Cara Merawat Anggrek Golden Shower Agar Subur dan Berbunga

Jika anda sudah mempunyai anggrek golden shower yang tumbuh subur, maka anda pun mengharapkan bunganya selalu muncul setiap saat. Ada langkah langkah yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan anggrek golden shower agar selalu berbunga.

Berikut ini cara merawat anggrek golden shower subur dan berbunga sepanjang waktu.

a. Pemilihan bibit
Pemilihan bibit bunga anggrek hias golden shower adalah langkah awal yang harus sangat diperhatikan secara teliti. Bibit anggrek golden shower berkualitas tentu akan menghasilkan tanaman dengan kualitas tinggi yang memuaskan.

b. Media tanam
Mediam tanam yang sesuai untuk anggrek golden shower agar cepat dan selalu berbunga sebaiknya disusun menjadi dua bagian. Pada 1/3 bagian bawah menggunakan batu bata yang dipotong potong. Pada 2/3 bagian atas diisi dengan pakis. Ini adalah media tanam yang paling ideal untuk memicu pertumbuhan anggrek golden shower agar selalu berbunga.

c. Hormon
Kurangnya hormon memicu anggrek golden shower menjadi lambat berbunga. Pemberian hormon giberelin adalah salah satu hormon penumbuh bunga anggrek golden shower yang banyak digunakan dan cukup bagus untuk perawatan tanaman ini agar cepat berbunga. Jika tidak menggunakan hormon giberelin, dapat diganti dengan menggunakan air kelapa sebanyak 150 ml yang dicampur air hingga 1 liter.

d. Pemupukan
Unsur hara P yang tinggi didalam pupuk adalah kunci agar anggrek golden shower selalu berbunga dan dapat dilakukan dengan penyemprotan ataupun penyiraman menggunakan pupuk slow rilis yang ditaburkan di atas media tanam.

e. Kelembapan
Kelembapan yang ideal untuk anggrek golden shower agar selalu berbunga adalah 60-80%. Salah satu cara agar kelembapan tetap terjaga bisa dilakukan dengan menempatkan pot anggrek di atas rak yang dibawahnya terdapat kolam.

f. Bentuk pot
Pot yang memiliki banyak lubang dan terbuat dari tanah liat adalah konstruksi pot yang paling baik untuk memicu pertumbuhan anggrek golden shower. Sirkulasi udara yang keluar masuk lubang lubang tersebut akan memudahkan anggrek golden shower bisa bernafas dengan baik.

g. Penyiraman
Kandungan air dari media tanam perlu diperhatikan dengan seksama agar anggrek golden shower subur dan berbunga. Saat cuaca panas sebaiknya penyiraman dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Namun saat cuaca sedang hujan maka tidak perlu melakukan penyiraman. Kadar air media tanam dan waktu penyiramannya harus benar benar diperhatikan. Waktu yang baik untuk penyiraman adalah sekitar pukul 7.00 – 9.00 pagi dan sore pukul 3.00 – 5.00.

h. Pengendalian hama penyakit
Mengamati pertumbuhan anggrek golden shower merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi hama penyakit. Pantauan yang teliti tentu akan memudahkan anda melihat apakah anggrek yang ditanam terkena hama penyakit atau tidak. Bersihkan kotoran yang melekat pada anggrek. Gunakan insektisida jika anggrek diserang hama. Jika terkena jamur maka aplikasikan dengan fungisida. Namun, jika terkena bakteri yang menghambat pertumbuhannya maka aplikasikan dengan bakterisida.

i. Penyusunan
Susunan rak anggrek golden shower harus pada posisi datar dengan ketinggian sekitar 1 meter. Jangan meletakkan anggrek golden shower secara berjenjang agar sirkulasi udara tetap normal.

j. Rumah lindung
Intensitas cahaya untuk bunga anggrek di dalam rumah harus diperhatikan, yaitu sekitar 60-70%. Sebaiknya, rumah lindung anggrek diberi paranet untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk.

k. Kedisiplinan
Bunga anggrek golden showe sebagai tanaman hias yang dapat dengan cepat berbunga membutuhkan kedisiplinan tinggi dalam memperhatikan setiap detail dalam perawatannya. Bunga ini harus dipantau setiap hari. Jika tidak disiplin dan merawatnya asal asalan, tentu saja bunga anggrek golden shower akan sangat lambat berbunga.

Memelihara anggrek golden shower memiliki seni tersendiri. Memang tidak mudah Merawat Anggrek Golden Shower Agar Subur dan Berbunga, ada banyak faktor yang harus dipelajari lebih lanjut. Namun, dengan dasar dasar perwatan yang sudah diuraikan di atas, anda dapat merawat anggrek dengan baik.

Related Posts

Add Comment