Gejala Kekurangan Unsur Hara Pada Tanaman Padi

tanaman padiUnsur hara merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman khususnya tanaman padi agar bisa hidup dan berkembang. Kekurangan unsur hara pada tanaman dapat disamakan dengan penyakit HO (Hongeredeem = malnutrinion = kekurangan gizi) pada manusia. Gejala kekurangan unsur hara pada tanaman padi ini sering bercambur baur dengan gejala penyakit lain.

Walau  begitu sebenarnya terdapat gejala khas yang terdapat pada tanaman akibat kekurangan unsur hara, yaitu :

Tanaman yang kekurangan unsur hara N

Daun tanaman padi yang kekurangan unsur hara N akan menguning seluruhnya, khususnya pada daun yang lebih tua. Hal ini dikarenakan N dari daun yang tua akan diambil dan dipindahkan ke daun muda, akhirnya daun tua tidak terdapat unsur N lagi sehingga akhirnya berubah menjadi kuning. Selain daunnya ang berwarna kuning, gejala lain yang terdapat pada tanaman yang kekurangan unsur N adalah akarnya berwarna sawo matang, tunasnya sangat berkurang, tinggi batang lambat tumbuh dan pembentukan gabah tiap tiap malainya akan sangat berkurang. Untuk menghindarkan tanaman dari kekurangan zat N, pemupukan dengan dengan memberkan pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang lebih dianjurkan. Pemberian pupuk kimia seperti urea dan ZA juga bisa dilakukan walau tidak dianjurkan.

Kebanyakan unsur N akan mengakibatkan tanaman tumbuhya terlalu subur, batangnya lemas sehingga tiap tiap rumpun mudah rebah. Kebanyakan unsur hara N ini juga menurut penelitian dapat memudahkan serangan cendawan Piricularia oryzae.

Kekurangan unsur hara Pospat

Unsur P (Pospat) merupakan salah satu unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman. Pada tanaman padi, jika kekurangan unsur P ini maka pertumbuhannya akan terhambat, anaknya kurang, daunnya berdiri tegak lurus dan berwarna kebiru biruan.

Secara keseluruhan tanaman padi tampak tetap hijau, walaupun sudah mendekati masa panen. Pembentukan gabah pada tiap tiap malai akan sangat berkurang jika tanaman padi kekurangan unsur hara pospat ini.

Kekurangan Zat Kalium

Kekurangan unsur hara kalium ini banyak terjadi pada tanaman padi yang ditanam di tanah yang mengandung pasir. Tanah yang banyak mengandung kapur juga sering kekurangan zat ini.

Gejala kekurangan unsur hara K (kalium) pada tanaman padi adalah :

  • Anaknya kurang, sedangkan daunnya terkulai
  • Daun yang sudah agak tua pucuknya menguning, demikan pula pinggiran daunnya. Warna kuning jingga seluruh dan lambat laun berubah menjadi sawo matang kemerah merahan kemudian mengering.
  • Hasil panen tanaman padi akan sangat menurun jika kekurangan unsur hara K ini.

Kekurangan zat kalium ini sering terjadi bilamana iklim mendadak menjadi kering atau pengairan mendak terlambat, sehingga mengakibatkan kekeringan. Kekurangan kalium dapat diatasi dengan memberikan pupuk kalium fosfat.

 

Related Posts

Add Comment