Harga Tanaman Anthurium Terbaru 2019

anthurium  jemaniTidak adanya standar yang pasti membuat harga tanaman anthurium daun pada tahun 2019 semakin fantastis. Pada bulan juni 2018, anthurium jemani 20 daun dijual dengan harga 10 jutaan. Bahkan, jika sudah memiliki tongkol dan biji, harganya bisa berlipat lipat. Lain lagi dengan anthurium black beauty, orang membelinya seharga 4,5 juta kendati tanaman tersebut baru memiliki 16 helai daun. Seorang pemilik nurseri di jogjakarta berani membandrol harga indukan anthurium hookeri variegata dengan harga pas 100 juta rupiah.

Belum lagi anthurium kobra yang terus diburu karena keberadaannya yang masih jarang, sehingga orang berani membeli seseok anthurium kobra dewasa dengan harga 100 jutaan. Bukan hanya anthurium dewasa yang harganya gila gilaan, harga bibit dan bijinya lebih spektakuler lagi. Anthurium jemanii sebesar pohon tauge atau baru memiliki dua helai daun seukuran kuku jari tangan dijual dengan harga 150 ribu per tanaman. Jika tanaman itu dibiarkan tiga bulan lagi, harganya bisa mencapai 500 – 750 ribu rupiah. Sementara itu, harga anthurium wave of love lidah naga dengan panjang daun 40 cm dihargai sekitar 5 jutaan. Anakan wave of love lidah naga setinggi 2 cm dihargai 50 ribuan. Anthurium hookeri setinggi 2 cm berharga sekitar 50 ribuan rupiah.

Yang lebih heboh adalah harga biji anthurium jemani, di pasaran harga sebutir biji anthurium jemani di patok 30-50 ribu rupiah. Padahal dalam satu tongkol setidaknya bisa terdiri atas 1.000 butir. Jadi angka yang fantastik untuk nilai sebuah tongkol tanaman. Tak mengherankan, tongkol jemani diibaratkan harta karun oleh pemiliknya. Namun, itulah kenyataannya. Bisnis anthurium memang cukup menguntungkan.

Bisnis Anthurium

Makin hari, jumlah pedagang tanaman hias yang menjual anthurium daun semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa usaha anthurium daun bisa menghasilkan tambahan income atau justru menjadi income utama. Beberapa usaha anthurium yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut

  1. Pembenihan (Breeder)
    Berhasil atau tidaknya usaha pembenihan sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas benih yang dihasilkan. Selain itu, dituntut juga untuk selalu kreatif dalam menghasilkan benih benih hybrid baru. Agar benih yang dihasilkan berkualitas sebaiknya mulai diperhatikan saat panen benihnya. Benih yang baik kualitasnya adalah benih yang sudah terlepas sendiri dari tongkolnya, sehingga panennya tidak bersamaan. Namun, untuk menjadi seorang breeder diperlukan ilmu dan keahlihan khusus. Selain itu, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk menghasilkan silangan baru yang sempurna dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  2. Pembibitan (Seedler)
    Dalam usaha pembibitan, kemampuan dan ketrampilan dalam pembibitan, termasuk lokasi penjualan dan jaringan pemasaran sangat diperlukan. Untuk menjalani usaha ini sebenarnya tidak memerlukan lahan yang luas, cukup lahan pekarangan rumah pun bisa digunakan untuk menjalani usaha ini. Yang penting, tempat untuk menyemai bibit, memindahkan bibit, hingga pemeliharaannya memadai.
  3. Pembesaran (Grower)
    Tanaman yang berpenampulan prima merupakan kunci utama dalam menjual tanaman. Karena itu, penampilan tanaman harus dijaga semaksimal mungkin, dari kesehatannya, kebersihan, bentuk hingga penampilannya. Grower biasanya mebeli bibit dari breeder atau seedler untuk dipelihara hingga ukuran tertentu lalu menjualnya kepada pengecer. Untuk menjadi seorang grower yang sukses, anda harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai karakteristik tanaman anthurium yang anda bisniskan.
  4. Retail Tanaman (Retailer)
    Pengecer atau retailer adalah pedagang yang mengambil tanaman dari grower dan menjualnya kembali kepada konsumen. Seorang retailer tentu saja harus menyediakan lahan untuk menjual tanamannya, baik berupa nursei, show room, supermarket tanaman, maupun gerai tanaman hias. Lokasi sangat diperhitungkan dalam usaha ini, tentu saja dibarengi dengan modal yang menunjang. Dari segi resiko usaha retailer ini tergolong yang paling aman. Selain memasarkannya secara offline di show room anda, anda bisa memasarkan tanaman anda secara online baik di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia atau di sosial media seperti facebook dan instagram.

Related Posts

Add Comment