Ikan Black Ghost : Ciri, Harga dan Makanan

Ikan Black GhostIkan black ghost mungkin belum banyak dikenal dikalangan pecinta ikan hias pemula. Ikan hias air tawar ini memiliki nama yang menyeramkan, bentuk tubuh ikan ini memang sedikit lain dari ikan kebanyakan dan memiliki kesan seram. Mari kita bahas yuk tentang ikan yang berasal dari sungai amazon ini.

Ciri Ikan Black Ghost

Bentuk tubuh ikan black ghost mudah dikenali karena berbeda dengan bentuk kebanyakan ikan lainnya. Sirip bagian bawahnya memanjang hampir sepanjang tubuhnya, dimulai dari dibawah insang hingga ekor. Saat ikan black ghost bergerak siripnya yang halus akan berkibar kibar seperti bendera yang tertiup angin. Ikan ini tidak memiliki sirip di bagian atas tubuhnya. Terdapat sirip di bagian ekor sirip ekornya ini halus dan lembut seperti ikan sirip bagian bawahnya.

Sesuai namanya “Black” ikan ini hanya memiliki 1 variasi warna yaitu warna hitam dengan ekor berwarna putih. Memang ada ikan ini yang berwarna putih di seluruh tubuhnya tetapi hal itu dikarenakan kecacatan genetis (albino). Walau sebenernya merupakan cacat genetis ikan black ghost albino ini langka dan banyak dicari penggemar ikan hias sehingga harganya menjadi lebih mahal jika dibandingkan ikan black ghost biasa.

Ikan ini di daerah asalnya sungai amazon bisa tumbuh hingga memiliki panjang sekitar 50 cm sedangkan jika di aquarium biasanya ikan black ghost hanya bisa tumbuh maximal sekitar 30 cm saja. Ikan ini merupakan ikan noctunal sehingga jangan heran jika pada siang hari ikan ini bersembunyi disekitar bebatuan atau tempal lain di aquarium. Sedangkan pada malam harinya ikan ini baru aktif bergerak, benar benar mirip hantu ya pagi istirahat malam baru keluar.

Makanan

Makanan kesukaan ikan ini adalah cacing merah (Blood worm), cacing bisa diberikan dalam bentuk beku atau kering. Selain cacing ikan ini juga menyukai jentik nyamuk. Walau begitu sebenarnya ikan ini merupakan omnivora yang bisa memakan berbagai jenis makanan seperti pelet, cacing sutra, alga atau daging yang dipotong ukuran kecil. Pemberian makan ikan ini sebaiknya dilakukan 1 kali sehari yaitu pada malam hari.

Black GhostPerawatan

Dalam perawatan ikan hias ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti kondisi air. Ikan hias air tawar ini termasuk kedalam jenis ikan yang butuh air yang bersih dan butuh diganti setiap maximal seminggu sekali jika anda menempatkannya pada aquarium yang beraerator.

Airnya juga harus diendapkan dulu sebelum dimasukkan di aquarium. Jika anda menggunakan PAM yang bau kaporit dan merupakan air olahan anda harus mengendapkannya dulu selama 1 minggu sebelum digunakan untuk memelihara ikan ini. Sedangkan jika air PAM dari mata air seperti yang ada di daerah solo maka anda bisa langsung menggunakannya setelah diendapkan 1 hari. Begitu pula jika anda menggunakan air ledeng, air perlu diendapkan dulu sebelum bagian atasnya (3/4 air) bisa digunakan untuk memelihara ikan ini.

Selain kualitas air, anda harus memperhatikan suhu dan pH air yang anda gunakan. Ikan ini bisa hidup dengan baik pada suhu 26-27 C dengan pH 6-7. Pemeriksaan kondisi air ini bisa dilakukan dengan sederhana yaitu dengan memasukan ikan black ghost kedalam air pada pagi-siang hari. Jika ikan ini diam di aquarium berarti kualitas air sudah baik, sedangkan jika ikan ini bergerak gerak dan megap megap berarti kualitas air tidak sesuai dengan yang dibutuhkan untuk hidup ikan black ghost.

Harga

Ikan Black ghost bukan termasuk ikan yang berharga mahal, ikan ini harganya tidak sampai 50 ribu rupiah. Untuk ikan berukuran panjang 5 cm biasanya hanya dihargai sekitar 5 – 10 ribu per ekornya sedangkan untuk yang ukuran agak besar, panjang 15 cm biasanya dihargai sekitar 15 – 25 ribu. Sedangkan untuk jenis albino biasanya harganya lebih tinggi yaitu sekitar 50 ribuan per ekor.

Related Posts

Add Comment