Cara Perkembangbiakan Bunga Anggrek

Cara Perkembangbiakan Bunga Anggrek – Proses perkembangbiakan pada tanaman anggrek dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif meliputi proses penyerbukan. Proses penyerbukan itu sendiri bisa dipahami sebagai satu peristiwa dimana serbuk sari jatuh ke kepala putik.

Bisa jadi proses tersebut terjadi karena penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang maupun penyerbukan bastar. Penyerbukan sendiri adalah proses penyerbukan yang terjadi bila benang sari yang jatuh pada kepala putih berasal dari bunga itu sendiri.

Sementara itu, penyerbukan tetangga adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain tetapi masih pada satu pohon. Adapun penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang sejenis tetapi berbeda pohonnya. Sedangkan penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari yang jatuh dikepala putik berasal dari bunga lain yang tidak sejenis.

Sementara itu, perkembangbiakan bunga anggrek dengan cara vegetatif dapat dilakukan denga cara berikut inni.

  1. Stek batang
    Stek batang dapat dilakukan dengan memotong sebagian batang kemudian ditanam pada media yang sudah disiapkan. Biasanya cara ini untuk anggrek anggrek monopodial.
  2. Pemisahan anakan
    Cara ini adalah salah satu yang cukup sering digunakan. Perkembangbiakan vegetatif anggrek dengan cara ini biasanya keberhasilannya lebih tinggi, selain itu juga lebih cepat berbunga. Sayangnya, sulit untuk menghasilkan anakan baru, secara massal sebab tunas atau anakan anggrek terbatas.
  3. Keki
    Keki adalah anakan yang tumbuh liar, biasanya diujung bulb tumbuh anggrek dewasa. Keki dalam bahasa hawaii berarti “bayi”. Keki terbentuk jika media sudah terlalu padat atau sudah lama tidak diganti. Keki yang siap dipisahkan adalah keki yang sudah memiliki akar cukup banyak.
    Pemisahan dengan cara memotong keki dengan mengikut sertakan sebagian pseudobulb sebagai cadangan makanan keki sampai benar benar bisa memenuhi kebutuhan makannya sendiri. Untuk lebih baiknya, keki yang sudah dipindahkan sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh dulu sampai tumbuh bulb baru.
  4. Kultur Jaringan
    Perbanyakan dengan sistem kultur jaringan hanya memerlukan sedikit. Jaringan tanaman yang akan dikultur. Dengan sedikit jaringan itu bisa diperoleh bibit anggrek yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan. Kelemahannya hanya perlu modal yang besar untuk menggunakan sistem ini. Sehingga tidak heran jika cara ini hanya dilakukan oleh nursery besar yang besar besar serius memproduksi anggrek.

Rata rata, anggrek adalah jenis tanaman hias yang kecepatan pertumbuhannya sangat bergantung dari faktor faktor, seperti jenis anggrek itu sendiri dan lingkungan anggrek tersebut. Adapun faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek adalah faktor genetik atau jenis anggrek.

Anggrek alam merupakan jenis anggrek yang pertumbuhan dan proses pembungaanya relatif lebih lambat tanpa adanya perlakukan perawatan khusus. Beda halnya dengan anggrek silangan seperti anggrek golden shower yang pertumbuhan dan pembungaanya lebih cepat.

Related Posts

Add Comment