Ciri Ciri, Klasifikasi dan Gambar Bunga Matahari

Ciri Ciri, Klasifikasi dan Gambar Bunga Matahari – Bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang cukup indah dan disukai banyak orang. Bahkan salah satu taman bunga matahari di daerah jogja selalu ramai dikunjungi pengunjung yang dalam sehari bisa mencapai ribuan orang. Padahal taman bunga matahari ini luasnya tidak sampai 1 hektar.

Baru baru ini juga telah muncul taman bunga matahari baru yang terletak di kaliurang jogjakarta. Taman ini dikelola oleh staff fakultas biologi ugm yang bernama sumarno. Taman bunga matahari di kaliurang ini terlihat sangat cantik dan indah walau sekarang pengerjaanya belum selesai sepenuhnya. Bagi anda yang terletak di sekitar daerah jogja anda bisa mengunjunginya.  Melihat keindahan taman bunga matahari di suasana kaliurang yang sepi dan sejuk tentu akan sangat menyenangkan.

Bunga matahari bukan merupakan tanaman asli indonesia, tanaman ini berasal dari meksiko. Dan pada abad ke 18 disebarkan oleh orang orang eropa sehingga sekarang bisa menyebar luas dan tumbuh keseluruh dunia. Pada artikel ini akan kami jelaskan sedikit tentang Ciri Ciri, Klasifikasi dan Gambar Bunga Matahari dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Klasifikasi Bunga Matahari

Dalam sistem klasifikasi terbaru, bunga matahari termasuk ke dalam kingdom Plantae, kelas Magnoliopsida, Ordo Asterales serta famili Asteraceae. Bunga matahari termasuk ke dalam genus Helianthus dan dalam sistem klasifikasi disebut sebagai spesies Helianthus annus.

Ciri Ciri Bunga Matahari
Bunga matahari mempunyai ciri ciri bunganya berukuran besar yang dapat mencapai diameter 30 cm, berwarna kuning dan uniknya bunga ini akan selalu menghadap ke arah sinar matahari. Hal inilah yang menyebabkan bunga yang bernama ilmiah Helianthus annus ini disebut sebagai bunga matahari.

Besarnya bunga matahari tergantung dari varietasnya. Karena bunga matahari ini sendiri cukup banyak varietasnya. Secara umum bunga matahari dapat dibedakan ke dalam 2 varietas besar yaitu bunga matahari tepi dan bunga matahari tabung. Bunga tepi adalah bunga matahari yang memiliki bunga yang besar dan berwarna kuning mencolok sedangkan bunga matahari tabung bunganya lebih kecil tetapi menghasilkan biji.

Tinggi tanaman ini dapat mencapai 3 meter dan sistem perakarannya dapat masuk ke dalam tanah hingga kedalaman 4-5 meter. Pada batang bunga ini terdapat bulu bulu halus, batangnya berbentuk bulat serta tumbuh mengangguk. Selain itu bunga matahari mempunyai batang yang basah. Bunga ini juga merupakan tanaman yang tumbuh semusim dan setelah berganti musim akan mati.

Gambar Bunga Matahari

Berikut kami sajikan gambar gambar dari bunga matahari yang sangat indah

Gambar Bunga Matahari

Gambar keindahan bunga matahari

Taman Bunga Matahari Kaliurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *