Ciri Khusus Burung Hantu Dan Fungsinya

Tahukah Anda, setiap binatang memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dengan lainnya. Tak terkecuali dengan ciri khusus burung hantu yang masing-masing punya kegunaan tersendiri. Dari ujung paruh sampai dengan ujung kaki ada fungsinya.

Hewan yang aktif di malam hari ini, cukup populer. Di wilayah barat, hewan dari keluarga strigiformes dikenal sebagai pertanda kebijaksanaan. Lain halnya di Indonesia, unggas ini disebut sebagai burung pertanda maut. Itulah sebabnya hewan ini dinamai burung hantu. Akan tetapi, tidak semua daerah di Indonesia menyebutnya demikian.

Keunikan si hewan malam atau nokturnal satu ini terlihat jelas. Mulai dari muka, badan, sayap sampai kaki burung tampak berbeda dengan jenis unggas terbang lain. Menarik sekali, ya! Berikut selengkapnya!

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu Dan Keistimewaanya

Berbeda dengan burung lain, owl punyai karakteristik fisik yang unik. Bahkan keistimewaan tersebut punya fungsi yang menakjubkan. Apa saja ya? Cari tahu di bawah ini:

  1. Leher Yang Bisa Berputar
    Ajaib bin unik, leher burung hantu bisa berputar 135 derajat, baik itu ke kiri atau ke kanan. Meski begitu, leher si owl tidak patah.
    Menurut para ahli, burung nokturnal yang sempurna ini memiliki adaptasi tulang, jaringan pembuluh darah pendukung fan pembuluh darah denhan reservoir ontraktil. Itulah mengapa, hewan malam ini dapat menolehkan lehernya sampai 135 derajat.
  2. Indra Pendengaran Yang Super
    Telinga yang asimetris dan jauh dari kepala memungkinkan burung hantu dapat mendengar lebih baik dari hewan terbang lainnya.
  3. Bentuk Wajah Yang Unik
    Bentuk wajah adalah satu hal yang paling mencolok. Tampak seperti sedang memakai topeng. Sehingga menyeramkan dan memang banyak yang takut dengan spesies burung satu ini.
  4. Bentuk Paruh
    Punya paruh tajam membengkok ke arah bawah, memudahkan hewan ordo strigiformes dalam menangkap dan memakan mangsa.
  5. Mode Terbang Yang Lembut
    Saat terbang, kepakan sayap lebar burung hantu terdengar lembut sekali. Padahal sayap yang dimiliki lebih panjang dari tubuhnya. Ini karena unggas malam tersebut punya bulu khusus dan sangat lembut. Jadi bisa meredam suara.
  6. Mempunyai Kemampuan Berkamuflase
    Bukan hanya Bunglon yang bisa berkamuflase, owl pun bisa. Kamuflase ditujukan burung hantu untuk melindungi diri dari ancaman.
  7. Punya Suara Bising Dan Mengganggu
    Setiap spesies burung hantu punya pekikan sampai ocehan suara yang beragam. Terdengar dalam tempo nada sedang, tapi saat sedang terganggu suaranya akan sangat keras.

 

Menakjubkan sekali, ya! Ternyata di balik ciri uniknya itu ada fungsi lain. Meski begitu, burung hantu tetap punya kesamaan dengan unggas lain yaitu bertelur. Telur owl berwarma putih dan cangkangnya keras.

Cara Merawat Burung Hantu

Apakah Anda tertarik untuk memelihara burung hantu? Jika iya pastikan kenali lebih banyak mengenai hewan malam satu ini. Agar tidak kebingungan dalam memelihara owl, berikut cara merawat burung hantu:

  • Pilihkan kandang yang besar, sekalipun jenis burung hantu yang dimiliki berukuran kecil
  • Tempatkan di tempat teduh, dan jangan sekali-kali diletakkan di area yang panas. Sebab burung hantu di siang berada di persembunyian dan malam hari mencari makan
  • Beri pakan dengan benar dan selalu jaga kebersihan kandang serta perlengkapan makan minum si burung
  • Mandikan burung hantu secara berkala.

Ciri khusus burung hantu yang terlihat dan cukup menyeramkan bagi kebanyakan orang, rupanya ada beberapa yang tidak merasa terganggu. Hingga berniat untuk merawat unggas tersebut di rumah.