Cara Perkembangbiakan Tanaman Anggrek dengan Mudah

Nusabudidaya- Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang paling digandrungi banyak orang khususnya di Indonesia. Jenis tanaman hias yang tampil dengan corak dan bentuk yang beragam ini merupakan salah satu tanaman potong yang bisa bertahan cukup lama. Nah, sama layaknya tanaman jenis lainnya, tanaman ini juga peru dibudidayakan melalui perkembangbiakan tanaman anggrek yang baik dan besar. Hal ini dimaskudkan supaya ekosistem tanaman anggrek semakin berkembang dengan kemunculan variates-variates lainnya yang semakin beragam

Secara umum cara pembudidayaan tanaman anggrek ini terbagi atas dua cara yaitu perkembangan generatif dan perkembangan vegetatif. Penasaran kan bagaimana caranya tanaman ini berkembangbiak? Oleh sebab itu langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai cara perkembangbiakan tanaman anggrek. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Cara Budidaya Tanaman Anggrek dengan Mudah dan Praktis

  1. Cara perkembangan generatif

Cara budidaya tanaman anggrek secara generatif ini dilakukan melalui bijinya, nah untuk mendapatkan biji tersebut bisa melakukan persilangan terlebih dahulu pada induk anggrek yang kemudian Anda bisa menumbuhkan biji anggrek menggunakan beberapa larutan kimia seperti kalsium nitrat, magnesium sulfat, monobasicpotasoum fosfat, ammonium sulfat dan beberapa senyawa lainnya. Namun, jika tak mau repot menyiapkan beberapa larutan peralatan, Anda bisa membawa biji anggrek tersebut ke jasa laboraturium tanaman anggrek.

Umumnya untuk membentuk biji tanaman anggrek menjadi bibit anggrek membutuhkan waktu yang relatif lama, sebab masa pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh cendawan mikoriza yang notabene cendawan mikoriza inilah yang menyuplay pakan untuk biji anggrek guna melangsungkan hidupnya melalui sisa-sisa makanan yang didapat oleh cendawan mikoriza. Meskipun demikian, ada beberapa jenis tanaman anggrek yang tak membutuhkan waktu lama untuk berubah menjadi bibit unggul yang nantinya bisa langsung tumbuh di media-media kecil dalam botol.

  1. Cara perkembangan vegetatif

Langkah pembudidayaan tanaman anggrek secara vegetatif ini dilakukan dengan cara mengambil sedikit bagian dari tanaman lalu ditanam jauh dari induknya melalui kultur jaringan, pemisahan rumpun, pencangkokan dan keiki. Meskipun tumbuh pada tempat yang jauh, umumnya cara perkembangan tanaman anggrek secara vegeratif ini banyak menghasilkan sifat yang sama dengan induknya. Ada sedikit perbedaan ukuran dan bentuk dari bunga yang dihasilkan. Perbedaan ini biasanya dipengaruhi karena faktor eksternal seperti proses pemupukan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam proses pengambilan bagian dari tanaman anggrek, seperti pemisahan rumpun, menggunakan steak, menggunakan keiki, hingga kultur jaringan. Sebelum memilih cara pengambilan bagian tubuh tanaman anggrek perlulah Anda mengetahui terlebih dahulu jenis tanaman anggrek yang ingin dibudidayakan, sebab jenis anggrek juga akan mempengaruhi proses pengambilan bagian dari tumbuhan anggrek.

Demikianlah ulasan mengenai cara perkembangbiakan tanaman anggrek yang bisa Anda coba di rumah guna membudidayakan kelestarian berbagai macam jenis anggrek yang notabene tanaman asli Indonesia ini semakin langka. Selamat mencoba dan semoga tips diatas bermanfaat untuk kalian semua.

Related Posts

Add Comment