Contoh Hewan Mollusca dan Nama Latinnya

Hewan Mollusca memiliki ukuran tubuh dengan kisara besar, dari yang berukuran hanya beberapa milimeter sampai dengan beberapa meter. Pada umumnya, contoh hewan Mollusca yang hidup saat ini berukuran kecil, lebih dari 80% diantaranya mempunyai cangkang yang berukuran kurang dari 5 cm.

Contoh Hewan Mollusca Terbesar

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa rata-rata hewan Mollusca berukuran kecil. Chiton (Polplacophora) memiliki tubuh sepanjang 1,5 – 30 cm. Cangkang Schaphopoda (siput gading) umumnya mempunyai panjang 2 – 5 cm, walaupun ada beberapa spesies yang cangkangnya dapat mencapai 13 cm (Dentalium vernedei).

Ukuran cangkang Gastropoda terbesar yang pernah ditemukan adalah Syrinx aruanus, panjang cangkangnya dapat mencapai 77 cm. Kerang tergolong Mollusca yang cangkangnya dapat mencapai ukuran sangat besar. Kimah raksasa (Tridacna gigas), lebar canagkangnya dapat mencapai 137 cm da beratnya 250 kg. Kerang ini pernah ditemukan di Teluk Tapanuli Sumatera Utara dan disimpan di National Museum Natural History Amerika. Mollusca terbesar yang pernah ditemukan adalah cumi-cumi raksasa yang nama latinnyaArchiteuthis harveyi (Cephalopoda) yang berasal dari laut Norwegia. Panjang tubuh termasuk tentakelnya mencapai 18 m dengan berat kurang lebih 270 kg. Architeuthis harveyi merupakan hewan avertebrata terbesar yang pernah diketahui. Gurita raksasa yang muncul di banyak film holywood ternyata hanya hayalan saja. Gurita terbesar didunia  dari Samudra Pasific yang nama latinnya Octopus punctatus, diketahui hanya mempunyai tubuh sepanjang 30 cm dengan lengan-lengannya sepanjang 5 meter.

Contoh Hewan Mollusca Terkecil

Dibandingkan dengan siput terbesar, siput dan kerang terkecil yang pernah dtemukan hanya berukuran tidak lebh dari 1 mm. Contoh hewan Mollusca yang berasal dari ordo Pteropoda dan Heteropoda bahkan ukurannya lebih kecil lagi dan bersifat planktonik. Seluruh spesies Mollusca yang berukuran kecil ini, dikenal dengan nama Micro Mollusca.

Kecepatan pertumbuhan siput dan kerang sangat tergantung pada umur dan makanan. Pertumbuhannya jauh lebih cepat pada waktu muda jika dibandingkan dengan dewasanya. Ada siput atau kerang yang tumbuh terus sepanjang hidupnya, tetapi adapula yang pertumbuhannya terhenti setelah dewasa. Oleh karena pertumbuhan lebih cepat maka siput muda umumnya jarang ditemukan. Pertumbuhan siput dapat diperkirakan dengan melihat alur-alur (garis pertumbuhan) yang terdapat pada bagian luar cangkangnya.

Evolusi

Dari penemuan fosil-fosilnya, Mollusca telah ada di muka bumi kira-kira 500 juta tahun yang lalu. Mollusca tertua yang pernah ditemukan adalah Neopilina (Monoplacophora) yang telah ada di bumi sejak 450 juta tahun yang lalu, fosil yang ditemukan berasal dari lapisan batuan pada zaman Kambrium-Devon. Semula Mollusca berbentuk seperti cacing dan tidak bercangkang dan mereka mungkin berevolusi sampai pada bentuk Mollusca yang bercangkang. Mollusca mengalami zaman keemasan pada era Mesozoikum, kira-kira 75-275 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini ukuran Mollusca sangat besar. Mereka dapat membentuk cangkang dengan leluasa karena bahan kapur yang tersedia sangat berlimpah. Bentuk dan ornamen cangkang Mollusca pada zaman itu juga sangat beragam.

Pada akhir zaman Mesozoikum atau permulaaan zaman Senozoikm, kira-kira 60 juta tahun yang lalu, bentuk Mollusca diduga bervolusi menuju seperti bentuk yang sekarang. Cangkang menjadi berukuran kecil, bahkan ada yang tidak bercangkang. Siput-siput yang hidup sekarang diduga merupakan hasil evolusi dari beberapa juta tahun terakhir ini dan sudah sama dengan yang ada zaman Pliosen (kira-kira 7 juta tahun yang lalu) atau zaman Meosen (kira-kira 30 juta tahun yang lalu). Seluruh hewan Mollusca mula-mula diduga berasal dari lautan. Siput darat diduga mengalami evolusi lebih lambat, sistem pernapasannya diduga berubah dari insang menjadi paru-paru. Siput darat diketahui telah ada di bumi kira-kira sejak 350 juta tahun yang lalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *