Cara Pemupukan Cabe Merah Versi Balihorti Lembang

Cara Pemupukan Cabe Merah Versi Balihorti Lembang

Berikut cara pemupukan cabe merah di balihorti (Balai penelitian holtikultura) lembang, bandung, jawa barat. Total pemupukan tanaman cabe merah seluas satu hektar adalah 500 kg ZA, 90 kg urea, 125 kg TSP, 100 kg KCL dan 30 ton pupuk kandang. Berikut cara pemupukannya.

  1. Saat tanam
    Pada saat tanam, diberi 200 kg ZA, 40 kg urea, 125 kg TSP, 50 kg KCL dan 30 ton pupuk kandang. Pupuk kandang dan pupuk TSP diberikan sekaligus pada saat tanam, sedangkan pupuk lainnya diberikan secara bertahap. Cara pemberiannya adalah sebagai berikut:

– Diawali dengan pembuatan lubang tanam
– Pupuk kandang dimasukkan ke dalam lubang tanam
– Setiap lubang tanam dimasukkan 0,5-0,9 kg pupuk kandang (tergantung jarak tanamnya). Semakin lebar jarak tanamnya maka pemberiannya lebih banyak. Begitu pula sebaliknya, semakin semput jarak tanamnya maka pemberiannya lebih sedikit.
– Diatas pupuk kandang ditaburi sedikit tanah cangkulan dari lahan tersebut
– Setiap lubang tanam dimasukkan campuran 6,25 g pupuk ZA, 1,25 g urea, 4 g TSP dan 125 g KCl.
– Di atas campuran pupuk ditaburi dengan tanah galian.
– Setelah itu, lahan disiram air, kemudian keesokan harinya cabe ditanam di lubang tanam tersebut.

  1. Tanaman berumur empat minggu
    Setelah empat minggu atau 30 hari setelah tanam (30 HST), tanaman perlu diberi pupuk. Untuk setiap hektar areal pertanaman membutuhkan 200 kg ZA, 40 kg urea dan 50 kg KCl. Sebelum pemupukan, tanah guludan disekitar tanaman disiangi dulu. Setelah itu, tanah guludan dibuatkan tugal atau lubang (sekitar 10 cm dari tanaman). Selanjutnya, campuran pupuk tersebut dimasukkan ke dalam tugal atau lubang. Untuk takaran per lubang adalah 6,25 g ZA, 1,25 g urea dan 1,5 g KCl. Kemudian diatas pupuk tersebut ditaburi tanah setipis mungkin.
  2. Tanaman cabe beurumur tujuh minggu
    Pada saat tanaman cabe berumur tujuh minggu atau 49 hari setelah di tanam, tanaman di beri 100 kg pupuk ZA dan 10 kg urea. Cara pemberiannya sama seperti pemupukan pada saat cabe berumur empat minggu. Perbedaannya ada pada takaran pupuk untuk tiap tanaman atau per lubang tanam. Disini per lubang tanam atau pertanaman adalah 3,125 g ZA dan 0,3 g urea. Setelah pemupukan ini, tanaman diberi pupuk tambahan berupa pupuk daun dan zat pengatur tumbuh. Cara pemberiannya adalah dengan disemprotkan langsung ke tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *