Gambar Bonsai Serut Juara

Bonsai Serut juara – Pohon serut atau dalam bahasa latin disebut sebagai Streblus Asper merupakkan salah satu tanaman yang cukup populer untuk dijadikan bonsai. Pohon serut memiliki tampilan bentuk yang menarik untuk dijadikan bonsai, bahkan menurut adi nugroho salah satu pakar dalam dunia bonsai indonesia tanaman serut merupakan tanaman terbaik dan ideal untuk dijadikan bonsai.

Menurutnya ada minimal 4 hal yang menyebabkan pohon serut sebagai tanaman ideal untuk dijadikan bonsai. Yang pertama adalah bonsai serut tidak perlu membutuhkan perawatan yang terlalu ketat, berbeda dengan jenis bonsai lainnya seperti bonsai beringin. Tunas pohon serut mudah tumbuh sehingga menjadikan tanaman ini mudah dikreasikan bentuknya sesuai keinginan kita.

Hal kedua adalah daun pohon serut memang ukurannya kecil dan jika dibuat bonsai daunnya akan semakin kecil sehingga tampilannya menarik.

Hal ketiga mengapa bonsai serut menarik adalah pada musim kemarau daun dari pohon serut ini akan berguguran. Hal ini dilakukan tanaman ini untuk menghemat air. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika bonsai anda tiba tiba menggugurkan daunnya karena itu merupakan sifat alami dari jenis pohon ini dimana saat memasuki pohon kemarau maka daunnya akan gugur.

Hal keempat  yang menyebabkan pohon serut sebagai tanaman ideal sebagai bonsai adalah tanaman ini dapat berusia hingga ratusan tahun sehingga tidak perlu khawatir bonsai anda mati karena terlalu tua.

Itulah empat hal yang menjadikan sebab Streblus Asper sebagai tanaman ideal untuk dijadikan bonsai. Walau begitu sebenarnya tanaman ini kurang terkenal di internasional sebagai bakalan bonsai, para pecinta bonsai luar negeri biasanya lebih memilih tanaman Ficus, juniper atau palm.

Baca Juga : Bonsai Hokiantea Juara Yang Mempesona

Secara harga tanam serut yang dibonsai ini tidak begitu mahal, untuk kualitas standar biasa dihargai sekitar 100 ribu – 200 ribu. Sedangkan untuk yang kualitas kontes anda harus merogok kocek sedikit lebih didalam disekitaran mulai dari 2 juta rupiah.

Jika anda ingin membuat bonsai sendiri dari awal anda bisa memulainya dari membeli bakalan bonsai yang memiliki bentuk unik. Hal ini untuk mengurangi resiko anda dan menghemat waktu dimana dengan membuat bonsai dari stek batang yang sudah berbentuk unik kita bisa  memperkirakan kira kira akan dibuat seperti apa bonsai kita ini.

Tanaman serut ini kebanyakan dibuat bonsai dengan gaya konvensional atau dengan gaya tertiup angin. Tanaman ini kurang cocok jika dibuat dengan gaya bonsai air terjun. Jika anda masih pemula membuat bonsai ini dengan gaya konvensional adalah pilihan yang lebih bijak.

Gambar Bonsai Serut Juara

Tanaman serut biasanya dalam kontes bonsai masuk dalam 1 kategory perlombaan sendiri. Untuk membuat tanaman bonsai serut juara ada beberapa penilaian yang biasa dilakukan yaitu masalah penempatan tanaman, masalah lekukan batang dan kerapian.

Berikut adalah beberapa contoh gambar bonsai serut yang menjadi juara :

Bonsai ini tumbuh di batu sehingga memberikan kesan unik terhadap tanaman ini

Bentuknya yang elegan menjadikan bonsai ini juara pada kompetisi bonsai 2017

Percabangannya memberikan kesan bonsai ini seperti di hutan,bonsai ini merupakan bonsai milik sebastian warga negara jerman.

Gambar Bonsai serut

Bonsai serut yang dimiliki oleh kolektor di malang ini umurnya sudah lebih dari 20 tahun dan pernah ditawar seharga 50 juta rupiah

Itulah 5 contoh bonsai serut yang unik dan juara yang bisa anda jadikan contoh kreasi bonsai milik anda. Sebagai bonus saya sertakan bonsai jenis tanaman lain yang siapa tahu bisa jadi inspirasi anda :

Bonsai pohon maple jepang, bonsai ini merupakan juara kontes bonsai di jepang dan akhirnya dibeli oleh Omiya Bonsai Art Museum dengan harga konon mencapai puluhan milyar rupiah.

Goyo-matsu bonsai merupakan salah satu tanaman bonsai milik Omiya Bonsai Art Museum dan tanaman ini pernah menjadi juara 3 kontes bonsai di macau.

Bonsai pohon pine juara yang akhirnya dibeli oleh kolektor dari belanda dengan harga ratusan ribu dollar.

Related Posts

No Responses

Add Comment