Ciri Ciri Kucing Digigit Ular dan Cara Mengobatinya

22 views

kucing digigit ularMengetahui ciri ciri kucing digigit ular merupakan sebuah hal yang penting bagi seseorang pecinta kucing yang memeliharanya dirumah. Hal ini dikarenakan disekitar anda mungkin saja hidup ular, apalagi saat musim penghujan seperti saat ini banyak ular keluar dari sarangnya. Sehingga tak heran jika diberita kita temukan banyak ular ditemukan di sekitar rumah warga.

Ular dapat saja berbisa maupun tidak berbisa. Namun, kedua jenis ular tersebut dapat saja menggigit. Ular menggigit ini sebenarnya merupakan perilakunya untuk melindungi diri atau melawan musuhnya. Rattle-snake, copper-heads, water moccasins atau coral snake merupakan ular yang sangat berbisa yang gigitannya dapat menyebabkan kematian. Gigitan ular tidak berbisa bukanya tidak membahayakan, tetapi juga dapat menyebabkan infeksi atau menjadi abses.

Ciri Ciri Kucing Digigit Ular

Tanda tanda adanya gigitan ular pada kucing di antaranya adalah bengkak mendadak (akut) yang sangat sakit, merah, ada luka kecil di beberapa tempat sesuai jumlah gigi ular, denyut nadi menjadi sangat lemah dan dapat menjadi shock. Biasanya kucing yang digigit ular akan meronta ronta, berteriak kesakitan, berguling guling di tanah dan berbagai perliaku aneh lainnya. Perilaku perliaku tersebut dapat membahayakan dirinya.

Pengobatan

Upaya pertolongan pertama kucing yang digigit ular diawali dengan mengamankan kucing tersebut di tempat tenang dan memasukannya ke dalam kadang sempit atau mengikatnya dengan tali pendek agar ia tidak banyak bergerak. Gerakan yang banyak mempercepat beredarnya bisa ular ke dalam seluruh tubuh anabul kita. Upayakan agar kucing jangan diganggu, setelah itu bulu disekitar luka segera dicukur dengan bersih agar gigitan ular dapat terlihat jelas bila kucing sudah tenang dan kooperatif. Membuat kucing supaya tenang ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena pertolongan pertama juga harus dilakukan secara cepat supaya kesempatan tertolongnya lebih besar.

Selanjutnya ke dalam luka gigitan dimasukkan batang logam anti karat kecil (sonde) atau sedotan minuman berukuran kecil dan bersih untuk memperkirakan dalamnya luka. Lalu, luka disayat dengan pisau cukur tajam searah dengan arah luka (jangan menyilang arah luka). Dari luka tersebut dapat dikeluarkan agar bisanya ikut keluar. Selanjutnya rawatlah luka dengan baik.

Perlakuan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan, biasanya jika pengobatan dilakukan secara pribadi orang akan kesulitan dalam menenangkan kucing karena ketiadaan obat biusnya dan kucing akan terus meronta menyebabkan semakin cepatnya beredarnya bisa ke seluruh tubuh kucing. Tetapi jika terpaksa dan situasi mendesak anda dapat melakukan pengobatan secara sendiri.

Dalam mengobati gigitan ular ini kecepatan pengobatan mempunyai peranan sangat penting dalam keberhasilan pengobatan, sehingga jika disekitar tempat tinggal anda terdapat dokter hewan segeralah bawa kucing anda kedokter hewan. Jangan sampai menunggu sampe besok karena hanya dalam hitungan jam saja bisa gigitan ular dapat menyebar keseluruh tubuh dan menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *