Ciri Ciri Tanaman Anthurium Daun

AnthuriumTanaman anthurium merupakan tanaman hias yang pernah booming gila gilaan, pada kesempatan kali ini yuk kita bahas ciri ciri tanaman anthurium daun.

Daun

1. Bentuk Daun

Daya tarik yang menonjol dari tanaman anthurium adalah bentuk daunnya yang bervariasi, misalnya menjari, lanset, bergelombang, panjang, bulat telur, cekung seperti mangkuk, hingga menyerupai jantung, ciri paling klasik yang dimiliki anthurium adalah tekstur daunnya tebal, kaku dan keras.

Selain itu, lekukan pinggir daun anthurium sangat menggoda hati. Sebab beberapa di antaranya ada yang mirip kepala ular kobra yang siap mematuk, naga, penari jaipong, keris hingga menyerupai gelombang laut. Bahkan, ada yang menggantung seperti anthurium dasi dan menjulang tinggi seperti anthurium golok. Panjang daun anthurium bisa mencapai 20 – 1500 cm dan lebarnya 3 – 50 cm.

2. Warna Daun

Umumnya, warna daun didominasi oleh hijau muda atau hijau pupus dan hijau tua, tetapi beberapa diantaranya ada yang variegata sebagai akibat dari kelainan genetika pada tanaman. Sebagian besar warna daun anthurium variegata merupakan kombinasi warna hijau dengan putih atau hijau dengan totol totol putih. Anthurium variegata biasanya dihargai sangat tinggi.

3. Tekstur Daun

Salah satu daya tarik anthurium daun adalah tekstur daunnya yang bervariasi dan urat urat daunnya yang tampak jelas. Tekstur anthurium ada yang halus, kasar, berlekuk lekuk dan ada juga yang mirip kulit jeruk. Pada jenis tertentu, ada tekstur daun yang menyerupai sayur sawi, kulit ular atau daun jati. Daya tarik lain dari anthurium adalah hampir seluruhnya memiliki tajuk yang bagus. Artinya daun anthurium tumbuh teratur, simetris dan tidak saling menumpuk.

Baca Juga : Jenis Anthurium Daun yang Beredar di Indonesia

Batang dan Tangkai

Ciri batang tanaman anthurium umumnya tidak berkayu, tetapi beruas ruas dan sering terlihat basah. Apabila kondisi pertumbuhannya terpenuhi, tunas tunas tunas baru akan keluar dari ruas ruas batang. Selain itu, batang anthurium daun umumnya terletak di dalam tanah dan terselimuti oleh akar. Bagian yang tampak menjulur ke luar sebenarnya bukan batang, melainkan tangkai daun. Salah satu jenis anthurium daun yang batangnya keluar ke permukaan tanah adalah Anthurium crystallinum atau yang biasa dikenal dengan nama anthurium kuping gajah.

Tangkai anthurium daun umumnya kotak, hanya segelintir yang bulat silindris misalnya Anthurium crystallinum dan Anthurium luxuriants. Ukuran tangkai anthurium ada yang panjang, tetapi ada juga yang pendek. Contoh Anthurium bertangkai panjang adalah Anthurium veitchii, Anthurium crystallinum dan Anthurium garuda. Sedangkan contoh anturium bertangkai pendek adalah Anthurium jemanii.

Buah dan Biji

Buah anthurium memiliki ciri ciri berwarna merah ketika sudah matang dan berwarna hijau saat masih muda. Buah ini melekat pada tongkol anthurium. Buah yang sudah matang jika dipencet akan mengeluarkan biji berwarna hitam dan berbentuk lonjong. Biji ini umumnya digunakan untuk perbanyakan tanaman atau pembibitan. Anakan hasil semai bisa berbeda sifat dengan induknya. Tergantung pada persilangan yang dilakukan sebelumnya.

Bunga

Jangan salah dalam melihat bunga anthurium, kebanyakan orang menyangka bahwa bunga anthurium terletak rapat dengan tongkol dan berbentuk lebar seperti hati. Sebenarnya bagian tersebut bukanlah bunga anthurium, tetapi merupakan seludang bunga. Bunga anthurium yang asli berbentuk kecil kecil dan menempel pada tongkol.

Anthurium termasuk jenis tumbuhan berumah satu. Artinya, dalam satu bunga terdapat dua kelamin, yakni jantan dan betina. Melalui bunga ini anthurium dikawin silangkan, baik antar spesies maupun antar varian. Kawin silang ini bisa dilakukan secara alami, tetapi bisa juga dibantu manusia. Masaknya putik dan tepung sari tidak bersamaan (dichogamaous). Pada umumnya putik masak lebih awal dibandingkan tepung sari.

Akar

Pada dasarnya, tanaman yang sehat ditunjang dengan perakaran yang sehat pula. Akar tumbuh pada batang atau bonggol yang terbenam dalam media. Biasanya akar berwarna putih, hijau, krem atau cokelat. Namun ciri akar yang sehat bisa dilihat dari warnanya yang putih dan bersih, serta tumbuh hampir menutupi semua bonggol. Pertumbuhan akar anthurium dimulai dari pangkal batang. Umumnya, akar anthurium adalah akar serabut. jadi, semakin banyak rambut akar menandakan pertumbuhan tanaman bisa semakin cepat.

Itulah ciri ciri tanaman anthurium daun yang telah saya rangkum, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari informasi.

Related Posts

Add Comment