Ciri Ciri dan Klasifikasi Gastropoda

Gastropoda merupakan kelas dari Mollusca yang terbesar dan populer. Klasifikasi Gastropoda dibagi lagi menjadi 3 ordo yaitu Psosobranchia, Opisthobranchia dan Pulmonata. Ada sekitar 70.000 spesies telah teridentifikasi yang masuk ke dalam kelas ini, 15.000 diantaranya telah menjadi fosil. Oleh karena banyaknya anggota Kelas Gastropoda maka hewan ini mudah ditemukan, tak terkecuali di sekitar rumah anda.

Ciri Ciri Gastropoda

Ciri ciri Gastropoda yang utama adalah mempunyai cangkang dan berbentuk kerucut terpilin (spiral). Cangkang ini digunakannya sebagai rumah yang berfungsi melindungi tubuhnya yang lunak itu. Saat masih berbentuk larva, gastropoda tubuhnya berbentuk simetri bilateral kemudian bentuk tubuhnya tersebut akan menyesuaikan dengan betuk cangkang yang ditempatinya.

Organ pernafasan gastropoda sudah termasuk lumayan maju jika dibandingkan dengan Kelas Amphineura. Gastropoda yang hidup di darat bernafas menggunakan paru-paru sedangkan yang hidupnya di air, sistem penafasannya menggunakan insang. Sistem peredarah darah Gastropoda adalah peredaran darah terbuka, jantung terdiri dari serambi dan bilik (ventrikel) yang terletak di dalam rongga tubuh.

Alat reproduksi jantan dan betinanya menyatu dan disebut dengan ovotestes. Gastropoda merupakan hewan hemaprodit, tetapi fertilasi tidak dapat dilakukannya sendiri (autofertilisasi). Sistem ekskresi yang dimilikinya menggunakan sebuah ginjal yang terletak di dekat paru-paru. Hasil ekskresi tersebut kemudian dikeluarkan ke dalam rongga mantel.

Klasifikasi Gastropoda

Menurut ahli biologi dari Inggris Paul Burtsh, klasifikasi Gastropoda dimasukkan ke dalam Filum Mollusca dan Kingdom Animalia. Kemudian gastropoda diklasifikasikan lagi ke dalam 3 ordo, yaitu sebagai berikut :

Ordo Prosobranchia

Ordo ini merupakan ordo terbesar, beranggotakakan sekitar 30.000 spesies, sebagian besar hidup di laut. Insang terletak dalam rongga mantel sebelah anterior jantung. Visceral hewan ini mengalami pembelitan dan jenis kelamin terpisah. Ordo ini terdiri atas :

Sub Ordo Aspidobranchia

Merupakan Gastropoda primitif, mempunyai 2 insang, 2 aurikel, 2 nefridia. Gonad terbuka sebelah luar melalui sebelah kanan dari nephridia. Terdiri dari 4 famili, yaitu :

  1. Acmeidea
    Hidup di laut, cangkangnya bulat tanpa spiral dengan sebuah insang. Contohnya Acmae testudinalis.
  2. Haliotidae
    Hidup di laut, cangkangnya mempunyai spiral pipih dengan aperture yang besar, mempunyai 2 buah insang, 2 aurikel, 2 nephriadia dan kakinya berukuran sangat besar. Contoh spesiesnya adalah Holiotis rufescens.
  3. Trochidae
    Hewan yang masuk ke dalam famili ini hidupnya di laut, cangkangnya berbentuk spiral dan operkulumnya sepperti tanduk. Contoh spesiesnya Trochus niloticus dan Margarites obscurus.
  4. Hellicinidae
    Hidup di darat khususnya di daerah tropis, cangkangnya berbentuk bulat, operkulumnya kebanyakan oval tetapi ada yang berbentuk triangular, tidak mempunyai dan pernafasannya menggunakan rongga mantel. Contoh spesiesnya Helicina orbiculata.

