Cara Pengendalian Hama Tungau Merah ,  Kumbang , Tikus dan Nematoda pada Tanaman Cabe

Cara Pengendalian Hama Tungau Merah ,  Kumbang , Tikus dan Nematoda pada Tanaman Cabe

Pengendalian Hama Tuggau Merah

Tunggau merah dewasa termasuk hama yang cukup rakus menghisap cairan tanaman sehingga mampu membuat kerusakan hebat secara tiba tiba. Tungau merah juga berpotensi sebagai vektor penyakit virus.

Tungau merah dapat menyebabkan kerusakan pada daun, pucuk dan tunas muda. Bagian yang diserang akan tumbuh tidak normal yang dikuti dengan terjadinya perubahan warna. Selanjutnya daun akan mengerupuk dan menggeriting.

Tanda tanda adanya tungau merah pada daun biasanya tampk dari titik yang sangat kecil berwarna merah, kuning atau keputihan. Titik titik ini akan tampak bergerak lambat di bawah lindungan sejenis benang sangat halus. Titik titik inilah yang merupakan tungau tersebut. Titik yang berwarna merah merupakan tungau dewasa, sedangkan yang berwwarna kuning atau putih merupakan tungau muda atau telur yang belum menetas.

Tungau juga cenderung melakukan serangan menganas saat musim kering atau suhu cukup tinggi. Umumnya hama hama penyebab daun keriting sangat peka dengan curah hujan tinggi dan kelembapan tinggi (diatas 70-80%)

 

Untuk mengendalikan dan memberantas tungau merah ini dapat dicoba dengan menggunakan pestisida Applaud, Marshal atau Omite. Pestisida Marshal (Karbosulfan 200,11 g/l) merupakan insektisida sistemik yang merupakan racun kontak dan lambung, insektisida ini juga menyerang thrips dan Myzus, Insektisida Omite merupakan akarisida racun kontak selain untuk pengendalian hama tungau merah juga mampu memberantas hama tungau jenis lainnya sedangkan applaud merupakan insektisida khusus untuk tungau merah

Pengendalian Hama Kumbang

Jenis kumbang yang menyerang tanaman cabe biasanya adalah flea beetles. Kumbang dewasa tidak langsung menyerang tanaman, melainkan larvanya yang tinggal di dalam tanah yang sering menyerang akar tanaman. Untuk mengendalikan kumbang ini dapat di coba dengan insektisida yang ditaburkan di tanah. Karena telur hama kumbang sering diletakkan di dalam tanah sebelum menetas menjadi larva, pengendalian sederhana juga dapat dilakukan dengan sering melakukan pengairan disekitar tanaman. Cara ini cukup ampuh karena tidak akan memberikan kesempatan telur untuk menetas.

Pengendalian Hama Nematoda

Nematoda yang lebih dikenal dengan cacing dapat mengganggu pertumbuhan tanamn cabe. Untuk mengendalikan serangan hama ini dapat digukanakan nematisida yang penggunaannya ditaburkan ke tanah.

Pengendalian Hama Tikus

Hama lain yang sering mengganggu tanamn cabe adalah tikus. Tikus ini memangsa batang maupun buahtanaman cabe. Untuk mengendalikannya dapat dicoba dengan penggunaan rodentisida diphacin 110, klerat atau Racumin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *