Gambar dan Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Ikan nilaPentingnya Mempelajar Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Membedakan ikan nila jantan dan betina penting dalam usaha budidaya ikan nila, khususnya usaha budidaya pembuatan bibit. Pentingnya membedakan hal ini dikarenakan dalam satu kolam pemijahan pembudidaya harus menentukan proporsi indukan jantan dan betina yang sesuai. Selain itu ikan jantan juga akan saling bersaing dan membuat teritori yang tidak boleh dimasuki ikan jantan lain.

Gambar Ikan Nila Jantan dan Betina

Sebelum masuk ke penjelasan, ada baiknya kita melihat dulu gambar ikan nila jantan dan betina sehingga mempermudah dalam membedakan kedua jenis ikan nila ini. Berikut gambarnya

Perbedaan ikan nila jantan dan betina

Setelah melihat gambar ikan nila jantan dan betina diatas mungkin anda menjadi memiliki sedikit gambaran mengenai gambarannya. Paling tidak ada 4 perbedaan yang bisa anda amati dan gunakan

  1. Ikan Nila jantan alat kelaminnya berupa tonjolan (Papilla) dibelakang lubang anus. Pada tonjolan ini terdapat satu lubang untuk mengeluarkan sperma dan urine, sedangkan pada alat kelamin ikan betina berupa tonjolan dibelakang anus. Pada tonjolan tersebut terdapat 2 lubang. Lubang yang pertama terletak di dekat anus, berbentuk seperti bulan sabit dan berfungsi sebagai tempat keluarnya telur. Lubang yang kedua terletak di belakangnya, berbentuk buland an berfungsi sebagai tempat keluarnya urine.
  2. Ikan nila jantan biasanya berwarna lebih cerah dan bentuk tubuhnya lebih tinggi dan membulat sedangkan yang betina warnanya agak pucat serta tubuhnya lebih rendah dan memanjang.
  3. Perbedaan ketiga adalah pada warna siripnya, pada jantan warna siripnya memerah terutama pada saat matang gonad dan menjadi lebih galak terhadap ikan jantan yang lain. Pada ikan betina saat matang gonad bagian tepi sirip tidak berubah warna dan gerakannya lambat.
  4. Kematangan gonad ikan nila jantan diketahui dengan cara melakukan pengurutan perut kearah anus dan akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dan disekitar perut sampai kepala bagian bawah berwarna merah. Pada ikan nila betina kematangan gonat diketahui dengan cara meraba perut dan pengamatan bagian anus, yaitu ditunjukkan dengan telur yang berwarna kuning kehijauan, bagian perut melebar, lunak jika diraba, bagian anus menonjol dan kemerahan.

Itulah 4 hal yang bisa anda gunakan untuk membedakan antara ikan nila jantan dan betina semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam..

 

Related Posts

Add Comment