Flagellata : Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya

22 views

ciri ciri flagellataFlagellata adalah salah satu kelas dari filum protozoa dalam taksonomi lama. Sedangkan pada sistem taksonomi terbaru telah berubah posisinya menjadi superkelas yang kemudian dibagi lagi menjadi kelas Phytomastigophorea dan Zoomastigophorea. Sesuai dengan namanya ciri ciri flagellata yang utama  yaitu adanya flagrum yang artinya bulu cambuk.

Ciri Ciri Flagellata

Secara umum, ciri ciri flagellata adalah sebagai berikut :

  • Bentuk tubuh lebih tetaptanpa rangka luar, tubuhnya dilindungi oleh suatu selaput yang fleksibel yang disebut pellicle, di sebelah luarnya terdapat selaput plasma.
  • Alat gerak berupa bulu cambuk (flagrum = mastix).
  • Hidup di air tawar, di laur atau parasit pada organisme lain / manusia.
  • Berkembang biak secara vegetatif dengan membelah diri.
  • Bentuk umum yang dipelajari ialah Euglena. Tubuhnya dempak / tumpul di bagian depan dan runcing di bagian belakang.
  • Di dalam protoplasmanya terdapat nukleus, chloroplast dengan pyrenoid dan di bagian depan terdapat bintik mata (stigma) yang berwarna merah serta rongga berdenyut. Bintik mata ini berfungsi untuk mengarahkan flagellata kearah cahaya yang intensitasnya sedang.
  • Pada keadaan yang tidak menguntungkan ia dapat membentuk kista.
  • Dekat ujung anterior sebelah bawah terdapat mulut sel (cystostome) yang diteruskan ke dalam gullet cell (cytpharynk). Cytopharynx membesar di bagian dasarnya membentuk suatu gelembung yang disebut reservoir.

Contoh Flagellata

Beberapa spesies yang masuk ke dalam kelompok flagellata adalah

  • Euglena viridis, merupakan spesies flagellata berwarna hijau yang ciri ciri utamanya adalah memiliki klorofil sehingga ia dapat melakukan fotosintesis. Habitat flagellata ini adalah di air tawar.
  • Noctiluca scintilluca, merupakan spesies flagellata yang hidupnya di laut dan ia memiliki 2 flagel satu berukuran panjang dan satunya lagi berukuran lebih pendek. Di habitatnya Noctiluca biasanya bersimbiosis dengan alga, pada malam hari ia dapat menyebabkan laut bercahaya karena menghasilkan efek luminescent.
  • Volvox globator, hidup di air tawar, merupakan koloni dari beri ribu binatang bersel satu dengan masing masing mempunyai 2 flagel, didalam koloni dapat terbentuk koloni baru dan kemudian melepaskan diri dari koloni lama menjadi koloni tersendiri.
  • Trpanosoma, mempunyai 1 flagel, hidup sebagai parasit pada binatang dan mausia yang menjadi penyebab penyakit tidur, penyakit tidur ini merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang belum ada obatnya. Trypanosoma gabiense ditularkan oleh lalat tse tse Glossina palpalis sedangkan Trypanosoma rhodensia ditularkan oleh lalat Glossina morsitans. Selain sebagai penyebab penyakit tidur ada juga spesies Trypanosoma yang menyebabkan penyakit lain seperti Trypanosoma cruzi penyebab anemia pada anak kecil di Amerika Tengah dan Trypanosoma evvansi penyebab penyakit surra pada binatang ternak.
  • Oodinium pillularis, merupakan spesies flagellata yang biasa menjadi parasit ikan. Banyak mahasiswia biologi yang salah dalam mengidentifikasi spesies ini dikarenakan flagel atau bulu cambuk hanya muncul saat pada fase dinospores yang relatif singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *