan meletakkan tanaman aglaonema merah pada sinar matahari penuh. Karena, dalam banyak kasus jika ditaruh di bawah terik sinar matahari langsung tanaman ini daunnya bisa terbakar. Tanaman Aglaonema merah dapat ditaruh di ruangan dengan tingkat pencahayaan rendah tetapi warna merahnya mungkin tidak sebagus yang diberi sinar matahari tidak langsung.

Baca Juga : Tanaman Aglaonema : Jenis, Perawatan dan Harga

Kebutuhan air

Tanaman Aglaonema merah menyukai kondisi lembab, tetapi pastikan tanahnya tidak basah sehingga tanaman terendam oleh air. Jika tanah terlalu basah dapat menyebabkan busuk akar. Jagalah kondisi tanah tanaman aglaonema tetap dalam kondisi lembab. Berikan air secukupnya jika tanah terlihat sudah mulai mengering.

Tingkat Kelembapan

Tanaman aglaonema merah menyukai tingkat kelembapan sedang sebenarnya tanaman ini dapat bertahan hidup di lingkungan dengan kelembapan tinggi tetapi akan mengingkatkan resiko  terkena penyakit. Tanaman ini hidupnya akan terganggu dalam suasana kelembapan rendah. Saat musim kemarau anda bisa menyemprotkan sedikit air pada daun agar kelembapan terjaga.

Suhu

Aglaonema merah menyukai suhu iklim tropis, tanaman ini bisa hidup dengan baik pada temperatur 15-25 C. Sehingga di Indonesia yang beriklim tropis baik musim hujan atau kemarau tanaman ini tidak memiliki masalah dengan suhu.

Pemupukan

Lakukan pemupukan susulan setiap satu bulan sekali, saya merekomendasikan anda menggunakan pupuk organik cair karena mudah diaplikasikan dan tidak memberikan efek buruk terhadap tanaman ini. Anda bisa menyemprotkan pupuk ke daun atau langsung memberikannya ke tanah.

( Baca Juga :Gambar Bunga Aglaonema Terbaik dan Termahal )

Hal Tambahan yang perlu diperhatikan dalam perawatan aglaonema merah

Permasalah Umum Pada Aglaonema merah

Masalah umum dengan Aglaonemas disebut ‘tipping’ ketika ujung daun kering dan berubah menjadi coklat. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti overwatering, terlalu banyak pupuk, dll. Penyebab paling umum adalah air keran yang mengandung garam, klorin atau fluoride. Jika Anda tidak memiliki sistem penyaringanu, membiarkan air keran dalam wadah terbuka semalam sebelum menyiram dapat membantu menghilangkan sebagian klorin dan fluoride.

Jauhkan dari Jangkauan Anak Kecil  dan Binatang Peliharaan

Tanaman ini sebaiknya dijauhkan dari anak kecil atau binatang peliharaan, selain karena dapat menyebabkan kerusakan terhadap tanaman aglaonema ini sendiri, jika daun aglaonema merah termakan oleh anak kecil atau binatang dapat menyebabkan keracunan sehingga cukup berbahaya. Di dalam aglaonema merah terdapat senyawa racun yang dapat menyebabkan sakit perut dan muntah muntah.

Itulah cara merawat aglaonema merah yang perlu anda perhatikan, tidak terlalu sulit bukan?

Harga Aglaonema Merah

Harga aglaonema merah cukup tinggi, untuk bibit di bukalapak harganya mulai dari 50 ribu rupiah. Untuk tanaman yang sudah besar aglaonema merah harganya biasa dihitung dari jumlah daun. Saat ini harga aglaonema merah ukuran besar sekitar 500 ribu – 1 juta rupiah per daun.

Related Posts

Add Comment