Ciri-Ciri Kucing Cacingan Dan Penyebabnya

Ketika Anda memiliki kucing peliharaan yang lucu dan imut, pasti tidak ingin kan kucing terkena penyakit cacingan, lebih parahnya lagi kita terkadang juga tidak mengetahui apa saja ciri-ciri kucing cacingan. Karena memang tidak bisa dilihat secara sekilas

Untuk itu Anda sebagai tuan yang baik untuk kucingnya, tentu saja harus rajin mengecek kesehatan si kucing, atau setidaknya tau ciri-ciri kucing yang sedang mengalami cacingan. Sehingga anda dapat mengambil tindakan yang pas dan diperlukan bagi kucing.

Ciri-Ciri Kucing Cacingan dan penyebabnya

Ada beberapa tanda atau ciri-ciri kucing mengalami cacingan dalam tubuhnya, dengan mengetahui ciri-ciri ini diharapkan anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk merawat kucing dengan benar, berikut adalah beberapa ciri-ciri kucing cacingan;

1. Tubuh Kucing mengurus dan memiliki perut buncit
Ciri yang satu memang sedikit aneh dan paradoks, anda melihat tubuh kucing anda kurus namun saat dipegang ternyata kucing Anda memiliki perut yang buncit, nah ini bisa dipastikan kucing Anda mengalami penyakit cacingan dalam tubuhnya.

2. Nafsu makan kucing berkurang ,atau hilang
Ketika Anda mendapati kucing Anda tidak mau makan-makanan kesukaanya, bahkan setelah disodorkan pun kucing tidak mau makan, hanya ada dua kemungkinan, yang pertama kucing sedang sakit, yang kedua adalah cacingan. Ini menjadi masalah tersendiri karena kucing lambat laun akan semakin kurus, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

3. Mencret dan Diare
Ciri-ciri kucing cacingan selanjutnya adalah kucing mengalami gangguan pencernaan, yang berakibat mengalami mencret dan diare. Tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatan kucing. Segera berikan obat khusus kucing, dan jika sakit berlanjut hubungi dokter terdekat.

4. Mengalami muntah-muntah
Muntah-muntah terjadi karena tubuh kucing mengalami gangguan, atau bisa juga merasa kurang nyaman dengan tubuhnya, maupun makanan yang diberikan. Ini menjadi salah satu indikasi kucing anda mengalami cacingan.

5. Ada cacing dan ulat pada kotorannya
Ketika kucing Anda sedang buang hajat, dan Anda mendapati pada kotorannya terlihat ulat atau cacing kecil, bisa dipastikan kucing Anda mengalami penyakit cacingan. saat menghadapi hal ini tentu saja Anda harus mengambil tindakan sebelum terlambat

6. Berat bdan kucing meurun drastis
Ciri-ciri kucing cacingan selanjutnya adalah kucing mengalami penurunan berat badan secara drastis. Ini bisa menjadi salah satu Indikasi bahwa kucing Anda mengalami cacingan. untuk menghindari hal yang tidak diinginkan anda harus segora mengobatinya, atau segera hubungi dokter.

Penyebab Kucing cacingan

1. Masuknya cacing pita melalui kutu pada bulu
Kucing memang hewan yang suka menjilati bulunya sendiri, kemudian tanpa sengaja akan memakan cacing pita yang ada pada telur atau kutu yang bersarang di tubuhnya. Kemudian indung telur cacing pita ini nantinya akan berkembang di dalam pencernaan si kucing.

2. Memakan daging mentah
Hati-hati juga saat Anda memberikan kucing makanan mentah, seperti daging atau ikan mentah, cacing pita bisa saja terdapat pada makanan daging mentah yang Anda berikan. Maka perlu diingat kebersihan makanan juga menjadi kunci.

3. Kurang menjaga kebersihan
Tempat ruangan, atau makanan yang kurang terjaga kebersihannya tentu saja menjadi pemicu utama dalam penyebaran cacing pita pada kucing. Ini menjadi . kesadaran bagi Anda sendiri untuk merawat dan mengasuh kucing sebaik-baiknya. Untuk kucing yang sudah terlanjur terkena cacing pita anda bisa mengaobatinya dengan obat khusus kucing

Penyebab dan Ciri-ciri kucing cacingan memang perlu kita ketahui sebagai penambahan wawasan, jika suatu hari kucing yang kita pelihara mengalami ciri-ciri tersebut, dan kita dapat menanganinya dengan cermat, cepat dan tepat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *