Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Banyak pilihan dalam membeli ikan hias air tawar, bagi penghoby pemula tentunya ikan hias air tawar yang mudah dipelihara bisa menjadi pilihan. Jenis ikan ini dalam pemeliharaanya juga tidak menghabiskan banyak waktu anda sehingga jika anda termasuk pribadi yang sibuk memilih jenis jenis ikan ini bisa menjadi pilihan untuk aquarium anda.

Ada sekitar 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, antara lain:

1. Ikan Cupang

Menurut saya ikan cupang merupakan ikan hias yang paling mudah dipelihara. Hal ini dikarenakan ikan cupang cukup kuat bertahan menghadapi cekaman lingkungan, bahkan ikan ini kuat jika seminggu tidak diganti air dan diberi makan. Ikan cupang juga tidak perlu aquarium besar cukup di botol air mineral atau air mineral gelas saja sudah bisa hidup. Kecantikan ikan cupang juga tidak kalah di bandingkan jenis ikan hias lain. Ikan cupang dengan kombinasi warna yang beragam juga banyak. Jadi jika anda termasuk orang yang malas ribet tetapi pengen memelihara ikan dirumah, peliharalah ikan cupang ini. Sayangnya ikan ini termasuk tipe agresif sehingga tidak bisa dicampur dengan ikan cupang lain di aquarium yang sama.

2. Ikan Ekor Sikat

ikan ekor sikatSama seperti cupang ikan ini juga mudah dipelihara, walau begitu jenis ikan ini sebaiknya ditempatkan di aquarium yang memiliki aerator oksigen. Ikan ekor sikat ini merupakan ikan yang berasal dari sri langka dan cukup agresif, sehingga jika ada jenis ikan lain yang ukurannya lebih kecil darinya ia akan mengejar ngejar dan mengigitnya.

3. Ikan Black Tetra

black tetraIkan ini berukuran kecil dengan panjang maksimal 7,5 cm. Di habitat aslinya ikan ini hidup di perairan yang kotor dan kedalaman rendah. Sehingga anda tidak perlu terlalu memikirkan masalah kualitas air dalam memlihara ikan ini karena black tetra termasuk jenis ikan yang kuat. Jadi wajar jika saya memasukkan ikan ini kedalam kelompok ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Minus dari ikan hias ini mungkin warnanya yang hitam sehingga kurang menarik.

4. Ikan Etopres Kuning

etopres kuningIkan ini warnanya kuning terang, ikan etopres kuning mudah akrab dengan jenis ikan lain sehingga anda bisa menempatkannya secara bersama sama sehingga akuarium anda terlihat semakin indah. Ikan etopres kuning ini panjang tubuh maksimalnya adalah 8 cm.

5. Ikan Discus

discusIkan discus ini mempunyai tubuh yang sangat indah dan mungkin termasuk ke dalam jenis ikan hias yang memiliki warna paling beraneka ragam. Ikan ini saya masukkan ke dalam jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara karena ikan ini tidak memerlukan aquarium yang terlalu besar, cukup ukuran 70 x 35 x 35 cm untuk sepasang ikan. Ikan discus bukan termasuk ikan yang agresif, ikan ini dikenal sebagai ikan yang suka mengalah dan penyabar.

6. Ikan Akara

Ikan AkaraIkan akara tidak memerlukan kondisi khusus atau aquarium yang besar. Cukup di aquarium mini ukuran 30 x 20 x 20 cm juga sudah bisa hidup dengan baik. Tanpa aerator oksigen pun ikan akara ini tetap bisa hidup. Sayangnya seperti ikan cupang ikan akara sangat agresif sehingga tidak cocok ditempatkan dengan ikan hias lain.

7. Ikan Botia

ikan botiaIkan ini termasuk ikan yang hidup berkelompok. Ikan ini mudah dipelihara dan hanya membutuhkan makan pelet saja. Selain itu tidak agresif dan bisa ditempatkan bersama jenis ikan lain. Ikan yang memiliki tubuh indah ini bisa hidup pada suhu normal 26 – 30 C. Sayangnya ikan ini agak sensitif dengan kaporit sehingga tidak dianjurkan memeliharanya menggunakan air pam.

8. Ikan Serpe

Ikan Serpe

Secara sekilas mungkin ikan ini memiliki kemiripan dengan ikan cupang ya, jenis ikan ini tidak membutuhkan perawatan khusus dalam memeliharanya sehingga bisa dijadikan pilihan anda. Sayangnya ikan ini terkadang agresif kepada spesies lain sehingga biasanya ikan serpe ini dipelihara di aquarium yang isinya ikan sejenis saja.

Itulah 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, mungkin banyak jenis ikan yang tidak anda tahu ya? anggap saja menambah ilmu anda juga. Dari kesemua ikan hias termasuk spesies mana yang paling anda suka? Kalau saya sih paling suka ikan cupang.

Related Posts

Add Comment