Cara Pengolahan Tanah Untuk Tanaman Cabe Versi Petani Bobotsari (Purbalingga)

Cara Pengolahan Tanah Untuk Tanaman Cabe Versi Petani Bobotsari (Purbalingga)Cara Pengolahan Tanah Untuk Tanaman Cabe Versi Petani Bobotsari (Purbalingga)

Petani di bobotsari umumnya menanam cabe rawit, cabai besar (khususnya cabe taian atau cabe hot beauty) dan tanaman palawijaya. Pengolahan tanah dan pemberian pupuk dasarnya agak berbeda dengan cara pengolahan tanah untuk tanaman cabe di Indramayu maupun pengolahan tanah untuk tanaman cabe  di brebes.

Pengolahan tanah diawali dengan pembajakan. Pada saat bersamaan, dibuat bedengan dengan lebar 120 cm dan panjang mengikuti keadaan lahan. Bedengan ini dibuat dengan arah timur ke barat. Selain bedengan juga dibuat saluran air antar bedengan dengan lebar 70 cm dan kedalaman 20 cm. Setelah itu, bedengan diberi pupuk kandang atau kompos dengan dosis 150 kg untuk setiap 10 m panjang bedengan. Pupuk kandang atau kompos diaduk aduk agar bercampur dengan tanah yang sudah dibajak. Selanjutnya lahan dibiarkan terpanggang matahari selama satu minggu.

Setelah melewati masa tersebut, tanah adukan diberi kapur pertanian atau dolomit dengan dosis 3-4 ons/m2. Dolomit dan tanah diaduk hingga tercampur merata, kemudian dibiarkan selama satu minggu.

Setelah perlakuan tersebut, pemupukan dasar dapat dilakukan. Jenis pupuk dasar yang digunakan adalah ZA, TSP, KCL dan KNO3 dengan perbandingan 12 atau 8 ZA : 8 TSP : 4 KCL : 1 KNOS3. Pupuk tersebut dicampur merata, kemudian dari campuran ini diambil 3-4 ons untuk dicampurkan merata di atas tanah. Setelah ditaburkan merata pupuk dan tanah diaduk hingga tercampur.

Pengolahan tanah versi petani bobotsari ini sangat baik jika anda ingin menanam tanaman cabe rawit. Pupuk anorganik dapat juga diganti dengan pupuk organik sehingga tanaman cabe anda menjadi cabe organik sehingga dapat meningkatkan harga jualnya.

Jika anda ingin mengganti pupuk kimia menjadi organik carilah pupuk organik cair yang memang dikhususkan untuk cabe.  Anda dapat menggunakan pupuk kandang + pupuk organik cair, untuk komposisi pupuk kandang sama dengan penggunaan pupuk kandang yg dicampur pupuk anorganik. Gunakan takaran pupuk organik cair sesuai dengan takaran yang ada di kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *