Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat BerbungaBagi anda  yang memelihara bunga anggrek, tentu anda ingin bunga anggrek anda agar cepat berbunga. Terkadang pemilik anggrek sering mengeluhkan bunga anggrek yang dia milik tidak kuncung berbunga. Hal itu kemungkinan dikarenakan cara merawat yang ia lakukan salah. Membungakan anggrek itu tidaklah sulit jika tahu cara merawatnya. Setiap genus anggrek memiliki cara tersendiri agar cepat berbunganya. Berikut kami jabarkan Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga :

  1. Anggrek Cattleya
    Membungakan anggrek Cattleya itu mudah. Kuncinya pastikan kondisi tanaman tumbuh normal dan sehat. Berikan pupuk dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti simoniz dan Gaviota.Pemberian pupuk dilakukan satu minggu sekali, lalu dijeda dengan pemberian pupuk daun. Dosisnya sesuai aturan yang ada di label.
  2. Anggrek Dendrobium
    Pemilihan pupuk sangat penting agar anggrek Dendrobium cepat berbunga. Sebaiknya, Dendrobium diberikan pupuk yang mengandung P (Fosfor) dan K (Kalium) tinggi. Berikan pupuk tersebut satu minggu sekali sesuai dengan dosis. Supaya efektif, pupuk disemprotkan ke bawah permukaan daun pada pukul 7.00-9.00. Selanjutnya letakkan anggrek ditempat berintensitas cahaya matahari berkisar 55-65% dan suhu lingkungan berkisar 28-32 C untuk memicu agar anggrek cepat berbunga.
  3. Anggrek Oncidium
    Untuk merangsang anggrek Oncidium rajin berbunga, pembudidaya harus melakukan pemupukan dua minggu sekali, dengan takaran sesuai dengan anjuran kemasan pupuk. Sebenarnya pemupukan bisa juga dilakukan seminggu sekali tapi takaran pupuk yang diberikan hanya separuknya. Pupuk yang digunakan adalah pupuk majemuk dengan unsur utama NPK. Tanaman dewasa anggrek Oncidium memerlukan pupuk berunsur P dan K lebih banyak daripada unsur N sedangkan tanaman muda memerlukan unsur N yang lebih banyak.
  4. Anggrek Phalaenopsis
    Untuk membuat anggrek Phalanopsis agar cepat berbunga berikan bunga anggrek bulan unsur N,P dan K saat masih muda dan saat memasuki umur dewasa berikan pupuk unsur P tinggi. Berikan pupuk seminggu sekali.
  5. Anggrek Vanda
    Anggrek Vanda juga membutuhkan pemupukan yang optimum untuk membuatnya cepat berbunga. Waktu pemupukan anggrek vanda sebaiknya dilakukan pada pukul 09.00 atau pukul 15.00-16.00 karena di waktu tersebut kelembapan udara cukup tinggi sehingga proses penyerapan unsur hara menjadi lebih efektif. Tanaman anggrek canda ini termasuk jenis tanaman yang membutuhkan kelembapan tiggi. Kelembapan yang dibutuhkan sekitar 70-85%. Pasalnya anggrek Vanda tidak memiliki umbi semu sehingga kemampuannya dalam menyimpan air sangat terbatas.

Itulah Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga, selamat mencoba semoga bunga andrek anda bisa cepat berbunga dan menjadikan rumah anda lebih berwarna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *