Contoh Flagellata dan Peranannya

32 views

Flagellata merupakan kelas Protozoa yang mempunyai satu atau lebih flagel yang berfngsi sebagai alat geraknya. Peranan flagellata bagi manusia kebanyakan bersifat merugikan karena banyak anggotanya yang menjadi parasit di tubuh manusia dan hewan ternak.

Berikut adalah contoh flagellata beserta peranannya bagi manusia.

Chilomastix mesnili

Chilomastix mesniliFlagellata ini merupakan parasit di tubuh manusia dan hidup di dalam caecu. Ia pertama kali ditemukan oleh weynon di tahun 1910. Walau bersifat parasit, ia tergolong tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia. Hanya jika jumlahnya banyak di tubuh baru ia akan menyebabkan diare.

Ukuran stadium trofozoit sekitar 6 – 20 mikron yang bentuknya seperti buah pear dengan ujung meruncing. Saat trofozoit ini Chilomastix memiliki 1 inti dan dari bleparoplasnya keluar 3 flagellata. Saat stadium kista, ia berbentuk seperti jeruk dengan ukuran sekitar 6 – 10 mikron. Kistanya berdinding sel agak tebal yang sehingga ia dapat hidup di luar tubuh inagnnya selama berminggu-minggu.

Enteromonas hominis

Enteromonas hominiWalau hidupnya berada di rongga usus besar manusia, contoh flagellata ini tidak bersifat patogen. Diduga peranan flagellata ini bagi manusia adalah memakan bakteri yang ada di usus besar sehingga pencernaan tetap sehat.

Spesies ini mempunyai stadium trofozoit dan stadium kista. Saat stadium trofozoit ukurannya 4 – 10 mikron, bentuk bulat dan bujur. Nucleus terletak di anterior dan mempunyai kariosom yang besar di bagian tengah. Dari bleparoplas yang terletak di bagian anterior inti keluar 4 flagel. Tiga diantaranya bebas dan menghadap ke depan sedangkan yang ke 4 menghadap ke belakang dengan sebagian melekat pada badan serta ujungnya melebihi posterior badan. Protozoa ini tidak memiliki sitostoma. Perkembangbiakannya dilakukan secara membelah diri.

Stadium kista berbentuk lonjong dengan ukuran 6 – 8 mikron. Pada saat stadium kista ini ia mempunyai 2 atau 4 inti sel yang terletak di tiap ujung selnya.

Retortomonas intestinalis

contoh flagellata

Retortomonas intestinalis jarang ditemukan dan tidak patogen walaupun ia merupakan salah satu contoh flagellata yang berhabitat di usus halus manusia. Ukuranya sangat kecil, saat stadium trofozoit ia berukuran 4 – 9 mikron sedangkan saat stadium kista berukuran 4 – 7 mikron.

Stadium trofozoitnya berbentuk lonjong dengan inti terletak di bagian anterior berdekatan dengan sitostoma. Mempunyai 2 bleparoplas, 1 terdapat di bagian depan nukleus dan darisana keluar 2 flagel yang satu menghadap ke depan sedangkan yang lain menghadap ke belakang.

Stadium kista dari Retortomonas berbentuk seperti buah pearl yang mempunyai 1 inti. Ia dapat memasuki tubuh manusia jika menelan stadium kistanya yang kemudian berubah menjadi trofozoit di usus halus dan disanalah ia akan hidup dan berkembang biak.

Trichomonas vaginalis

flagellata trichomonasMerupakan protozoa parasit yang terkenal dan tersebar di seluruh dunia. Parasit ini menginfeksi bagian vagina wanita serta uretra, epididimis dan prostat pada laki – laki. Trichomonas vaginalis merupakan spesies Trichomonas yang paling besar dengan ukuran 15 – 20 mikron.

Mempunyai 4 flagel anterior dan 1 flagel posterior yang melekat pada tepi membran bergelombang. Membran ini ukurannya pendek dan ujungnya tidak keluar dari badan sel serta mempunyai kosta yang halus. Inti berbentuk lonjong dan sitoplasmanya berbutir halus dengan butir-butir kromatin tersebar rata sepanjang kosta dan aksotil. Aksotil halus dan menonjol melampaui badan. Sitostomanya kecil da terdapat di bagian anterior.

Trichomonas hominis

Trichomonas hominisFlagellata ini apatogen, berhabitat di rongga usus besar manusia dan hewan ternak. Hanya mempunyai stadium trofozoit, berukuran 5 – 14 mikron. Mempunyai 3 – 5 flagel anterior dan 1 flagel posterior yang melekat pada tepi membran bergelombang dengan ujung yng bergerak bebas dan tidak mempunyai benda parabasal, mempunyai sitostoma.

Parasit ini dikeluarkan bersama feses, infeksi terjadi jika menelan bentuk trofozoit. Diagnosa dilakukan dengan menemukan parasit dalam feses.

Trichomonas tenax

Trichomonas tenaxParasit ini apatogen, berhabitat di mulut terutama mulut yang kotor, gigi berlubang dan pada penyakit piore pinggivitis. Infeksi terjadi dengan bentuk trofozoit secara kontak langsung atau melalui alat makan dan minum seperti piring, sendok dan gelas.

Parasit ini hanya mempunyai stadium trofozoit dengan ukuran 5 – 12 mikron dan merupakan spesies genus Trichomonas terkecil. Mempunyai sitostoma kecil, 4 flagel anterior, 1 flagel posterior sepanjang membrana bergelombang dan benda parabasal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *