Ikan Black Ghost : Makanan, Ciri dan Cara Budidaya

Ikan Black GhostIkan Black Ghost (Apteronotus albifrons) merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari daerah amerika selatan dan bersifat karnivora. Habtat aslinya bersuhu 25 – 28C, pH 6,5 – 7,0 dan kesadahan 6 – 10 dH. Bentuk tubuh ikan ini seperti lembaran daun atau pisau dengan warna hitam polos dan berenang bergetar atau meluncur. Ikan ini senang dengan tempat yang agak gelap atau remang remang dan akan bersembunyi bila ada lubang, terutama pada siang hari. Oleh karena itu dalam wadad pemeliharaanya perlu disediakan tempat persembunyian berupa akar akar pepoonan atau potongan paralon.

Ciri Ikan Black Ghost

Bentuk tubuh ikan black ghost mudah dikenali karena berbeda dengan bentuk kebanyakan ikan lainnya. Sirip bagian bawahnya memanjang hampir sepanjang tubuhnya, dimulai dari dibawah insang hingga ekor. Saat ikan black ghost bergerak siripnya yang halus akan berkibar kibar seperti bendera yang tertiup angin. Ikan ini tidak memiliki sirip di bagian atas tubuhnya. Terdapat sirip di bagian ekor sirip ekornya ini halus dan lembut seperti ikan sirip bagian bawahnya.

Sesuai namanya “Black” ikan ini hanya memiliki 1 variasi warna yaitu warna hitam dengan ekor berwarna putih. Memang ada ikan ini yang berwarna putih di seluruh tubuhnya tetapi hal itu dikarenakan kecacatan genetis (albino). Walau sebenernya merupakan cacat genetis ikan black ghost albino ini langka dan banyak dicari penggemar ikan hias sehingga harganya menjadi lebih mahal jika dibandingkan ikan black ghost biasa.

Ikan ini di daerah asalnya sungai amazon bisa tumbuh hingga memiliki panjang sekitar 50 cm sedangkan jika di aquarium biasanya ikan black ghost hanya bisa tumbuh maximal sekitar 30 cm saja. Ikan ini merupakan ikan noctunal sehingga jangan heran jika pada siang hari ikan ini bersembunyi disekitar bebatuan atau tempal lain di aquarium. Sedangkan pada malam harinya ikan ini baru aktif bergerak, benar benar mirip hantu ya pagi istirahat malam baru keluar.

ikan black ghost terbesarIkan Black Ghost Terbesar

Di alam liarnya ikan black ghost terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang lebih dari 60 cm. Sedangkan jika dipelihara di kolam atau akuarium, ikan black ghost terbesar yang bisa dihasilkan adalah sekitar 40 cm. Untuk mencapai ukuran sebesar itu anda perlu memeliharanya selama lebih dari 5 tahun.

Ikan Black Ghost Albino

Banyak penggemar ikan hias yang mencoba mencari dan membudidayakan ikan black ghost albino. Walau begitu usaha mereka nampaknya sia sia, karena hingga saat ini belum ada spesies Apteronotus albifrons yang berwarna putih ataupun albino. Penelitian untuk menghasilka ikan black ghost albino masih mengalami kegagalan.

Makanan

Makanan ikan black ghost yang paling favorit adalah cacing merah (Blood worm), cacing bisa diberikan dalam bentuk beku atau kering. Selain cacing, jentik nyamuk juga baik digunakan sebagai makanan ikan black ghost. Walau begitu sebenarnya ikan ini merupakan omnivora yang bisa memakan berbagai jenis makanan seperti pelet, cacing sutra, alga atau daging yang dipotong ukuran kecil. Pemberian makan ikan ini sebaiknya dilakukan 1 kali sehari yaitu pada malam hari.

Black GhostPerawatan

Dalam perawatan ikan hias ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti kondisi air. Ikan hias air tawar ini termasuk kedalam jenis ikan yang butuh air yang bersih dan butuh diganti setiap maximal seminggu sekali jika anda menempatkannya pada aquarium yang beraerator.

Airnya juga harus diendapkan dulu sebelum dimasukkan di aquarium. Jika anda menggunakan PAM yang bau kaporit dan merupakan air olahan anda harus mengendapkannya dulu selama 1 minggu sebelum digunakan untuk memelihara ikan ini. Sedangkan jika air PAM dari mata air seperti yang ada di daerah solo maka anda bisa langsung menggunakannya setelah diendapkan 1 hari. Begitu pula jika anda menggunakan air ledeng, air perlu diendapkan dulu sebelum bagian atasnya (3/4 air) bisa digunakan untuk memelihara ikan ini.

Selain kualitas air, anda harus memperhatikan suhu dan pH air yang anda gunakan. Ikan ini bisa hidup dengan baik pada suhu 26-27 C dengan pH 6-7. Pemeriksaan kondisi air ini bisa dilakukan dengan sederhana yaitu dengan memasukan ikan black ghost kedalam air pada pagi-siang hari. Jika ikan ini diam di aquarium berarti kualitas air sudah baik, sedangkan jika ikan ini bergerak gerak dan megap megap berarti kualitas air tidak sesuai dengan yang dibutuhkan untuk hidup ikan black ghost.

Budidaya Ikan Black Ghost

Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di cari untuk pelengkap akuarium. Pemeliharaanya tidak terlalu sulit tetapi harganya cukup murah sehingga budidaya yang menguntungkan adalah budidaya yang dilakukan secara massal sehingga dibutuhkan lahan yang luas. Cara budidaya ikan black ghost akan saya jabarkan sebagai berikut.

a. Pemilihan Induk

Ikan Black Ghost Jantan dan betina sulit dibedakan. Perbedaan ikan black ghost jantan dan betina ada pada bagian garis punggung, dimana pada jantan sedikit lebih pendek dari betina. Selain itu, sirip ekor ada betina lebih sempit dari jantan. Walau begitu jika usia ikan black ghost jantan dan betina yang dibedakan berbeda, perbedaan ini terkadang sulit untuk dilihat.

b. Pemijahan Induk

Pemijahan dapat dilakukan secara berpasangan maupun massal. Pemijahan secara massal dengan perbandingan jantan betina 1 : 1. Namun  karena ukuran induk bisa lebih dari 20 cm maka wadahnya harus cukup luas. Kolam semen sekitar 1,5 m x 2,0 m biasanya dapat dipakai untuk memijahkan 20 ekor. Sementara akuarium ukuran 100 cm x 40 cm x 40 cm cukup baik untuk menampung indukan sekitar 5 – 8 ekor.

Sarang untuk pemijahan biasanya berupa lembaran batang pakis (untuk anggrek) yang ditumpuk atau disusun dua. Batang pakis tersebut ditindih atau diikatkan batu agar tidak bergerak dan tenggelam dalam air. Telur telur ikan ini biasanya akan ditempatkan di lubang lubang lembaran pakis dengan cara disemprotkan.

Pemijahan ikan black ghost biasanya berlangsung pada malam hari. Dengan demikian, pada pagi harinya sarang yang penuh telur dapat diambil untuk ditetaskan. Pengambilan sarang dan teur harus sepagi mungkin, yakni sebelum matahari terbit. Penetasan telur dilakukan dalam akuarium dengan aerasi lembut. Usahakan tempat penetasannya tersebut agak gelap karena larva yang baru menetas tidak tahan cahaya terang. Peletakan sarang harus miring di dinding atau pinggir akuarium agar nanti larvanya dapat leluasa keluar dari sarang.

c. Pemeliharaan Pascapemijahan

Telur akan menetas dalam waktu 2 – 3 hari. Larvanya masih akan menempel di sarang. Sesudah tiga hari, larva akan berenang dan siap diberi pakan berupa kutu air saring. Airnya pun mulai diganti. Walaupun sudah bisa berenang, larva masih senang bersembunyi dalam lubang lubang sarang sehingga sarang sebaiknya dibiarkan hingga larva cukup besar.

Untuk pembesaran, ikan dapat diberi pakan berupa cacing sutera, jentik nyamuk dan cacing darah. Penggantian air pun harus sudah dilakukan setiap hari sebanyak seperempat volume air bila wadahnya berupa akuarium. Bila wadahnya berupa kolam, penggantian air cukup dilakukan setiap 2 – 3 hari sekali. Selain itu, ke dalam wadah pembesaran perlu dilengkapi dengan tempat persembnyian seperti potongan paralon yang ditumpuk agar ikan lebih terasa nyaman. Ukuran jualnya sekitar 5 cm yang di capai pada umur sekitar 3 bulan.

Related Posts

Add Comment