Habitat Cacing Tanah

19 views

habitat cacing tanahSesuai dengan namanya, habitat alami cacing tanah adalah di tanah. Biasanya ia hidup di sisa bahan organik seperti kotoran hewan, sampah rumah tangga ataupun pada sisa dedaunan.

Habitat Alami Cacing Tanah

Ada 4 faktor utama yang mempengaruhi kehidupan cacing tanah di habitat alaminya. Keempat faktor tersebut akan saya jelaskan sebagai berikut.

  1. Suhu (Temperatur)
    Seperti semua makhluk hidup lainnya yang ada di bumi, cacing tanah hanya dapat hidup pada kisaran suhu tertentu. Suhu atau temperatur tanah yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah berkisar antara 15º – 25ºC. Walau begitu pada temperatur yang sedikit lebih tingi dari 25ºC, cacing tanah masih bisa hidup dengan baik asalkan habitatnya tersebut memiliki kelembapan yang tinggi.
  2. Kelembapan (rH)
    Kelembapan sangat penting bagi kehidupan cacing tanah, jika terlalu tinggi (terlalu basah) cacing tanah akan kesulitan untuk respirasi sehingga mati. Sedangkan jika kelembapan terlalu rendah cacing tanah juga akan mengalami dehidrasi. Biasanya jika habitatnya terlalu kering cacing tanah akan masuk lebih dalam ke tanah. Padahal di lapisan yang lebih dalam tersebut tidak terdapat zat organik yang dibutuhkannya untuk makan sehingga akhirnya ia akan mati. Cacing tanah dapat hidup dengan normal pada kelembapan 15-60%, namun idealnya pada rH 42-60%.
  3. Keasaman Tanah (pH)
    Cacing tanah tumbuh dengan baik pada tanah yang sedikit asam sampai netral yaitu antara pH 6 – 7,2. Padahal, tanah pertanian di Indonesia umumnya memiliki pH asam dikarenakan mayoritas petani di negeri ini menggunakan pupuk kimia melebihi takaran (dosis) yang semestinya.
    Tanah yang memiliki pH asam hanya memiliki kandungan bahan organik yang sangat terbatas sehingga tidak baik untuk pertumbuhan cacing tanah. Hal itu dikarenakan proses pembusukan yang dilakukan oleh bakteri (fermentasi) akan terhambat pada tanah yang ber-pH tinggi.
  4. Ketersediaan Bahan Organik
    Cacing tanah membutuhkan bahan organik sebagai makanannya. Bahan organik ini dapat berupa kotoran hewan, dedaunan maupun hewan atau tanaman yang telah mati. Cacing tanah bersama-sama dengan mikroorganisme akan menguraikan sisa bahan organik ini untuk dirubah menjadi zat anorganik yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena itu tanah yang banyak dihuni cacing biasanya subur.

Habitat Buatan Manusia

Habitat buatan adalah sebuah lingkungan tempat tinggal yang dibuat untuk meniru kondisi lingkungan alaminya. Manusia membuat habitat buatan ini biasanya untuk tujuan budidaya ataupun penelitian. Habitat buatan untuk budidaya cacing tanah ini dapat ditempatkan pada sebuah kotak, bak maupun pada lantai yang beralaskan terpal.

Habitat buatan untuk cacing tanah harus memenuhi 4 faktor yang ada di habitat alaminya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat habitat buatan ini diantaranya :

  1. Tempatnya strategis, sehingga mudah dalam pemeliharaanya.
  2. Berada  pada tempat yang teduh dan aman dari sengatan matahari langsung.
  3. Terlindung dari air hujan.
  4. Aman dari predator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *