Cara Ternak Jalak Suren Bagi Pemula

Usaha ternak jalak suren bagi pemula, terhitung sangat menjanjikan. Salah satu sebabnya dikarenakan harga jualnya yang cukup tinggi. Harga tersebut tergantung dari mana burung tersebut diperoleh. Jika didapatkan dari hasil tangkapan hutan, harga per ekornya sekitar Rp 300.000 – 450.000, sedangkan harga jalan suren hasil ternak sekitar Rp 500.000 – 1.500.000 per ekor.

Pendahuluan

Jalak suren (Sturnus contra) yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Pied myna atau Asian pied starling, merupakan burung yang termasuk ke dalam keluarga Sturnidae yang habitatnya dapat ditemukan di tepian sungai, hutan yang dekat sumber mata air dan di kaki perbukitan. Jalak suren, termasuk burung yang populasinya semakin menyusut karena perburuan. Itulah sebabnya harga burung ini cukup tinggi.

Secara alami, burung ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, Asia Selatan dan China. Untuk wilayah Asia Tenggara, jalak suren dapat ditemukan di Indonesia, Bruei, Thailand, Malaysia, Myanmar dan Kamboja. Sedangkan, untuk wilayah Asia Selatan, ia dapat ditemukan di India, Bangladesh dan Nepal. Di Indonesia, secara alami jarak suren dapat ditemukan hidup di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali dan daerah sekitarnya.

Menurut ahli biologi lulusan UGM, Adi Nugroho, Klasifikasi burung jarak duren adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Passeriformes
Famili : Sturnidae
Genus : Sturnus
Spesies : S. contra

Jarak suren terdiri atas berbagai jenis, perbedaannya dapat dilihat pada postur tubuh, kicauan serta habitat asalnya. Adapun jenis-jenis jalak suren yang terdapat di Indonesia di antaranya adalah jalak suren jawa, kalimantan dan sumatera.

Kandang Ternak Jarak Suren

Cara ternak jarak suren yang pertama kali harus anda lakukan adalah menyiapkan kandang yang baik. Kandang yang baik bagi burung ini ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :

1. Bahan yang digunakan

Bahan yang baik untuk kandang jalak suren adalah bahan yang kuat dan tidak mudah lapuk. Bahan kandang yang baik untuk dijadikan kandang jalak suren antara lain kayu jati atau kayu yang keras da kuat atau bisa menggunakan ram kawat yang kuat dan tebal.

2. Tujuan pembuatan kandang

Pembuatan kandang untuk ternak jalak suren memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jenis kandang jalak suren berdasarkan tujuan pembuatannya adalah :

a. Kandang reproduksi

Sesuai namanya, kandang reproduksi memiliki fungsi sebagai tempat reproduksi jalak suren jantan dengan jalak suren betina. Di dalam kandang ini disediakan tempat sarang untuk bertelur dan mengerami telur. Tempat sarang dapat dibuat dari papan kayu yang dibentuk persegi panjang maupun persegi sama sisi. Di dalam tempat sarang diberi rerumputan kering, daun pinus kering dan ijuk untuk diadikan sarang tempat meletakkan telur. Sebarkan juga dedaunan atau rerumputan kering di kandang. Jika induk betina akan bertelur, ia akan memungut dedaunan kering tersebut dan dibawa ke kotak sarang untuk dibuat sarang. Sediakan pula bak air untuk tempat mandi karena jalak suren sangat suka mandi. Ukuran kandang reproduksi dapat disesuaikan dengan lahan yang dimiliki, namun tetap harus memperhatikan tingkat kenyamanan indukan. Dalam kandang reproduksi hanya diisi sepasang burung.

b. Kandang pembesaran

Kandang ini berfungsi untuk membesarkan anakan jalan suren yang sudah disapih dari induknya atau yang diloloh. Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah anakan jalan suren yang dimiliki. Untuk anakan yang masih diloloh manusia, kandang pembesaran berupa inkubator dengan lampu penghangat agar anakan jalak suren merasa nyaman.

c. Kandang pendewasaan

Kandang pendewasaan memiliki fungsi untuk menempatkan jalak suren remaja hingga dewasa yang siap bereproduksi. Kandang ini dapat berisi seekor burung jalak suren remaja maupun lebih, sehingga ukuran kandang pendewasaan disesuaikan dengan jumlah anakan jalak suren yang dimiliki.

Pakan Ternak Jalak Suren

Karena termasuk burung omnivora, pakan bagi jalak suren cukup mudah didapat di pasar tradisional dengan harga yang murah. Pakan nabati yang bisa diberikan antara lain :

  1. Tomat
  2. Pepaya
  3. Pisang

Sedangkan, pakan hewani yang baik bagi burung ini, antara lain :

  1. Jangkrik
  2. Ulat bambu
  3. Siput
  4. Cacing
  5. Orong-orong
  6. Ulat hongkong
  7. Kroto
  8. Belalang

Selain pakan alami, jalak suren perlu diberi voer agar nutrisi yang dibutuhkannya dapat terpenuh dengan baik.

Seleksi Induk

Tahap selanjutnya untuk ternak jalak suren adalah seleksi calon indukan yang akan digunakan. Dengan induk yang berkualitas maka hasil ternak anda akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula, sehingga nilai jualnya tinggi. Calon induk jalan suren betina siap kawin setelah berumur 12 bulan, sedangkan untuk induk jantan setelah berumur 18 bulan hingga 2 tahun.

