Cara Pemupukan Tanaman Cabe Merah Berdasarkan Kondisi Alam

Tanaman CabeCara Pemupukan Tanaman Cabe Merah Berdasarkan Kondisi Alam

Tentang cara pemupukan tanaman cabe merah, ada beberapa catatan yang perlu anda perhatikan yaitu pupuk harus disesuaikan dengan kondisi alam yang ada di sekitar lahan pertanaman cabe. Salah strategi dalam pemupukan bisa saja tidak membantu pertumbuhan dan justru dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabe.

Curah hujan merupakan faktor kondisi alam yang sangat mempengaruhi intensitas pemupukan. Hal ini terkait dengan besarnya curah hujan pada suatu daerah. Daerah yang bercurah hujan tinggi dianjurkan untuk lebih banyak melakukan pemupukan dibandingkan dengan daerah yang bercurah hujan rendah.

Daerah yang curah hujannya tinggi, dianjurkan frekuensi pemupukan lebih sering dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar selang waktu pemupukan dibuat lebih pendek saat musim hujan tiba. Meskipun frekuensinya berbeda, takaran pupuk selama satu periode tanam tetap sama. Jadi takaran total pupuk selama satu periode tanam dibagi merata dengan jumlah frekuensi pemupukan selama satu periode tanam.

Untuk daerah kering yang curah hujannya rendah dan musim hujannya hanya sebentar, dianjurkan pemupukan dilakukan 1-2 kali di musim kering dan 2-4 kali di musim hujan. Bila daerah ini memiliki pengairan yang baik sehingga tanaman tidak pernah kekurangan air maka pemupukan dapat dilakukan seperti cara pemupukan pada umumnya.

Pemupukan di daerah kering didasarkan pada daerah yang tidak memiliki pengairan yang baik sehingga kandungan air dalam tanah sangat sedikit. Dalam kondisi ini pemberian pupuk sangat beresiko. Perlu diingat, pada umumnya pupuk bersifat menghisap air. Padahal tanah yang kering hanya sedikit mengandung air sehingga pemupukan bisa mengakibatkan tanah kekurangan air. Oleh karena kekurangan air, akar tanaman pun tidak mampu menghisap unsur hara dalam tanah. Sementara itu,air memiliki fungsi penting bagi tanaman. Pemberian pupuk pada tanah yang kekurangan air sangat merugikan tanaman cabe dan bisa saja justru menyebabkan kematian. Untuk mengatasi hal ini, pemberian air secara rutin pada daerah kering sangat baik dilakukan. Terlebih jika dibuatkan pengairan yang mengelilingi lahan pertanaman cabe.

Itulah sedikit catatan tentang pemupukan tanaman cabe merah, semoga artikel ini dapat membantu anda dan menambah wawasan. Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar di bawah ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *