Gambar Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau mungkin adalah salah satu kacang kacangan yang paling sering kita makan. Kacang ini paling enak dijadikan bubur, sehingga muncullah istilah burjo alias bubur kacang hijau. Selain karena rasanya enak kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita seperti kandungan protein dan mineralnya tinggi, rendah lemak dan mengandung vitamin B1. Masih banyak sekali manfaat kacang hijau lainnya tetapi tentunya tidak akan saya bahas disini.

Tetapi sudah tahukah anda seperti apa bentuk tanaman kacang hijau? atau jangan jangan anda belum pernah melihat tanaman kacang hijau ini secara langsung.

Tanaman yang bernama latin Vigna radiata ini termasuk ke dalam tanaman famili leguminasae,tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia.Tanaman ini memiliki ciri ciri tingginya mencapai 50an cm. Batangnya berbentuk bulat dan berbulu serta berwarna hijau saat muda dan setelah tua berwarna coklat. Tanaman kacang hijau ini memiliki tangkai daun yang panjang dan daunnya berwarna hijau. Bunga tanaman ini akan muncul setelah tanaman berusia 28-33 hari, warnanya kuning. Tanaman ini memiliki polong yang berisi kacang 10-15 biji, kacangnya ini yang biasa dimanfaatkan manusia.

Setelah membahas ciri ciri mari kita langsung saja melihat gambar tanaman kacang hijau ini

Toge

Saat baru bertunas tanaman kacang hijau disebut sebagai toge

Gambar tanaman kacang hijau

Ini gambar tanaman kacang hijau waktu muda dimana batangnya masih berwarna hijau.

Bunga tanaman kacang hijau

Setelah tanaman dewasa akan tumbuh bunga berwarna kuning seperti gambar diatas

Polong kacang hijau

Setelah terjadi penyerbukan maka bunga tersebut akan menjadi polong yang berisikan kacang hijau. Polong ini berbentuk silindris seperti pada gambar diatas

Related Posts

Add Comment