Cara membedakan calon induk jantan dan betina dapat dilihat di bagian duburnya. Jika dubur berwarna hitam berarti ia merupakan pejantan dan apabila duburnya berwarna kemerahan berarti burung tersebut merupakan betina. Setelah mengetahui perbedaan jalak suren jantan dan betina, langkah selanjutnya adalah melakukan seleksi calon induk jalak suren untuk mendapatkan induk yang berkualitas. Adapun induk yang berkualitas memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Matanya bersih
  2. Lincah dan aktif
  3. Bulunya bersih dan tidak rontok
  4. Rajin berkicau
  5. Tubuhnya normal dan tidak cacat
  6. Memiliki nafsu makan yang baik

Proses Reproduksi

Jalak suren yang sudah siap dikawinkan adalah jalak suren yang sudah berumur 12 bulan untuk calon induk betina, sedangkan calon induk jantan yang sudah berumur 18 bulan hingga umur 2 tahun. Cara menjodohkan calon indukan ini ada dua, yaitu :

  1. Perjodohan dengan sistem koloni
    Perjodohan sistem koloni dilakukan sejak remaja dengan jumlah burung yang cukup banyak. Ketika jalak suren sudah dewasa, ia akan memilih sendiri jodohnya.
  2. Perjodohan langsung
    Pada perjodohan langsung, induk jantan dan betina ditempatkan pada sangkar yang berbeda, kemudian diletakkan berdekatan agar keduanya saling mengenal. Masa pengenalan kedua calon induk ini berlangsung 3-9 hari. Jika kedua jalak suren itu mau saling berdekatan, berkicau sahut-menyahut, dapat diprediksi bahwa keduanya sudah dapat dijodohkan dengan dimasukkan ke dalam kandang reproduksi. Awalnya perlu dilakukan pengawasan yang intensif karena kalau keduanya tidak mau berjodoh atau mengalami stres maka meraka akan berkelahi

Setelah berjodoh pada kandang penangkaran, induk jantan dan betina akan berkembang biak dan beberapa hari kemudian akan membuat sarang dan bertelur. Setelah bertelur, induk betina akan mengerami telurnya hingga menetas, kemudian menyuapi anaknya. Pada umur 1 minggu anakan jalak suren dapat mulai disapih dengan dimasukkan ke kandang khusus anakan yang biasa disebut inkubator. Pada umur itu, anakan jalan suren perlu diloloh menggunakan alat suntuk dengan jarumnya diganti pentil sepeda. Diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam merawat dan meloloh anakan jalak suren. Setelah dapat makan sendiri dan berkembang, berikan pakan yang mengandung protein tinggi seperti voer ataupun pakan alami berupa ulat hongkong, cacing tanah, kroto, jangkrik maupun belalang. Berikan vitamin pada minumannya agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Cara Memaster Burung Jalak Suren

Memaster burung jalak suren dengan burung lain adalah kegiatan melatih burung anakan atau remaja agar dapat menirukan kicauan burung lain yang dijadikan master. Umur yang baik untuk mulai dimaster adalahh sekitar 75 hari hingga 4 bulan.

Ada dua metode latihan untuk memaster burung jarak suren, antara lain :

  1. Menggunakan kaset atau Mp3 rekaman suara burung master, yaitu dengan memutar rekaman suara burung master untuk burung jarak suren anda. Lakukan pemutaran Mp3 burung master sesering mungkin setiap hari secara intensif dan berkelanjutan hingga burung anda mampu menirukan suara burung master di Mp3 itu. Waktu yang baik untuk memasterkan burung jalak suren adalah pagi dan sore hari.
  2. Mendengarkan suara burung yang akan dimasterkan. Caranya dengan mendekatkan sangkar yang berisi burung yang akan diadikan master dengan sangkar yang berisi burung jalak suren yang siap untuk dimaster. Waktu yang baik untuk pemasteran adalah pagi dan sore hari. Lakukan pemasteran secara intensif dan berkelanjutan hingga jalak suren mampu menirukan kicauan burung yang dijadikan master.

Panen

Panen ternak jalan suren dapat dilakukan sesuai keinginan anda. Anda dapat mulai menjual anakan yang masih dioloh berumur sekitar 2 minggu atau jalan suren dewasa gacor berumur diatas 4 bulan. Tentunya ada setiap pilihan tersebut ada plus minusnya, misalnya menjual anakan yang masih kecil harga jualnya lebih rendah tetapi anda tidak perlu membesarkan dan memaster jalak suren yang akan dijual.

Analisa Usaha Ternak Jarak Suren

Untuk meyakinkan anda bahwa usaha ternak jarak suren merupakan salah satu budidaya yang menguntungkan. Saya akan menyajikan analisa usaha ternak jalak suren dengan panen anakan yang berumur 1 bulan dengan sepuluh pasang indukan.

Biaya Investasi

  • Pembuatan kandang Rp 3.000.000
  • Pembelian induk jalak suren 10 pasang @Rp 1.200.000 = Rp 12.000.000
    Total biaya investasi = Rp 15.000.000

Biaya Operasional

  • Pakan Rp 2.000.000
  • Biaya obat dan lain lain  Rp 500.000
    Total = Rp 2.500.000

Pendapatan

Perkiraan panen setelah dua bulan dipelihara, tiap pasang menghasilkan 4 anakan, harga anakan jalak suren umur 1 bulan Rp 350.000 per ekor maka 4 x 10 @Rp 350.000 = Rp 14.000.000

Keuntungan = Pendapatan – Pengeluaran = Rp 14.000.000 – Rp 2.500.000 = Rp 11.500.000

Diperkirakan, dalam 2 kali panen (sekitar 6 bulan) usaha ternak jalak suren sudah dapat balik modal dan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Pada panen ketiga dan seterusnya anda akan mendapatkan keuntungan Rp 11.500.000 dalam sekali panen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *