Gambar Bonsai Cemara Udang Juara

Gambar Bonsai Cemara Udang Juara – Bonsai cemara udang akhir akhir ini menjadi trend terbaru di kalangan pecinta bonsai. Dimulai pada tahun 2017 kemarin dan pada tahun 2018 ini bonsai cemara udang tambah booming. Harga bonsai cemara udang pun melambung drastis di bandingkan tahun tahun sebelumnya.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Casuarina equisetifolia ini merupakan tanaman dari famili Casuarinaceae. Seperti jenis tanaman anggota Casuarinaceae lainnya, cemara udang merupakan tanaman berumah satu sehingga terdapat pohon jantan dan pohon betina. Perbedaan keduanya hanya pada organ reproduksinya saja sehingga tidak ada masalah menjadikan tanaman jantan atau betina untuk dijadikan bonsai. Jenis Famili Casuarinaceae ini rata rata sangat indah untuk dijadikan bonsai sebut saja cemara buaya, cemara kipas dan cemara lilin.

Keindahan bonsai cemara udang terletak pada ranting dan daunnya. daunnya yang ramping dan batangnya yang kokoh dan besar menjadikan tanaman ini sebagai tanaman ideal untuk dijadikan bonsai. Tanaman cemara udang atau di luar negeri dikenal dengan nama she-oak,merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Tanaman ini menurut beberapa pakar diduga berasal dari daerah tiongkok dan sekarang telah menyebar ke seluruh dunia.

Pohon ini memiliki ranting-ranting terminal ramping, dan daun-daun yang tidak lebih dari sisik, membuat tanaman cemara udang ini tampak lebih seperti konifer runcing.  Tanaman ini sangat toleran terhadap lokasi yang berangin kencang, dan secara luas ditanam sebagai penahan angin, meskipun biasanya tidak dalam situasi pertanian.

Di luar negeri bonsai cemara udang bukanlah varietas baru dan sudah sejak lama penghoby bonsai jepang membuat pohon she oak sebagai tanaman bonsai. Kontes kontes di luar negeri pun sudah banyak yang  menjadikan tanaman cemara udang sebagai sebuah kategory tersendiri.

Harga dari jenis bonsai ini cukup  tinggi, untuk kualitas starndar harganya antara 400-500 ribu, sedangkan untuk kualitas kontes harganya justru dapat mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini wajar saja karena membuat bonsai ini membutuhkan waktu dan kesabaran yang tinggi. Untuk jenis bakalan bonsai biasa dijual dengan harga murah antara 50-100 ribu.

Saya sendiri lebih menyarankan anda membeli jenis bonsai kualitas standar dan dengan perawatan dan pemolesan dari anda, bonsai akan terlihat semakin baik dan mungkin bisa menjadi juara dalam kontes bonsai. Merawat dari bakalan bonsai lebih beresiko dan memakan waktu lama sehingga tidak terlalu saya sarankan.

Berikut akan coba kami tampilkan Gambar Bonsai Cemara Udang Juara yang telah menjuarai kontes bonsai internasional. Bentuk dari bonsai ini bisa anda jadikan contoh jika anda ingin mencoba membuat bonsai cemara udang juara.

Itulah beberapa gambar bonsai dari jenis ini yang berhasil meraih kontes juara, semoga dapat menambah wawasan anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *