Cara Ternak Kacer Biar Cepat Bertelur

Apakah anda ingin mencoba menternakan kacer, dan ingin agar cepat bertelur ?

Beternak burung kacer tidaklah mudah, dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Tidak sedikit orang yang gagal dalam usahanya beternak burung ini. Ada yang berhenti padahal baru memulainya dikarenakan indukan yang tidak mau kawin.

Walau begitu yang namanya ternak burung kacer itu sangat menguntungkan terlebih kalau anda bisa membuat burung anda cepat bertelur.

Sebagai dasar beternak burung kacer anda harus dapat memilih indukan yang baik dan mau berjodoh. Sebab menjodohkan kacer apalagi kalau diperoleh dari tempat berbeda itu cukuplah sulit. Agar memudahkan anda sebaiknya yang anda beli indukannya sudah berpasangan saja. Dalam pemilihan indukan yang baik berikut adalah ciri cirinya :

  • Kacer Jantan berumur sekitar 10 bulan dan Kacer betina berumur 1 tahun keatas
  • Bulu kelihatan kering, bersih dan gilap
  • Paruh kelihatan tirus
  • Mata Melotot
  • Aktif lincah bergerak
  • Hasil penangkaran

Nah setelah anda mendapatkan indukan yang berkualitas siapkan kandangnya. Usahakan kandang kacer anda nyaman luas, bersih dan leluasa sehingga meningkatkan kecepatan reproduksi kacer anda. Luas kandang yang rekomendasikan minimal

  • Panjang = 90 cm
  • Lebar = 90 cm
  • Tinggi = 180 cm.

Setelah itu jika anda memiliki indukan kacer yang sudah sepasang anda dapat memasukkan sepasang indukan anda ke kandang. Jika belum diperlukan proses pengenalan tempatkan kacer anda di kandang yang berdekatan selama seminggu baru kemudian anda masukkan ke kandang besar untuk dikawinkan.

Jangan langsung memasukkan indukan anda ke dalam kandang jika indukan anda belum berpasangan. Seringkali salah satu indukan akan mati jika dilakukan hal seperti ini, karena mereka akan saling menyerang. Anda juga dapat memberikan Obat Birdmature ke pada burung anda untuk menambah birahi si burung.

Setelah terjadi perkawinan, Burung anda akan bertelur dengan jumlah sekitar  3 butir. Dan akan menetas selama 14 hari. Burung betina akan melakukan pengeraman sedangkan si jantan hanya akan melihat lihat.

Setelah telur menetas dan berumur 10 hari anda bisa menyapih anakan anda atau anda juga bisa membiarkan indukan anda merawat sementara. Untuk pakan anakan ini berikanlah kroto bersih yang bebas dari kotoran dan bangkai semut.

Jika anda sudah menyapih anakan anda maka dalam waktu 7 hari indukan anda akan bertelur lagi. Jangan lupa berikan birdmature agar meningkatan birahi indukan burung anda.

Bagaimana mudahkan beternak kacer?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *