Contoh Rhizopoda yang Hidup di Sekitar Kita

gambar rhizopodaPada artikel kali ini kita akan membahas mengenai contoh rhizopoda sebuah kelas dari filum protozoa yang ciri utamnya memiliki protoplasma yang dapat menjadi kaki semu (pseudopodia, pseudo = semu, pous= kaki) untuk bergerak dengan gerakan amoeboid. Biasanya hidup di air tawar, di laut dan parasit pada binatang lain / manusia. Berkembang biak secara vegetatif dengan membelah diri.

Amoeba 

Jika kita membahas contoh rhizopoda yang paling terkenal tentu adalah Amoeba. Jaman dahulu banyak yang menyamakan Amoeba dengan bakteri tetapi sebenarnya keduanya sangat berbeda, bahkan berbeda domain dimana Amoeba masuk ke dalam domain eukariotik sedangkan bakteri termasuk prokariotik. Dahulu kala mungkin dianggap sama dikarenakan ada sebagian dari kedua kelompok ini yang dapat menyebabkan penyakit.

amoeba, contoh rhizopoda

Bentuk tubuh dari Amoeba

Hidup di tempat basah / tempat berar. Tubuh terdiri atas kulit luar (ektoplasma), selaput luar disebut plasolemma. Bagian dalam disebut endoplasma yang padanya terdaat inti, rongga makanan, rongga berdenyut, bagian plasmagel, bagian plasmasol dan butiran butiran lemak. Rongga berdenyut berfungsi sebagai alat pengeluaran cairan supaya nilai osmosis sel terpelihara. Bila dari Amoeba di ambil intinya, akan segera mati tetapi bila diambil protoplasmanya akan membentuk protoplasa baru. Amoeba memakan bakteri, Alga bersel stu dan makhluk hidup yang bersel satu lainnya. Makanan dicerna di rongga makanan, sisanya ditinggalkan. Berkembang biak secara vegetatif membelah diri di dahului dengan pembelahan intinya. Amoeba mengambil oksigen untuk pernafasan dan mengeluarkan karbondioksida melalui selaput plasma.

Berdasarkan cara hidupnya, Amoeba dibedakan :

  1. Hidup di luar tubuh organisme lain / manusia disebut Ecto Amoeba (Ectomoeba), contohnya Amoeba proteus.
  2. Hidup di dalam organisme lain / manusa disebut Ento Amoeba (Entamoeba), contohnya Entamoeba dysenteries yang hidup di usus halus dan Entamoeba coli penghuli usus tebal. Keduanya adalah rhizopoda yang menyebabkan penyakit disentri.

Contoh Lain Rhizopoda

Terdapat beberapa contoh lain dari kelas rhizopoda, yaitu :

  1. Arcella vulgaris, ciri khas dari spesies ini adalah rangka luarnya terbuat dari kitin, terdapat di air tawar.
  2. Difflugia corona, merupakan contoh rhizopoda yang ciri cirinya memiliki rangka luar mengandung pasir, terdapat di air tawar.
  3. Foraminifera, rangka luar dengan zat kapur dengan celah celah tempat keluarnya benang benang protplasma sebgai kaki semu (pseudopodia). Rangka yang telah kosong mengendap di dasar laut merupakan tanah globirena. Fosil fosil Foraminifera berperan sebagai petunjuk dalam penyelidikan tanah yang mengandung minyak bumi.
  4. Heliozoa, rangka luar dari kersik, celah celah teratur tempat keluarnya pseupodia, hidup di air tawar.
  5. Radiolaria, rangka luar dari kersik, bercelah celah tempat keluarnya pseudopodia, rangka luar yang telah kosong dan mengendap merupakan tanah radiolaria yang dimanfaatkan sebagai alat penggosok.

Add Comment