Sub Ordo Pectinibranchia

Anggota sub ordo ini memiliki 1 aurikulum, insang dan nephridium. Pada insangnya terdapat bulu-bulu insang. Gonad terbuka melalui saluran yang berbeda dengan insang. Sub ordo ini diklasifikasikan ke dalam 9 famili, yaitu :

  1. Capulidae
    Cangkangnya berbentuk spiral kompleks atau tidak berbentk spiral, mempunyai operkulum, kaki besar dan biasanya melekat pada karang. Contoh spesiesnya adalah Crepidula formicata.
  2. Littorinidae
    Ciri ciri famili Gastropoda ini adalah terdapat mata pada dasar tentakel, hidup di air tawar serta cangkangnya berbentuk bulat dan spiral. Contoh spesiesnya adalah Littorina litorea.
  3. Viviparidae
    Hidup di air tawar, bersifat kosmopolitan, cangkangnya bulat dengan operkulum terbuat dari zat tanduk, mata terdapat pada tangkai yang pendek dan mereka bersifat vivipar. Contoh spesiesnya Campeloma ponderosum.
  4. Pleuroceridae
    Merupakan famili Gastropoda yang hidup di perairan air tawar Amerika Utara, mata terdapat pada dasar tentakel, cangkang berbentuk bulat panjang dan mempunyai operkulum. Contoh spesiesna Pleurocera subulare.
  5. Strombidae
    Klasifikasi Gastropoda yang masuk ke dalam famili ini didasarkan pada adanya  cangkang yang besar dan kuat yang mempunyai lengkungan besar dengan bibir melekuk ke luar. Hal itu dibutuhkannya karena mereka hidup di dasar laut. Anggota famili Strombidae ini juga mempunyai kaki yang panjang. Contoh spesiesnya Strombus gigas.
  6. Cymatiidae
    Terdapat di laut tropis, cangkang terdiri dari zat tanduk. Contohnya adalah Charonia nodifera.
  7. Eulimidae
    Bercangkang panjang, kakinya panjang dan merupakan parasit.Contohnya Stylifer stimpsoni.
  8. Murcidae
    Cangkangnya kasar dengan bahan-bahan protuberan, mempunyai gigi sentral, sebagian besar hidup di daerah tropis dan kebanyakan memakan Mollusca lain yang lebih kecil. Contohnya Urosalpinx cinereus.
  9. Buccinidae
    Hidup di laut dan di negara-negara eropa merupakan salah satu jenis makanan yang disukai. Contohnya Buccinum undatum.

Ordo Opisthobranchia

Anggota Gastropoda yang diklasifikasikan ke dalam ordo ini hidup di laut dan memiliki cangkang yang kecil. Walau hidupnya di laut kebanyakan dari mereka tidak memiliki insang, bilapun ada terletak di belakang jantung. Ciri lainnya adalah Visceral membeli dan bersifat hemaprodit. Terdiri atas 2 sub ordo yaitu :

  1. Sub Ordo Tectibranchia
    Biasanya mempunyai cangkang dan insang yang terletak di belakang jantung.
  2. Sub Ordo Nudibranchia
    Hidup di laut dan tidak memiliki cangkang serta kebanyakan tidak memiliki insang.

Ordo Pulmonata

Klasifikasi ordo Gastropoda ini dikelompokkan berdasarkan sifat-sifatnya yang hidup di air tawr atau tanah, tak memiliki insang dimana pernafasan dilakukan melalui rongga mantel, cangkangnya berbentuk sederhana yang spiralnya teratur (kadang-kadang rudimenter). Sebagian anggota ordo ini pada cangkangnya terdapat epipragma. Sebagian besar besifat herbifora walau ada juga sedikit anggota Ordo Pulmonata yang carnivora. Anggota ordo ini ada lebih dari 20.000 spesies. Terdiri dari 2 Subordo yaitu :

Sub Ordo Basommatophora
Angggotanya memiliki ciri-ciri memiliki sepasang tentakelsebagai pembau, sepasang lagi sebagai tangkai mata dan cangkangnya berspral konikal. Hidup sebagai kosmopolitan. Terdiri dari 4 famili yaitu :

  1. Lymnacidae, contoh spesiesnya Lymnea stragnaia.
  2. Physidae, contoh spesiesnya Physa gyrina.
  3. Planorbidae, contoh spesiesnya Planorbis trivolvis
  4. Ancylidae, contoh spesiesnya Ferissia paralletus.

Sub Ordo Stylommatophora

Anggota sub ordo ini biasa dijadikan sebagai pakan ternak. Terdiri atas 5 famili, yaitu :

  1. Achatinidae, contoh spesiesnya Achatina fulica.
  2. Helicidae, contoh spesiesnya Helix pomata.
  3. Endontidae, contoh spesiesnya Anguispira alternata.
  4. Limacidae, contoh spesiesnya Limax maximus.
  5. Philomycidae, contoh spesiesnya Philomycus carolinensis.

Itulah sedikit informasi mengenai Klasifikasi Gastropoda dan ciri – ciri anggota yang masuk di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *