Gambar Ikan Cupang Betta Channoides

Gambar Ikan Cupang Betta Channoides

Ikan Cupang Betta Chainnoides termasuk ikan cupang alam yang berasal dari sungai mahakam, Kalimantan timur. Cupang yang kerap disebut sebagai snakehead fighter ini bersifat mouth brooder dan dapat mencapai panjang tubuh 12 cm. Temperamennya tenang sehingga mudah disatukan dengan spesies cupang alam lainnya ketika dipelihara dalam satu wadah. Suhu air yang mendukung pertumbuhan optimalnya yaitu 24-26 C dengan pH 6,5-7,5.

Antara Ikan Cupang Betta Chainnoides jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dari bentuk tubuhnya, betina memiliki tubuh yang cenderung pendek. Bentuk kepalanya lebih runcing di bandingkan jantan. Warnanya cenderung terang, merah kekuningan. Warna siripnya serupa, merah kecoklatan. SEmentara warna tubuh jantah cenderung gelap, merah tua. Siripnya memiliki tiga warna, cokelat tua, hitam dan pada bagian sisinya seperti dibordir oleh garis putih.

Ikan Cupang Betta Chainnoides termasuk jenis ikan hias alam dan tidak terlalu cocok untuk aduan karena sifatnya yang tidak agresif. Dalam kontes ikan cupang hias, spesies ikan ini biasanya dikelompokkan dalam kategori ikan cupang luar / wild betta. Dalam kategory ini Ikan cupang Betta Chainnoides biasanya merajai pemenang kontes ikan cupang hias.

Makanan ikan cupang ini adalah zooplankton dan larva serangga. Jika anda ingin memelihara jenis ikan ini anda bisa memberinya makan dengan kutu air, cacing sutra maupun pelet.

Berikut beberapa gambar dari ikan cupang ini

Ikan Betta Channoides

Ikan Betta Channoides

Ikan cupang Betta Channoides Betina

Ikan cupang Betta Channoides Betina

Ikan CUpang Betta Channoides bisa dipelihara dengan ikan jenis lain

Ikan CUpang Betta Channoides bisa dipelihara dengan ikan jenis lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *