Cara Merawat Bunga Bougenville Agar Berbunga Lebat

36 views

BougenvilleCara Merawat Bunga Bougenville Agar Berbunga Lebat – Membuat bunga bougenville berbunga secara terus menerus dan lebat tentu akan menjadikan tanaman bunga kertas ini menjadi terlihat indah dan menarik. Dalam perawatan bunga bougenville agar bisa berbunga lebat anda harus memperhatikan 6 hal yaitu

Pencahayaan yang cukup

Bougenville sangat menyukai cahaya matahari. Jika anda menanam dipekarangan atau taman rumah, pastikan letaknya memungkinkan cahaya matahari menyinarinya sepanjang hari. Jika kekurangan cahaya, bunga bougenville enggan berbunga.

Tempat menanam

Agar bunga bougenville berbunga lebat, sebaiknya di tanam di dalam wadah yang memadahi, seperti pot, bak atau wadah lainnya. Penanaman seperti ini akan membatasi pertumbuhan akar sehingga bunganya tumbuh dengan mekar.

Dengan media tumbuh yang terbatas, pemupukannya pun jadi lebih terkontrol. Jika anda ingin menanamnya di taman rumah anda, bougenville dalam wadah tersebut bisa langsung ditanamkan di dalam tanah berserta wadahnya.

Penyiraman yang cukup

Bunga bougenville mungkin termasuk salah satu tanaman hias yang tidak perlu penyiraman air terlalu banyak, terutama jika anda mengharapkan bunganya muncul lebat. Pengurangan penyiraman dapat merangsang tanaman bougenville untuk berbunga. Idealnya, untuk mendapatkan bunga bougenville yang bertebaran maka tanaman bougenville cukup disisram 2 hari sekali.

Pemupukan

Pemupukan adalah salah satu cara merawat bunga bougenville agar berbunga lebat. Pemupukan normalnya dapat dilakukan dengan pupuk kandang atau NPK dengan dosis 1 sendok makan setiap sebulan sekali. Namun, untuk merangsang pertumbuhan bunganya, perlu dilakukan pemupukan dengan takaran 1 sendok teh TSP per media tanam.

Pemangkasan teratur

Bunga bougenville akan lebih sering berbunga dengan mekar jika anda rajin memangkas ranting ranting tanaman tersebut secara teratur. Jangan biarkan bunga bougenville anda dipenuhi dedaunan karena akan membuatnya malas berbunga. Pemangkasan dilakukan pada cabang, ranting dan daun seperlunya saja. Sebaiknya, saat memangkas tetap memperhatikan asepek estetika tanaman. Selain bunganya tumbuh lebat, keindahan percabangannya juga bisa kita nikmati.

Tips agar berbunga warna warni

Bunga bougenville yang menjadi trend saat ini adalah bunga bougenville yang perbungaanya berwarna warni pada satu tanaman. Untuk menciptakan bunga bougenville seperti itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada teknik mudah yang dapat anda pelajari.

Tekniknya adalah dengan mencoba menyambungkanpucuk pucuk bougenville dari spesies lain ke batang tanaman bougenville yang telah berusia dewasa. Biarkan pucuk pucuk bougenville tersebut tumbuh dan menyatu dengan batang pokok utama. Hasilnya, dalam satu tanaman bunga bougenville terdapat berbagai pucuk spesies bougenville yang memiliki bunga dengan warna yang berbeda beda.

Menanam bunga bougenville memang cukup mudah. Namun, untuk mendapatkan bunga bougenville yang berbunga banyak dan lebat tiak mudah. Dengan cara cara merawat bunga bougenville yang telah diuraikan di atas, diharapkan bunga bougenville anda akan selalu memunculkan keelokan bunga yang berwarna warni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *